Nama
: Habibatul Awwaliyah
NIM : 130110012
Prodi : S1 Kesehatan Masyarakat
Tugas
4 Penerapan KESLING RS Mulya Ciledug
Assalamu’alaikum
para pembaca dimanapun kalian berada…
Salam
hangat untuk kita semua, dan salam semangat mahasiswa dimanapun universitas nya
dan apapun itu jurusannya …
Langsung
saja yaa kawan..
Disini
saya akan menceritakan tentang pengalaman saya, setelah melakukan observasi
“Kesehatan Lingkungan di Rumah Sakit Mulya Ciledug” dengan tujuan untuk
memenuhi tugas mata kuliah KESLING dan selain itu juga berkat ibu Dwi selaku
dosen mata kuliah kesling yang telah memberikan tugas observasi tentang kesehatan
lingkungan di rumah sakit mulya kepada saya dan teman teman, kami mendapatkan
banyak sekali pengetahuan apa yang kami tidak tahu akhirnya kami menjadi
tahu,dan kami bisa bertanya bebas tentang apa saja yang berhubungan dengan
kesling.
Pertama
– tama sebelum saya membahas dan menceritakan kesling di rumah sakit mulya
ciledug saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari KESLING dan menuliskan
sejarah rumah sakit mulya ciledug dulu yaa kawannn….
Apa
itu KESLING (Kesehatan Lingkungan)…..???
Kesling
adalah suatu keadaan yang meliputi kesehatan fisik, mental dan social yang
tidak berarti suatu keadaan yang bebas dari penyakit. (sumber: word health
organization)
Kesling
adalah upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang
diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang
semakin meningkat.
Yukk
lanjut sejarah Rumah Sakit Mulya ya kawan…..
Rumah
Sakit Mulya Ciledug beralamat di Jl. KH. Hasyim Ashari No.18 Sudimara Pinang,
Ciledug dan dibangun pada tahun 1996 dan mulai beroperasi sejak tanggal 2 juli
1997 dengan ijin Rumah Bersalin. Dengan status awal sebagai Rumah Bersalin,
dirasa kurang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tangerang dan
sekitarnya, sehingga pada awal tahun 2005 Rumah Sakit mengajukan peningkatan status
menjadi Rumah Sakit Umum. Dan Alhamdulillah pada Tanggal 30 Mei 2005 dengan SK
WALIKOTA TANGERANG No.445.1483. DINKES.07. RSU.03.VII, Resmi beroperasi sebagai
Rumah Sakit Umum. Seiring dengan kebutuhan masyarakat sekitar, Rumah Sakit
Mulya melakukan penambahan bangunan sehingga yang sbelumnya terdiri dari 1 unit
bangunan utama dengan tinggi bangunan 3 lantai menjadi 2 unit bangunan utama
dengan tinggi bangunan menjadi 6 lantai.
Rumah
Sakit Mulya pun terus berbenah diri selain menyediakan ruang tunggu poli yang
sangat nyaman kami juga terus meningkatkan kelengkapan alat, tenaga medis dan
non medis yang professional, serta sistem pelayanan yang terus-menerus
ditingkatkan.
Rumah
Sakit Mulya telah terakreditasi 5 (lima) Pelayanan Dasar sejak bulan Mei 2012.
Meski demikian, sampai saat ini Rumah Sakit Mulya masih terus berusaha untuk
meningkatkan pelayanan bagi pasien dan keluarganya, sesuai dengan motto rumah
sakit “We-Care”, yang berarti : Kami (Cepat Andal Ramah dan Empati)”.
Adapun
Visi dan Misi Rumah Sakit Mulya Ciledug:
-VISI
: “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Keluarga yang dikenal selalu mengutamakan
prinsip dasar
CARE NYA
(Cepat-Andal-Ramah-Empati)
-MISI
:
1. Memberikan pelayanan kesehatan yang
berkualitas prima dan aman, dengan berlandaskan
prinsip dasar CARE (Cepat-Andal-Ramah-Empati) untuk mencapai kepuasan
pasien dan keluarganya.
2.
Senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya mannusia melalui pendidikan
dan pelatihan.
3. Meningkatkan pengelolaan RS Mulya
dengan manajemen professional yang terpadu,efisien, efektif dan kreatif.
4. Menjadikan RS Mulya sebagai tempat
kerja pilihan bagi karyawan dan tenaga medis.
5. Menciptakan budaya kerja dan
lingkungan kerja yang sehat dan harmonis.
6. membangun hubungan jangka panjang
yang baik dan saling menguntungkan dengan seluruh stakeholder, meliputi seluruh
pasien, tenaga medis, karyawan, masyarakat sekitar, pemerintah, organisasi atau
unit kesehatan terkait maupun pihak ketiga lainnya.
Dilingkungan
kerja Rumah Sakit Mulya, menerapkan kepada seluruh komponen SDM untuk
melaksanakan budaya kerja dengan nama 5C, yaitu:
BUDAYA KERJA 5C
1. CARE
: Mengutamakan CARE dalam memberikan pelayanan serta dalam kehidupan
berorganisasi.
2. COMPETENCE
: Memiliki kopetensi dibidangnya masing-masing dan akan selalu berusaha
mempertahankan dan meningkatkan kualitas kerja dan kemampuannya dengan
senantiasa belajar, berbagi ilmu, mengadopsi inovasi dan perubahan.
3. COMITMENT
: Memahami dan memiliki Visi dan Misi yang sama dan berkomitment memberikan
yang terbaik bagi RS Mulya, Pasien, masyarakat sekitar, mitra usaha, pemerintah
dan pihak-pihak berkepentingan lainnya.
4. COMUNICATION
: Membangun pola komunikasi dan information sharing yang efektif dan jelas di
semua tingkat jabatan dan selalu terbuka untuk ide, saran dan feedback untuk
perbaikan dan inovasi.
5. COLLABORATION
: Menunjang semangat kebersamaan dan kerja sama berdasarkan rasa saling percaya
dan saling menghargai untuk mencapai tujuan bersama.
Adapun
fasilitas dan pelayanan di Rumah Sakit Mulya Ciledug yang terdiri dari :
è UGD 24 JAM ,
UGD RS Mulya merupakan Unit Gawat Darurat yang beroperasional selama 24 jam penuh. Dan pelayanan yang dapat diberikan yaitu: 1. Tata laksana kondisi Gawat
Darurat. 2.Tindakan bedah minor. 3. Transportasi Ambulan 24 jam (syarat dan
ketentuan berlaku). 4. Rawat observasi maksimal 6 jam. 5. Konsultasi dr. Umum
24 jam.
è RAWAT JALAN
è RAWAT IN
Adapun Sarana Penunjang Medis di
Rumah Sakit Mulya antara lain :
è Farmasi
24 jam
è Laboratorium
24 jam
è Radiologi
24 jam
è Fisioterapi
è Klinik
Gizi
è Pemulasaraan
Jenazah
Demikianlah Profil Rumah Sakit
Mulya Ciledug, dan sekarang saya akan menceritakan KESLING di RS Mulya.
Yang bertanggung jawab
mengenai alkes àkalibrasi
(pengecekan alat yang masih layak)
(dibawah naungan kemenkes)
(pengecekan 5
tahun sekali)
Sampah
non medis itu yang membersihkan - pertama
dibersihkan oleh cleaning service -
setelah itu dibuang ke TPA non medis àlalu barulah
diangkut oleh dinas kebersihan
Sampah
medis itu yang membersihkan - pertama
di pisahkan oleh perawat lau setelah itu diangkut oleh dinas kesehatan - setelah
di angkut oleh dinas kesehatan barulah di buang ke TPA medis.
Kemudian
yang bertanggung jawab di bidang kesling rs mulya adalah : Direktur - Manajer
umum HRD - IT-Superviser
umum-kepala
kesling : Bpk. Bagus - wakil kepala kesling : mang ujang
Sebelum
kita membahas tentang kesling ,pertama kita harus tahu apa itu kesling:
Kesling - tujuannya
Sanitasi - jurusannya
Sanitarian - orang
yang bertanggung jawab mengenai kesling
Sistem
standar ,sampah di rumah sakit mulya diangkut 1 minggu 2x dan rs mulya pun bekerja
sama dengan PT.Bintek
Untuk
yang membersihkan ruang ruang penunjang medic - Clening service
Jumlah
cleaning service di rs mulya berjumlah 30 orang
Kesling
di rs mulya ada 7 aspek : 1. Limbah cair
2. limbah padat
3. penyehatan udara
4. pengolahan makanan dan minuman
5.
linen
6. k3
7. psikontrol
Contoh
dari limbah cair : yaitu ipal , dan pengolahannya sistem standar 2 filter dan
melakukan dari mulai pengumpulan sampai
pengolahan airnya.
Sampah
domestik dibuang ke TPA pembuangannya infeksius dan dibuangnya ke wastek
bertempat di cilegon dan sampah itu diangkut 1 minggu 2x dan bekerja sama
dengan PT.Biltek
Aktivitas
untuk menjaga kesehatan lingkungan di rs mulya: selalu mengontrol kebersihan
kamar mandi,mengontrol kamar kamar pasien akan kenyamanan udara,mengecek
ipal,dan k3.
Adapun
permasalahan pada mesin ipal yang mengalami sedikit kerusakan karena sudah
waktunya rusak dan waktunya diganti dengan mesin yang baru. Dan yang mengatasi
bagian ini atau apabila ingin diganti dengan mesin yang baru itu ditangani oleh
àinfensaris
umum
àBagian
listrik yang menangani dan mengerjakan perbaikan listrik,dan gedung dikerjakan
oleh maintanance
gedung dan listrik.
Ada
pula sistem evaluasi untuk bagian kesling itu sendiri dan evaluasi beserta
laporannya yaitu dilakukan 1 bulan sekali. Proses evaluasi tersebut yang
pertama adanya laporan dari contohnya dari ipal, dan apabila ada kerusakan
kerusakan pada mesin mesin ipal atau yang berhungan dengan Kesling.
Sistem
kerja untuk bagian kantor terutama untuk bagian kesling tidak ada shift, masuk
senin sampai jum’at dari jam 08 s/d 17. Dan untuk pa bagus masuk dari hari
senin s/d jum’at kemudian untuk mang
ujang masuk dari hari senin s/d sabtu dan pada hari sabtu hanya masu setengah
hari saja.
Kebersihan
kantin di rs mulya belum ada petugas khusus yang membersihkannya, masih pemilik
kantin sendiri yang membersihkannya,karena kantin di rs mulya masih dalam tahap
perbaikan dan renovasi.
Kebersihan
kamar mandi pasien dan kamar mandi untuk pengunjung , yang membersihkan
cleaning service.
Kebersihan
untuk peralatan medis di rs mulya yang membersihkan adalah asisten perawat.
Sedangkan yang merawat peralatan seperti alat usg yang merawatnya adalah orang
maintanance.
àStandar
angka kuman yang memenuhi syarat , yang bertanggung jawab adalah mikrobiologi,
bioka harus steril ada uji coba swep alat,swep dinding, petugas makanan kantin
dan orang di bagian dapur harus diperiksa setiap 1 bulan sekali tentang steril
atau tidak sterilnya dan ada kuman atau tidak, dan juga selalu ada pemeriksaan
sterilisasi untuk petugas dan pemeriksaaan sterilisasi alat.
Tentang
udara yang ada di lingkungan rumah sakit dan diruangan, contohnya ac
yang membersihkan ac adalah maintanance dan itu dibersihkan rutin minimal 1
bulan sekali dan petugas maintanance itu sendiri petugas maintanance tetap dari
rs dan tidak menyewa dari luar.
Untuk
bagian gizi di RS Mulya à Ada petugas gizi khusus dari dalam rs
Aktivitas
bagian gizi, dari segi pembelian bahan makanan bagaimana cara pencucian
alat,pencucian bahan ,cara memasak dengan baik, pemeriksaan kebersihan
sterilisasi ruan dapur dan cara penyajian makanan.
Limbah
cair dari superhook larinya langsung ke ipal dari bak pengumpul langsung masuk
ke ipal,dari masi ng masing unit ke bak pengumpul , dari bak pengumpul lalu ada
proses bak influen,dan disitu ada sirkulasi udara,dan disitu sebagian diputar
dan juga sebagian masuk ke bak berikutnya. Dan di situ juga ada penyaringan
antara limbah padat dan limbah cair. Disaenerob lalu ke aerob lalu menuju ke
bak sendimen dari sendimen lalu masuk ke kaporit , lalu masuk ke filter, stelah
masuk ke filter lalu masuk ke dalam kolam dan sebagian air dibuang dan
sebagiannya lagi tidak dibuang dan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Dan uji
lab dilakukan setiap satu bulan sekali sesuai parameter .
Untuk
bagian laundry tidak di cuci hanya dilakukan pendistribusian saja,yang mencuci
itu dari bagian pihak laundry ke 2 dan pihak laundry ke 3 bagian
mendistribusikan juga ke unit unit,menghitung stok yang ada disini jangan
sampai kurang , dan mengecek ada yang kotor atau tidak, dan apabila ada yang
kotor dikumpulkan dan dibawa oleh pihak laundry ke 2.
Pengendalian
serangga serangga, petugas yang memastikan bahwa didalam ruangan atau
lingkungan rs ada serangga yang membahayakan atau tidak apakah ada banyak
serannga atau tidak, dan bagian yang memastikan ada serangga atau tidak yaitu
tugas bagian yang menangani kesling rs bagian ke 2 yaitu mang ujang . dan ada
alat khususnya yaitu pescontrolnya disemprot dan dibersihkan setiap harinya ,
dan bisa juga tidak perlu disemprot ,ada bagiannya yaitu spreying ulf, dan
sudah ada jadwalnya dan pada pescontrol harus sangat hati hati jangan sampai
terkena siapapun dan jangan sampai membahayai orang lain.
Sekian
hasil observasi dari saya…
Terima
kasih…..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar