Kamis, 08 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-Dellazulkarnaen:tugas1 saya dan lingkungan sekitar selama 19 tahun



     Nama: Della zulkarnaen
      Nim: 013110004
      Prodi:  skm semester 3
      Tugas 1

SAYA DAN LINGKUNGAN SEKITAR SELAMA 19 TAHUN
Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera untuk kita semua, saya della zulkarnaen mahasiswi stikes banten semester 3 akan menceritakan tentang kehidupan saya dan lingkungan dikehidupan saya.

Manusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang sangat erat. Keduanya saling memberi dan menerima pengaruh besar satu sama lain. Lingkungan yang indah dan lestari akan membawa pengaruh positif bagi kesehatan dan bahkan keselamatan manusia, sebaliknya, lingkungan yang buruk bagi kehidupan manusia. Tindakan eksploitatif manipulatif terhadap alam akan mengakibatkan kerusakan langsung terhadap alam, dan secara tidak langsung hal itu akan berdampak negatif bagi kehidupan manusia khususnya, dan kehidupan berbagai mahluk lain pada umumnya. Sebaliknya, apabila manusia menunjukkan kasih sayang yang besar terhadap alam, dengan memelihara dan melestarikannya, maka alam akan menjamin kelangsungan hidup manusia dalam suasana nyaman dan menyenangkan.

saya Della Zulkarnaen  akan sedikit menceritakan tentang lingkungan yang ada di rumah maupun yang ada di sekitar rumah saya yang berada di daerah Cileduk – Tangerang perumahan pinang gria permai jl. Cendrawasih raya. Rumah saya terasa nyaman dan sejuk memiliki ventilasi udara yang cukup banyak sehingga udara cepat berganti dan ada juga bunga bunga yang di tanam oleh mamah saya, Di rumah orang tua saya juga membuka usaha konveksi yang memproduksi seragam haji seindonesia, karna banyak sisa bahan dari olahan baju baju tersebut  menjadi terlihat berantakan walaupun rumah dan konveksi berbeda tetapi orang tua saya peduli akan kebersihan lingkungan, akhirnya sisa bahan itupun diberi kepada tetangga saya yang memproduksi masker bahan untuk berkendara, dan dilingkungan rumah saya bisa dikatakan cukup bersih karena adanya gotong- royong dan  partisipasi antar tetangga membuat lingkungan menjadi nyaman dan tentram, apalagi adanya pengagkutan sampah diperumahan saya semakin terlihat rapi dan bersih.

Selanjutnya saya akan sedikit menceritakan tentang masa balita sampai sekarang ini.
PERIODE BALITA
Balita, dimana anak yang masih baru dilahirkan dan belum mengenal apa-apa yang ada di lingkungan. Dimasa balita ini hanya bisa menangis, minum, tertawa dan ngompol.
Pada suatu hari tepat pada tanggal 10 juli 1995 saya di lahirkan di rumah sakit bhakti asih tangerang dengan berat badan 2,9 kg. Dan dikasih nama Della Zulkarnaen.  Saya dilahirkan dari ibu yang bernama Iis srihesti dan ayah saya yang bernama Zulkarnaen, yah, itu nama belakang dari nama saya, saya mempunyai kaka laki laki diatas 5 tahun dari saya yang bernama Evan bellamy, dan lucunya aku mempunyai kembaran yang bernama Dilla Zulkarnaen.  Cerita menabjubkan dari aku dan kembaranku adalah rumah sakit kita berbeda aku terlahir ditangerang dan kebaranku terlahir di jakarta, kata mamah dilla ini susah untuk terlahir karna terlalu lincah alhasil  langsung dibawa ke jakarta karna dirumah sakit tangerang alatnya belum terlalu lengkap, tetapi alhamdulillah semua selamat dan sehat wal afiat J

PERIODE TK

Ketika saya sudah menginjak umur 5 tahun saya masuk TK di TK As-salam yang berada dekat rumah di sana saya bercanda tawa dengan temen semua, waktu tk aku tidak perlu ditemenin mamah karna kata mamah aku gampang bergaul dan berinteraksi kepada anak anakn lain, walaupun ga bisa diem dikelas yang bikin ibu gurunya repot ngurusin aku, ditk aku ini diajarin cara kebersihan hidup mulai hal yang kecil dari cuci tangan yang benar, dan menjaga lingkungan sekitar selalu terlihat bersih mulai dari buang sampah pada tempatny tetapi  lingkungan di tk ini kurang luas mungkin karena didalam perumahan

PERIODE SD

Setelah menginjak umur 7 tahun saya masuk SD (sekolah dasar) di SD AL-HASANAH. Lingkungan SD ini membuat saya lebih nyaman dibanding pada waKtu di lingkungan TK. Ruang kelas yang cukup luas, udara atau ventilasi udara yang cukup juga membuat kenyamanan saat pelajaran. Walaupun tidak ada AC ataupun kipas angin tetapi hanya menggunakan jendela-jendela yang besar saja sudah cukup untu kenyamanan belajar. Fasilitas yang diberikan juga sudah lumayan baik namun masih ada fasilitas yang kurang ketika pelajaran praktek misalnya saat praktek komputer. Terbatasnya peralatan untuk siswa sehingga murid bergiliran bergantian untuk memakainya.

Di sana saya berlajar berhitung dan membaca dengan baik. Disini saya mulai mengenal lingkungan yang ada di sekitar saya. Setelah  kelas 1 saya naik kelas 2 di kelas 2 saya diajari lebih mendalami tentang cara membaca dan berhitung dengan baik.  beberapa tahun selanjutnya naik kelas 3,4,5, di kelas 5 saya mengikuti les sempoa setiap pulang sekolah selalu mengikuti les, dan terus berjalanya waktu saya naik kelas 6. Di kelas 6 Sd belajarnya lebih ada tantangannya dan mengetahui hitung-hitungan yang sulit. Saya lulus dari SD tahun 2006. Selama dimasa SD ini saya mendapatkan kenyamanan tentang fasilitas kesehatan dan keamanan yang ada di lingkungan sekolah ini. Dan kebersihan dilingkungan tersebut juga tetap terjaga karena banyak penjaga sekolah yang bersih bersih sekolah dan kelas kelas karena di sdku tidak memakai jadwal piket, tetapi setiap seminggu sekali diadakan kerja bakti pada setiap kelas






PERIODE SMP
Tahun 2006, umur saya menginjak 13 tahun, di umur 13 ini saya mulai bertambah lagi pengetahuan saya tentang kondisi lingkungan yang ada di sekitar saya. Di umur ini saya mendaftarkan diri pertama di SMP ASSHIDIQIAH  jakarta
Awal masuk di sana saya mengikuti MOS (masa orientasi siswa) disitu saya masih begitu takut dengan kakak-kakak tingakat. Disana saya di kerjain sama kaka-kaka kelas. Sebegitu takutnya saya, saya mengikuti perintah-perintah  walaupun sering di sakiti dan di kerjain pada saat MOS. Tapi itu semua mendidik kita supaya lebih mandiri mengetahui tentang lingkungan ataupun saat pembelajaran nanti di SMP. Awal masuk SMP disana pembelajarnya masih bingung setelah saya mengerti dan mengikuti dengan baik akhirnya saya juga dapat menyesuaikan. Pada saat kelas satu saya mendapat bagian kelas H. Setelah itu saya naik kelas 2 dan saya dapet kelas I. Di sana saya mengikuti pembelajaran makin susah dan di sana saya memilh Extrakulikuler Drum Band yang di beri nama Drum Band Bahana Andika Praja. Saya mendapatkan tugas sebagai mayoret yang mengatur jalanya Drum Band itu. Di extakulikuler ini saya kurang memuaskan dengan kondisi alat-alat yang dipakai karena alat sebagaian alat yang kurang layak dipakai masih begitu saja dipakai. Ada juga yang emang benar ingin ikut dia membeli alat sendiri yang masih bagus supaya saat penggunaan enak dipakai. Kostum setiap personil maupun mayoret menggunakan biaya sendiri tidak ada dana dari sekolah itu. Sekolah hanya memberikan makanan jajan pada saat tampil. Kondisi tampil pada saat jalan beberapa kilo kaki dapat lecet, badan terkena sinar matahari dll. Dikelas 3 saya masih mengikuti Drum Band dan masih di tunjuk .sebagai mayoret. Saya lulus pada tahun 2004.

Periode SMA
Setelah lulus smp saya yang memilih sendiri sma yang saya mau karena waktu sekolah kemarin orang tua saya yang memilih sekolahnya, saya memli di SMA YUPPENTEK 1 Tangerang, saya memilih sekolah ini karena lingkungannya yang bersih dan sejuk, sekolahnya besar membuat saya betah, apalagi banyak teman teman saya yang mendaftarkan sekolah disini.
Ke esokan hari saya mengikuti MOS dan mencatat apa saja yang harus di bawa untuk MOS setelah perlengkapan sudah siap ke Esokan harinya saya siap untuk MOS disana saya MOS di perkenalkan dengan lingkungan sekolah.pada tahun angkatan saya MOS tidak begitu rumit dan tidak aneh-aneh. Beberapa minggu kemudian ada acara lagi yang harus di tempuh yaitu kemah ambalan. Setiap siswa siswi kelas satu wajib mengikutinya selama tiga hari. Pada waktu kemah ini dibagian kesehatan sudah cukup baik. Kegiatan selama tiga hari itu sangat seru dan menyenangkan. Mulai dari di bentak-bentak, di kerjain, permainan, dan acara pentas-pentas pada malam terakhir. Kegiatan ini memang capek tapi dibalik semua itu ada manfaatnya. Beberapa hari kemudian awal masuk sekolah telah dimulai saya berada di kelas 1D. Kondisi ruangan yang cukup dan fentilasi yang cukup. SMA ini juga mengadakan gotong royong ataupun kerjabakti yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali yang dilaksanakan pada hari jum’at. Pada saat kerjabakti para siswa siswi tidak menggunakan alat pelindung diri misalnya memakai masker ataupun kaos tangan. Menjelang kenaikan kelas 2  di sekolah saya menawarkan jurusan IPA / IPS untuk menentukan jurusan di kelas 2. Setelah saya berpikir dan merenungkan saya daftar atau memilih Jurusan IPSkarena . Pilihan pada awalnya saya ingin di jurusan IPS. Saya mendapatkan kelas IPS1. Kondisi ruangan ips yang cukup namun masih ada beberapa ruangan yang belum dipasang AC ataupun kipas angin. Di IPS saya belajar tentang: Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah dan lain-lain.setelah saya kelas 2 naik kelas 3 kelas mulai di acak lagi, semua murid protes dan akhirnya kelas tidak jadi di acak. Kelas tiga sudah selesai saya lulus tahun 2010. Setelah saya lulus SMA ada pendaftaran  di Universitas  SYARIF HIDAYATULLAH atau UIN. Saya memasukan data-data persyaratan yang ada di universitas negeri  tersebut,  Semua data telah masuk tinggal menunggu pengumuman. Sambil menunggu pengumuman ada pendaftaran lagi yang namanya SNMPTN Tulis, saya mencoba mengikutinya dengan melalui tes tulis. Disitu saya memilih jurusan psikolog,hukum, dan agama pada dasarnya saya ingin diterima dijurusan psikolog. Setelah tes saat penantian hasil dimulai lagi dan akhirnta pengumuman. Alhamdulillah saya ketrima tetapi yang membuat sedikit mengecewakan saya keterima bukan dijurusanyang saya inginkan karena saya keterima di jurusas perbandingan agama, akhirnya tanpa berfikir panjang saya berniat mencari universitas lagi karena waktunya yang sangat mepet, dan papah saya menyuruh distikes  BANTEN yang terletak di bsd.  Saya berminat kuliah disana karena saya tertarik tentang pelajaran kesehatan dan berguna bagi kehidupan saya. Di stikes ini lingkungannya cukup bersih karena dimana mana terdapat office boy dan girls, disini saya juga diajarkan tentang kesehatan lingkungannya dan diizinnkan untuk berobservasi ke lingkungkan rumah sakit. Dan banyak yang saya pelajari tentang kesehatan dilingkungan saya.

Sekian cerita dari kehidupan saya, terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar