Selasa, 06 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-LufyFytriaDewi:tugas1 lingkungan sekitar

 TUGAS 1. Lingkungan Sekitar Lufy Fytria Dewi

20 Tahun Berada di Lingkungan Segar dan Menyenangkan
Hai pembaca sebelum memulai saya ingin memperkenalkan diri saya dan keluarga terlebih dahulu, nama saya LUFY FYTRIA DEWI saya mahasiswi dari universitas swasta di tangerang selatan saya terlahir dari kedua orang tua yaitu ibu HASANAH dan bapak SARTA saya anak ke lima (5) dari enam bersaudara, tempat tinggal saya di jln raya binong rt 005/03 desa binong kec.curug kab.tangerang
Saya akan menceritakan lingkungan kesehatan disekitar rumah saya. Kebersihan dirumah Alhamdulillah bersih, sejak saya sekolah dasar ibu selalu mengajarkan kebersihan dirumah dari membung sampah, menyapu lantai maupun halaman rumah, dari kebersihan diri juga ibu selalu mengingatkan untuk hidup sehat, ibu tipekal orang yang cerewet jika rumah berantakkan ataupun kotor, karena ibu paling tidak bisa melihat rumah yang berantakan atau kotor. Untuk  pembuangan sampah rumah tangga (dapur) setiap harinya selesai memasak dibuang ketempat sampah, kebersihan rumah seperti menyapu lantai itu tidak terhitung setiap kotor atau berdebu pasti ibu/anaknya menyapu karena letak rumah dipinggir jalan raya jadi sering sekali kotor berdebu, untuk pembersihan halaman rumah dibersikan sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari lalu sampah dibuang ke tempat sampah untuk dibakar, tempat sampah berada di belakang rumah dan disitu juga tuk membakar sampahnya. Kegiatan dikampung halaman saya setiap kurang lebih enam bulan sekali di adakan gotong royong, setiap warga bapak-bapak maupun pemuda pemudi ikut berpartisipasi untuk membersihkan lingkungan di sekitar  kampung binong disitu semuanya membersihkan jalanan, seperti mencabut rumput, membersihkan selokan air dan lain sebagainya, kegiatan ini sangat di setujui oleh pihak RT dan kepala desa karena dengan acara gotong royong ini kampung halaman kita menjadi bersih agar terhindar dari serangan penyakit dan ligkungan menjadi indah untuk dipandang, 20 tahun saya tinggal di kampung binong ini saya sangat senang tinggal dan dilahirkan di sini di binong tangeang ini, di sini saya sangat memiliki banyak pengalaman baik dan buruknya kehidupan yang sudah saya lewati dan saya jalani bersama keluarga dan lingkungan sekitar, tapi dari tahun ke tahun warga kampung binong semakin berkurang dan di gantikan oleh gedung-gedung baru yang membuat lahan menjadi padat.
Lanjut saya akan menceritakan kebersihan di lingkungan sekolah dasar negri binong V. di sekolah saya ini kebersihannnya juga baik, ada pekerja khusus yang membersihkan lingkungan sekolah yaitu bernama bapak yanto dan bapak ujang, mereka membersihkan lingkungan sekolah tiga kali dalam sehari, sebelum murid-murid dan guru-guru hadir disekolah pagi-pagi bapak yanto dan bapak ujang membersihkan seluruh lingkungan sekolah, beliau kembali membersihkan pada jam istirahat, dan jam pulang, terkadang jika halaman sekolah kotor mereka membersihkannya kembali. Dulu pada saat saya sekolah dasar guru mengajarkan kami semua untuk hidup bersih dari membuang sampah dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, terkadang saya lupa untuk melakukan cuci tangan walaupun tidak melakukan sesuatu saya merasa tangan saya bersih dari kotoran ataupun kuman hehe namanya juga masih sekolah dasar masih anak-anak susah diatur untuk hidup sehat. Pada saat kelas 3 kami semua sudah diajarkan untuk membersihkan kelas, Setiap harinya masing-masing kelas ada jadwal piket terdiri dari 6 orang ada yang bertugas untuk menyapu, mengangkat kursi dan meletakannya diatas meja, membuang sampah dan juga ada yang bertugas untuk mengepel lantai kelas jika tidak melakukan akan dikenakan denda Rp500 uang dendaan itu nantinya akan dibelikan alat-alat kebutuhan kelas lagi begitu seterusnya denda itu mengajarkan kami semua agar taat pada peraturan-peraturan yang di sepakati bersama, saya sangat ingat kata-kata ibu dan bapak guru yaitu ”kebersihan pangkal kesehatan dan kebersihann itu sebagian dari iman” agar proses belajar menjadi nyaman kita semua harus rajin membersihkan lingkungan kelas dan membuang sampah pada tempatnya. Selama enam tahun saya belajar di sekolah ini banyak pengetahuan yang sudah saya dapati dari semua guru-guru yang sudah mengajarkan saya pelajaran dan kebaikan karena tidak ada satupun guru yang mengajarkan keburukan kepada anak muridnya, terimakasih untuk semua guru di Indonesia yag sudah mengajarkan anak-anak Indonesia tanpa kalian semua ita tidak bisa apa-apa.
Lanjut yuk, saya akan menceritakan kebersihan di lingkungan sekolah menengah pertama pgri 246 curug. Berbeda dengan kebersihan di lingkungan sekolah dasar, di sini lebih bersih dari sekolah dasar, kebersihan di lingkungan sekolah ini cukup baik, disini juga ada petugas khusus sebut saja mr.X bersama tiga temannya, tugas mr x dan temannya ini membersihkan seluruh lingkungan sekolah dari lingkungan kelas, wc, musholah, lapangangan sampai ruang guru-guru, untuk membersihkan lingkungan sekolah mr x membersihkannya setiap saat jika ada sampah-sampah dilingkungan sekitar langsung dibersihkan oleh mr x. Untuk kegiatan kelas setiap harinya disekolah menengah pertama ini juga ada kegiatan piket yang bergiliran dan juga dikenakan denda jika tidak piket sebesar Rp1000, denda ini untuk melatih murid-murid agar rajin membersihkan kelas mereka agar proses belajar menjadi nyaman dan tidak menimbulkan bau yang tak sedap. Di setiap hari senin pagi ada kegiatan upacara bendera, di upacara bendera ini setiap murid harus tepat waktu dan juga harus memakai atribut sekolah dengan lengkap jika ada yang melanggar murid tersebut harus membersihan lingkungan sekolah dengan cara memunguti sampah-sampah yang berserakan di lingkungan sekolah,nah di sini saya pernah melanggar karena tidak memakai atribut sekolah, saya bersama kawan yang tidak memakai atribut membersihkan halaman sekolah memunguti sampah-sampah dan mencabuti rumput yang tumbuh disekitar halaman sekolah, seru melakukan bersama-sama berkat kita semua halaman sekolah menjdi bersih walaupun hanya bebeapa menit, tapi jangan ditiru ya kawan, karena melanggar peraturan itu tidak baik karena peraturan itu untuk di patuhi bukan untuk di langgar.
Sini-sini jangan bosan untuk membaca ya karena membaca sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan kita hehehe… Sekarang saya akan menceritakan kebersihan di lingkungan sekolah menengah atas pgri 83 legok nih, kebersihan di lingkugan ini sangat bersih siswa siswinya sangat rajin untuk membuang sampah pada tempatnya, jika ada murid yang terlihat membuang sampah sembarangan oleh salah satu guru dia akan mendapatkan teguran jika keseringan biasanya terkena hukum sama gurunya, mungkin itu alasan rajin membuang sampah pada tempatnya karena takut kena hukum kali ya hehe.. tapi engga kita disini rajin membuang sampah karena kita suka dengan kebersihan, di sekolah ini juga pasti ada petugas kebersihanya dan tidak lupa tugas piket murid untuk membersihkan kelasnya masing-masing setiap harinya. Nah kalo di SMA ini stiap jadwal piket pasti kita datang lebih awal untuk membersihkan kelas maupun mempersiapkan kebutuhan guru yang ingin masuk kelas. Di sekolah ini kebersihannya selalu di jaga, ada beberapa fasilitas, kebersihan di ruang lab bahasa sangat bersih tak terlihat debu yang ada, kalau di ruang lab computer menurut saya kurang bersih karena masih ada yang membuang sampah bekas permen di atas meja computer mungkin itu murid yang tidak membuang sampah pada tempatnya, disini ada ruang laboratorium IPA lab ini sangat di sayangkan karena tidak dipergunakan dan tidak di bersihkan, banyak debu yang terlihat dari kaca jendela dan tidak tertata rapih, di sekolah ini ada perustakaan ruangnya sangat bersih dan rapih saya sangat suka di ruang perpustakaan ini karena perpustakaan ini nyaman tidak bising.
Setelah selesai sekolah SMA saya tidak langsung melanjutkan sekolah tinggi, awalnya saya bercita-cita menjadi seorang polici wanita karena pendaftaran polwan belum ada saya bekerja di perusahaan jepang selama enam bulan ini hanya sebagai batu loncatan saja, kebersihan di perusahaan ini sangatlah bersih dari lantai maupun mesin-mesin yang berada di perusahaan ini jika selesai bekerja karyawan dan karyawatinya membersihkan mesin dan lantainya, halamannya sangat luas dan bersih saya  senang karena sudah bekerja dan menambah teman, merasakan bagaimana susahnya mencari uang. awalnya saya sudah senang bekerja dan tidak mau resign dari pekerjaan ini karena sudah nyaman dan pekerjaannya tidak sulit, tetapi saya harus resign dari pekerjaan ini untuk mengikuti tes polwan yang sudah saya tunggu, setelah itu saya mengikuti test polwan dan hasilnya tidak diharapkan, itu tidak membuat semangat saya menurun mungkin bukan rejeki pekerjaan saya di situ saya akan melanjutkan sekolah saya demi menggapai cita-cita.
            Lanjut lagi yuk. Sekarang saya akan membahas kebersihan disekitar kampus di sini tempat dimana saya melanjutkan sekolah tinggi saya, menurut saya si sekitar kampus bersih, dari toilet kampus, musholah, hingga area parkir, tapi yang kurang bersih itu kelas dan kantinnya, kalau kelas mungkin dari mahasiswa mahasiswinya yang malas untuk membuang sampah sembarangan tapi dalam kantin itu kurang rapih, kurang bersih dari makanannya mungkin tidak higienis, jika boleh kasih input/masukan saya ingin kantin di cat kembali agar tidak kumuh, dan harus terlihat bersih dan makanannya harus di perbanyak dan juga kantin harusnya di perluas agar tidak berdesak-desakan pada saat jam istirahat bersamaan dengan murid-murid SMK Riksa Indrya. Untuk kebersihan dilapangan kampus kurang bersih banyak sampah-sampah pelastik maupun sampah daun-daunan yang berserakan disamping lapangan kampus, seharusnya lapangan kampus juga harus di bersihkan agar exstrakulikulernya nyaman dan segar pada saat sedang latihan futsal,volly maupun basket. Hal yang sangat saya ingat tentag kebersihan di lingkungan kampus pada saat saya masuk kampus dan mengikuti masa orientsi kampus disitu mahasiswa-mahasiswi baru dan senior-seniornya membersihkan jalanan depan kampus membersihkan dengan memunguti semua sampah-sampah yang berada di jalanan kampus.


S1 Kesehatan Masyarakat2013-Semester3-Lufy Fytria Dewi-130110016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar