Minggu, 04 Januari 2015

S1-SEKMED-2014-SeptiyanDharmawansyah: Tugas 4 Kesehatan Lingkungan di Klinik Amira BSD



Hasil Observasi Kesehatan Lingkungan di Klinik Amira BSD Tangerang Selatan

Tugas 4 (Observasi Kesehatan Lingkungan)
Nama Kelompok:
-Iin Marlina
-Lina Puspita Sari
-Safitri
-Septiyan Dharmawansyah

Assalamualaikum.wr.wb
Salam Sejahtera untuk kita semua,
 
Tujuan kami mengadakan observasi kesehatan lingkungan di Klinik Amira untuk mengetahui kegiatan kesehatan lingkungan di sekitar klinik maupun lingkungan sekitar masyarakat.

Sebelum kita membahasa hasil observasi di Klinik Amira kita perlu mengetahui beberapa poin penting yaitu:
A.Pengertian kesehatan
1.       Menurut WHO
“Keadaan yg meliputi kesehatan fisik, mental, dan sosial yg tidak hanya berarti suatu keadaan yg bebas dari penyakit dan kecacatan.”
b.      Menurut UU No 23 / 1992 tentang kesehatan
“Keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.”
2.      Pengertian lingkungan
Menurut A.L. Slamet Riyadi (1976)
“ Tempat pemukiman dengan segala sesuatunya dimana organismenya hidup beserta segala keadaan dan kondisi yang secara langsung maupun tidak dpt diduga ikut mempengaruhi tingkat kehidupan maupun kesehatan dari organisme itu.”
3.      Pengertian kesehatan lingkungan
Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)
“ Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.”

Menurut WHO (World Health Organization)
“Suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia.
Menurut kalimat yang merupakan gabungan (sintesa dari Azrul Azwar, Slamet Riyadi, WHO dan Sumengen)
“ Upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pd tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat.”
4. Pengertian Klinik
Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis).

B.       Ruang lingkup kesehatan lingkungan
Menurut WHO ada 17 ruang lingkup kesehatan lingkungan :
1.         Penyediaan Air Minum
2.         Pengelolaan air Buangan dan pengendalian pencemaran
3.         Pembuangan Sampah Padat
4.         Pengendalian Vektor
5.         Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia
6.         Higiene makanan, termasuk higiene susu
7.         Pengendalian pencemaran udara
8.         Pengendalian radiasi
9.         Kesehatan kerja
10.     Pengendalian kebisingan
11.     Perumahan dan pemukiman
12.     Aspek kesling dan transportasi udara
13.     Perencanaan daerah dan perkotaan
14.     Pencegahan kecelakaan
15.     Rekreasi umum dan pariwisata
16.     Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah, bencana alam dan perpindahan penduduk.
17.     Tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjamin lingkungan.
C.Masalah Kesehatan Lingkungan Di Indonesia
Menurut kelompok kami yang telah di kutip dari blog septiyandharmawansyah15.blogspot.com yaitu:
1.Air Bersih
2.Pembuangan kotoran
3.Kesehatan Pemukiman
4.Pembuangan Sampah
5.Serangga atau Binatang Pengganggu
6.Makanan dan Minuman
7.Pencemaran Lingkungan
HASIL OBSERVASI
Dari hasil Observasi Kesahatan Lingkungan yang telah kami lakukan di Klinik Amira BSD pada tanggal 7 November 2014 terdapat beberapa informasi dari narasumber Bapak Indra Novianto SE:
Klinik Amira Merupakan Klinik kesehatan berdiri pada awal 2006 yang beralamatkan Jl.Letjend Soetopo,Ruko Golden Madrid II Blog G-06 BSD-Tangerang Selatan.
Kini telah pindah ke Griya loka sek 1.6,Blog A1 No.3 BSD.telp 021-5384219.
Lokasi klinik kami sangat strategis berada di tepi jalan raya,dekat pintu tol BSD-Bintaro bersebrangan dengan Ps.Modern BSD di lingkungan pemukiman padat penduduk di BSD sehingga memudahkan untuk di jangkau baik dengan motor,kendaraan umum maupun mobil pribadi, Selain itu juga dekat dengan kawasan industry dan pergudangan BSD.

Visi
“Menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang terbaik dengan mengutamakan keselamatan,kualitas dan professional dalam melayani pasien”

Misi
“Klinik Amira berupaya memberikan pelayanan kesehatan bermutu dan kepuasan pasien”
Tujuan
-Memberikan pelayanan medis yang professional dan berkualitas sesuai standar dan perkembangan ilmu pengetahuan
-Menyediakan SDM yang terlatih dan handal membentuk kepercyaan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan medis
-Senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan
1.1              Struktur Organisasi

1.2              Jadwal Praktek
Buka Senin-Minggu
Pembagian shift kerja di bagi menjadi 2 shift,yaitu:
Shift 1: 07.00-14.30
Shift 2: 14.00-21.30



1.3              Fasilitas
-Poli Gigi
-Poli Umum
-Poli Kecantikan
-Poli Hypnoterapi
-Poli Akupuntur


Dalam fasilitas tersebut Klinik Amira menbagi menjadi dua yaitu Poli Gigi dan Umum yang masing-masing berbeda secara tenaga medis dan pelayanan yang di berikan kepada pasien.

1.4              Tenaga Medis
-Dokter tetap(8 Orang)
-Dokter Gigi(2 Orang)
-Dokter Umum(6 Orang)
-Perawat(2 Orang)
-Bidan(4 Orang)
-Apoteker(1 Orang)
-Asisten Apoteker(3 Orang)

1.5              Sistem Pengelolaan Limbah di Klinik Amira
Pengeloaan limbah di Klinik Amira di tanggung sepenuhnya oleh PT.Arah yang sudah di tunjuk menjadi partner dalam mengadakan kerjasama di pengelolaan limbah.Jadwal pengangkutan limbah klinik di lakukan 4 kali/Tahun dan bisa fleksibel dalam penjadwalannya apabila terjadi situasi kondisi yangbtidak memungkinkan misal: limbah telah menumpuk pada saat itu.
Limbah di klinik juga pengolahan internalnya di lakukan oleh perawat dan juga petugas cleaning service teknisnya pada saat sebelum,saat dan sesudah jam operasional klinik.Apabila terdapat masalah di bagian pengelolaan limbah penanganan utamanya oleh PT.Arah yang bertanggung jawab dalam meberikan keterangan kepada Dinas Kesehatan yang dapat berupa bukti kimia dan B3.

1.6              Masalah-masalah pengelolaan limbah di Klinik Amira
-Keterlambatan pihak ketiga dalam pengambilan limbah sehingga melebihi ambang batas klinik dari segi kuantitas
-Kekurangan tempat untuk menampung limbah yang sudah melebihi ambang batas
-Terjadi kesalahpahaman antara jadwal yang telah di buat antara pihak Klinik dan PT.Arah dalam pengambilan limbah
Kesimpulan
Pada proses pengolahan limbah di Klinim Amira BSD itu secara keseluruhan di kelola oleh PT.Arah selaku pihak ketiga yang memberikan pelayanan jasa pengolahan limbah secatra berkala dan dapat di pertanggungjawabkan apabila terdapat masalah di dalam pengelolaannya dan Jadwal pengangkutan limbah klinik di lakukan 4 kali/Tahun dan bisa fleksibel dalam penjadwalannya
Demikianlah hasil observasi kelompok kami di Kinik Amira BSD tentang Kesehatan Lingkungan baik di klinik dan masyarkatat sekitar.
Terima Kasih
Wassala,ualaikum.wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar