Hasil Observasi Kesehatan Lingkungan di Klinik Amira
BSD Tangerang Selatan
Tugas 4
(Observasi Kesehatan Lingkungan)
Nama
Kelompok:
-Iin Marlina
-Lina
Puspita Sari
-Safitri
-Septiyan
Dharmawansyah
Assalamualaikum.wr.wb
Salam Sejahtera untuk kita semua,
Tujuan
kami mengadakan observasi kesehatan lingkungan di Klinik Amira untuk mengetahui
kegiatan kesehatan lingkungan di sekitar klinik maupun lingkungan sekitar
masyarakat.
Sebelum
kita membahasa hasil observasi di Klinik Amira kita perlu mengetahui beberapa
poin penting yaitu:
A.Pengertian kesehatan
1.
Menurut WHO
“Keadaan yg meliputi kesehatan fisik, mental, dan sosial yg tidak hanya
berarti suatu keadaan yg bebas dari penyakit dan kecacatan.”
b.
Menurut UU
No 23 / 1992 tentang kesehatan
“Keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap
orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.”
2.
Pengertian
lingkungan
Menurut A.L. Slamet Riyadi (1976)
“ Tempat pemukiman dengan segala sesuatunya dimana organismenya hidup
beserta segala keadaan dan kondisi yang secara langsung maupun tidak dpt diduga
ikut mempengaruhi tingkat kehidupan maupun kesehatan dari organisme itu.”
3.
Pengertian
kesehatan lingkungan
Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)
“ Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang
dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas
hidup manusia yang sehat dan bahagia.”
Menurut WHO (World Health
Organization)
“Suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan
agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia.
Menurut kalimat yang merupakan gabungan (sintesa dari Azrul Azwar, Slamet
Riyadi, WHO dan Sumengen)
“ Upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan
menuju keseimbangan ekologi pd tingkat kesejahteraan manusia yang semakin
meningkat.”
4. Pengertian Klinik
Klinik adalah
fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan
perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik,
diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau
bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter
gigi atau dokter gigi spesialis).
B. Ruang lingkup kesehatan lingkungan
Menurut WHO ada 17 ruang lingkup kesehatan
lingkungan :
1. Penyediaan
Air Minum
2. Pengelolaan air Buangan dan pengendalian pencemaran
3. Pembuangan
Sampah Padat
4. Pengendalian
Vektor
5. Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia
6. Higiene
makanan, termasuk higiene susu
7. Pengendalian
pencemaran udara
8. Pengendalian
radiasi
9. Kesehatan
kerja
10. Pengendalian kebisingan
11. Perumahan dan pemukiman
12. Aspek kesling dan transportasi udara
13. Perencanaan daerah dan perkotaan
14. Pencegahan kecelakaan
15. Rekreasi umum dan pariwisata
16. Tindakan-tindakan
sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah, bencana alam dan
perpindahan penduduk.
17. Tindakan pencegahan
yang diperlukan untuk menjamin lingkungan.
C.Masalah
Kesehatan Lingkungan Di Indonesia
Menurut
kelompok kami yang telah di kutip dari blog
septiyandharmawansyah15.blogspot.com yaitu:
1.Air
Bersih
2.Pembuangan
kotoran
3.Kesehatan
Pemukiman
4.Pembuangan
Sampah
5.Serangga
atau Binatang Pengganggu
6.Makanan
dan Minuman
7.Pencemaran
Lingkungan
HASIL
OBSERVASI
Dari
hasil Observasi Kesahatan Lingkungan yang telah kami lakukan di Klinik Amira
BSD pada tanggal 7 November 2014 terdapat beberapa informasi dari narasumber
Bapak Indra Novianto SE:
Klinik
Amira Merupakan Klinik kesehatan berdiri pada awal 2006 yang beralamatkan
Jl.Letjend Soetopo,Ruko Golden Madrid II Blog G-06 BSD-Tangerang Selatan.
Kini
telah pindah ke Griya loka sek 1.6,Blog A1 No.3 BSD.telp 021-5384219.
Lokasi
klinik kami sangat strategis berada di tepi jalan raya,dekat pintu tol
BSD-Bintaro bersebrangan dengan Ps.Modern BSD di lingkungan pemukiman padat
penduduk di BSD sehingga memudahkan untuk di jangkau baik dengan motor,kendaraan
umum maupun mobil pribadi, Selain itu juga dekat dengan kawasan industry dan
pergudangan BSD.
Visi
“Menjadi
penyelenggara pelayanan kesehatan yang terbaik dengan mengutamakan
keselamatan,kualitas dan professional dalam melayani pasien”
Misi
“Klinik
Amira berupaya memberikan pelayanan kesehatan bermutu dan kepuasan pasien”
Tujuan
-Memberikan
pelayanan medis yang professional dan berkualitas sesuai standar dan
perkembangan ilmu pengetahuan
-Menyediakan
SDM yang terlatih dan handal membentuk kepercyaan dan kepuasan pasien terhadap
pelayanan medis
-Senantiasa
melakukan perbaikan yang berkesinambungan
1.1
Struktur Organisasi
1.2
Jadwal Praktek
Buka Senin-Minggu
Pembagian shift kerja di bagi menjadi 2 shift,yaitu:
Shift 1: 07.00-14.30
Shift 2: 14.00-21.30
1.3
Fasilitas
-Poli Gigi
-Poli Umum
-Poli Kecantikan
-Poli Hypnoterapi
-Poli Akupuntur
Dalam fasilitas tersebut Klinik Amira menbagi menjadi dua
yaitu Poli Gigi dan Umum yang masing-masing berbeda secara tenaga medis dan
pelayanan yang di berikan kepada pasien.
1.4
Tenaga Medis
-Dokter tetap(8 Orang)
-Dokter Gigi(2 Orang)
-Dokter Umum(6 Orang)
-Perawat(2 Orang)
-Bidan(4 Orang)
-Apoteker(1 Orang)
-Asisten Apoteker(3 Orang)
1.5
Sistem Pengelolaan Limbah di Klinik
Amira
Pengeloaan limbah di Klinik Amira di tanggung sepenuhnya
oleh PT.Arah yang sudah di tunjuk menjadi partner dalam mengadakan kerjasama di
pengelolaan limbah.Jadwal pengangkutan limbah klinik di lakukan 4 kali/Tahun
dan bisa fleksibel dalam penjadwalannya apabila terjadi situasi kondisi
yangbtidak memungkinkan misal: limbah telah menumpuk pada saat itu.
Limbah di klinik juga pengolahan internalnya di lakukan oleh
perawat dan juga petugas cleaning service teknisnya pada saat sebelum,saat dan
sesudah jam operasional klinik.Apabila terdapat masalah di bagian pengelolaan
limbah penanganan utamanya oleh PT.Arah yang bertanggung jawab dalam meberikan
keterangan kepada Dinas Kesehatan yang dapat berupa bukti kimia dan B3.
1.6
Masalah-masalah pengelolaan limbah
di Klinik Amira
-Keterlambatan pihak ketiga dalam pengambilan limbah
sehingga melebihi ambang batas klinik dari segi kuantitas
-Kekurangan tempat untuk menampung limbah yang sudah
melebihi ambang batas
-Terjadi kesalahpahaman antara jadwal yang telah di buat
antara pihak Klinik dan PT.Arah dalam pengambilan limbah
Kesimpulan
Pada
proses pengolahan limbah di Klinim Amira BSD itu secara keseluruhan di kelola
oleh PT.Arah selaku pihak ketiga yang memberikan pelayanan jasa pengolahan
limbah secatra berkala dan dapat di pertanggungjawabkan apabila terdapat
masalah di dalam pengelolaannya dan Jadwal pengangkutan limbah klinik di
lakukan 4 kali/Tahun dan bisa fleksibel dalam penjadwalannya
Demikianlah hasil observasi kelompok kami di Kinik Amira BSD tentang Kesehatan Lingkungan baik di klinik dan masyarkatat sekitar.
Terima Kasih
Wassala,ualaikum.wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar