Rabu, 07 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-Habibatulawwaliyah:Tugas4 Penerapan Kesling RS Mulya Ciledug



Nama  : Habibatul Awwaliyah
NIM   : 130110012
Prodi  : S1 Kesehatan Masyarakat
Tugas 4 Penerapan KESLING RS Mulya Ciledug

Assalamu’alaikum para pembaca dimanapun kalian berada…
Salam hangat untuk kita semua, dan salam semangat mahasiswa dimanapun universitas nya dan apapun itu jurusannya …
Langsung saja yaa kawan..
Disini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya, setelah melakukan observasi “Kesehatan Lingkungan di Rumah Sakit Mulya Ciledug” dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah KESLING dan selain itu juga berkat ibu Dwi selaku dosen mata kuliah kesling yang telah memberikan tugas observasi tentang kesehatan lingkungan di rumah sakit mulya kepada saya dan teman teman, kami mendapatkan banyak sekali pengetahuan apa yang kami tidak tahu akhirnya kami menjadi tahu,dan kami bisa bertanya bebas tentang apa saja yang berhubungan dengan kesling.
Pertama – tama sebelum saya membahas dan menceritakan kesling di rumah sakit mulya ciledug saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari KESLING dan menuliskan sejarah rumah sakit mulya ciledug dulu yaa kawannn….
Apa itu KESLING (Kesehatan Lingkungan)…..???
Kesling adalah suatu keadaan yang meliputi kesehatan fisik, mental dan social yang tidak berarti suatu keadaan yang bebas dari penyakit. (sumber: word health organization)
Kesling adalah upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat.
Yukk lanjut sejarah Rumah Sakit Mulya ya kawan…..
Rumah Sakit Mulya Ciledug beralamat di Jl. KH. Hasyim Ashari No.18 Sudimara Pinang, Ciledug dan dibangun pada tahun 1996 dan mulai beroperasi sejak tanggal 2 juli 1997 dengan ijin Rumah Bersalin. Dengan status awal sebagai Rumah Bersalin, dirasa kurang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya, sehingga pada awal tahun 2005 Rumah Sakit mengajukan peningkatan status menjadi Rumah Sakit Umum. Dan Alhamdulillah pada Tanggal 30 Mei 2005 dengan SK WALIKOTA TANGERANG No.445.1483. DINKES.07. RSU.03.VII, Resmi beroperasi sebagai Rumah Sakit Umum. Seiring dengan kebutuhan masyarakat sekitar, Rumah Sakit Mulya melakukan penambahan bangunan sehingga yang sbelumnya terdiri dari 1 unit bangunan utama dengan tinggi bangunan 3 lantai menjadi 2 unit bangunan utama dengan tinggi bangunan menjadi 6 lantai.
Rumah Sakit Mulya pun terus berbenah diri selain menyediakan ruang tunggu poli yang sangat nyaman kami juga terus meningkatkan kelengkapan alat, tenaga medis dan non medis yang professional, serta sistem pelayanan yang terus-menerus ditingkatkan.
Rumah Sakit Mulya telah terakreditasi 5 (lima) Pelayanan Dasar sejak bulan Mei 2012. Meski demikian, sampai saat ini Rumah Sakit Mulya masih terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan bagi pasien dan keluarganya, sesuai dengan motto rumah sakit “We-Care”, yang berarti : Kami (Cepat Andal Ramah dan Empati)”.
Adapun Visi dan Misi Rumah Sakit Mulya Ciledug:
-VISI : “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Keluarga yang dikenal selalu mengutamakan prinsip dasar  
              CARE NYA (Cepat-Andal-Ramah-Empati)
-MISI :
1. Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas prima dan aman, dengan berlandaskan  prinsip dasar CARE (Cepat-Andal-Ramah-Empati) untuk mencapai kepuasan pasien dan keluarganya.
2.  Senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya mannusia melalui pendidikan dan pelatihan.
3. Meningkatkan pengelolaan RS Mulya dengan manajemen professional yang terpadu,efisien, efektif dan kreatif.
4. Menjadikan RS Mulya sebagai tempat kerja pilihan bagi karyawan dan tenaga medis.
5. Menciptakan budaya kerja dan lingkungan kerja yang sehat dan harmonis.
6. membangun hubungan jangka panjang yang baik dan saling menguntungkan dengan seluruh stakeholder, meliputi seluruh pasien, tenaga medis, karyawan, masyarakat sekitar, pemerintah, organisasi atau unit kesehatan terkait maupun pihak ketiga lainnya.
Dilingkungan kerja Rumah Sakit Mulya, menerapkan kepada seluruh komponen SDM untuk melaksanakan budaya kerja dengan nama 5C, yaitu:
BUDAYA KERJA 5C
1.      CARE : Mengutamakan CARE dalam memberikan pelayanan serta dalam kehidupan berorganisasi.
2.      COMPETENCE : Memiliki kopetensi dibidangnya masing-masing dan akan selalu berusaha mempertahankan dan meningkatkan kualitas kerja dan kemampuannya dengan senantiasa belajar, berbagi ilmu, mengadopsi inovasi dan perubahan.
3.      COMITMENT : Memahami dan memiliki Visi dan Misi yang sama dan berkomitment memberikan yang terbaik bagi RS Mulya, Pasien, masyarakat sekitar, mitra usaha, pemerintah dan pihak-pihak berkepentingan lainnya.
4.      COMUNICATION : Membangun pola komunikasi dan information sharing yang efektif dan jelas di semua tingkat jabatan dan selalu terbuka untuk ide, saran dan feedback untuk perbaikan dan inovasi.
5.      COLLABORATION : Menunjang semangat kebersamaan dan kerja sama berdasarkan rasa saling percaya dan saling menghargai untuk mencapai tujuan bersama.
Adapun fasilitas dan pelayanan di Rumah Sakit Mulya Ciledug yang terdiri dari :
è UGD 24 JAM , UGD RS Mulya merupakan Unit Gawat Darurat yang beroperasional selama 24 jam penuh. Dan pelayanan yang dapat diberikan yaitu: 1. Tata laksana kondisi Gawat Darurat. 2.Tindakan bedah minor. 3. Transportasi Ambulan 24 jam (syarat dan ketentuan berlaku). 4. Rawat observasi maksimal 6 jam. 5. Konsultasi dr. Umum 24 jam.
è RAWAT JALAN
è RAWAT IN
 
Adapun Sarana Penunjang Medis di Rumah Sakit Mulya antara lain :
è Farmasi 24 jam
è Laboratorium 24 jam
è Radiologi 24 jam
è Fisioterapi
è Klinik Gizi
è Pemulasaraan Jenazah

Demikianlah Profil Rumah Sakit Mulya Ciledug, dan sekarang saya akan menceritakan KESLING di RS Mulya.
Yang bertanggung jawab mengenai alkes  àkalibrasi (pengecekan alat yang masih layak)
                                                                                      
                                                   (dibawah naungan kemenkes)
                                                                                                          (pengecekan 5 tahun sekali)

Sampah non medis itu yang membersihkan - pertama dibersihkan oleh cleaning  service - setelah itu dibuang ke TPA non medis àlalu barulah diangkut oleh dinas kebersihan
Sampah medis  itu yang membersihkan - pertama di pisahkan oleh perawat lau setelah itu diangkut oleh dinas kesehatan - setelah di angkut oleh dinas kesehatan barulah di buang ke TPA medis.
Kemudian yang bertanggung jawab di bidang kesling rs mulya adalah : Direktur - Manajer umum HRD - IT-Superviser umum-kepala kesling : Bpk. Bagus - wakil kepala kesling : mang ujang
Sebelum kita membahas tentang kesling ,pertama kita harus tahu apa itu kesling:
Kesling - tujuannya
Sanitasi - jurusannya
Sanitarian - orang yang bertanggung  jawab mengenai kesling
Sistem standar ,sampah di rumah sakit mulya diangkut 1 minggu 2x dan rs mulya pun bekerja sama dengan PT.Bintek
Untuk yang membersihkan ruang ruang penunjang medic - Clening service
Jumlah cleaning service di rs mulya berjumlah 30 orang
Kesling di rs mulya ada 7 aspek : 1. Limbah cair
                                                      2. limbah padat
                                                      3. penyehatan udara
                                                      4. pengolahan makanan dan minuman
                                                      5. linen
                                                      6. k3
                                                      7. psikontrol
Contoh dari limbah cair : yaitu ipal , dan pengolahannya sistem standar 2 filter dan melakukan dari mulai  pengumpulan  sampai  pengolahan airnya.
Sampah domestik dibuang ke TPA pembuangannya infeksius dan dibuangnya ke wastek bertempat di cilegon dan sampah itu diangkut 1 minggu 2x dan bekerja sama dengan PT.Biltek
Aktivitas untuk menjaga kesehatan lingkungan di rs mulya: selalu mengontrol kebersihan kamar mandi,mengontrol kamar kamar pasien akan kenyamanan udara,mengecek ipal,dan k3.
Adapun permasalahan pada mesin ipal yang mengalami sedikit kerusakan karena sudah waktunya rusak dan waktunya diganti dengan mesin yang baru. Dan yang mengatasi bagian ini atau apabila ingin diganti dengan mesin yang baru itu ditangani oleh àinfensaris umum
àBagian listrik yang menangani dan mengerjakan perbaikan listrik,dan gedung dikerjakan oleh maintanance gedung dan listrik.
Ada pula sistem evaluasi untuk bagian kesling itu sendiri dan evaluasi beserta laporannya yaitu dilakukan 1 bulan sekali. Proses evaluasi tersebut yang pertama adanya laporan dari contohnya dari ipal, dan apabila ada kerusakan kerusakan pada mesin mesin ipal atau yang berhungan dengan Kesling.
Sistem kerja untuk bagian kantor terutama untuk bagian kesling tidak ada shift, masuk senin sampai jum’at dari jam 08 s/d 17. Dan untuk pa bagus masuk dari hari senin s/d jum’at  kemudian untuk mang ujang masuk dari hari senin s/d sabtu dan pada hari sabtu hanya masu setengah hari saja.
Kebersihan kantin di rs mulya belum ada petugas khusus yang membersihkannya, masih pemilik kantin sendiri yang membersihkannya,karena kantin di rs mulya masih dalam tahap perbaikan dan renovasi.
Kebersihan kamar mandi pasien dan kamar mandi untuk pengunjung , yang membersihkan cleaning service.
Kebersihan untuk peralatan medis di rs mulya yang membersihkan adalah asisten perawat. Sedangkan yang merawat peralatan seperti alat usg yang merawatnya adalah orang maintanance.
àStandar angka kuman yang memenuhi syarat , yang bertanggung jawab adalah mikrobiologi, bioka harus steril ada uji coba swep alat,swep dinding, petugas makanan kantin dan orang di bagian dapur harus diperiksa setiap 1 bulan sekali tentang steril atau tidak sterilnya dan ada kuman atau tidak, dan juga selalu ada pemeriksaan sterilisasi untuk petugas dan pemeriksaaan sterilisasi alat.
Tentang udara yang ada di lingkungan rumah sakit dan diruangan, contohnya ac  yang membersihkan ac adalah maintanance dan itu dibersihkan rutin minimal 1 bulan sekali dan petugas maintanance itu sendiri petugas maintanance tetap dari rs dan tidak menyewa dari luar.
Untuk bagian gizi di RS Mulya à Ada petugas gizi khusus dari dalam rs
Aktivitas bagian gizi, dari segi pembelian bahan makanan bagaimana cara pencucian alat,pencucian bahan ,cara memasak dengan baik, pemeriksaan kebersihan sterilisasi ruan dapur dan cara penyajian makanan.
Limbah cair dari superhook larinya langsung ke ipal dari bak pengumpul langsung masuk ke ipal,dari masi ng masing unit ke bak pengumpul , dari bak pengumpul lalu ada proses bak influen,dan disitu ada sirkulasi udara,dan disitu sebagian diputar dan juga sebagian masuk ke bak berikutnya. Dan di situ juga ada penyaringan antara limbah padat dan limbah cair. Disaenerob lalu ke aerob lalu menuju ke bak sendimen dari sendimen lalu masuk ke kaporit , lalu masuk ke filter, stelah masuk ke filter lalu masuk ke dalam kolam dan sebagian air dibuang dan sebagiannya lagi tidak dibuang dan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Dan uji lab dilakukan setiap satu bulan sekali sesuai parameter .
Untuk bagian laundry tidak di cuci hanya dilakukan pendistribusian saja,yang mencuci itu dari bagian pihak laundry ke 2 dan pihak laundry ke 3 bagian mendistribusikan juga ke unit unit,menghitung stok yang ada disini jangan sampai kurang , dan mengecek ada yang kotor atau tidak, dan apabila ada yang kotor dikumpulkan dan dibawa oleh pihak laundry ke 2.
Pengendalian serangga serangga, petugas yang memastikan bahwa didalam ruangan atau lingkungan rs ada serangga yang membahayakan atau tidak apakah ada banyak serannga atau tidak, dan bagian yang memastikan ada serangga atau tidak yaitu tugas bagian yang menangani kesling rs bagian ke 2 yaitu mang ujang . dan ada alat khususnya yaitu pescontrolnya disemprot dan dibersihkan setiap harinya , dan bisa juga tidak perlu disemprot ,ada bagiannya yaitu spreying ulf, dan sudah ada jadwalnya dan pada pescontrol harus sangat hati hati jangan sampai terkena siapapun dan jangan sampai membahayai orang lain.

Sekian hasil observasi dari saya…
Terima kasih…..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar