Senin, 05 Januari 2015

D3-sekmed-2014-RIZKA-AMALIA:Tugas1LingkunganSekitarKu



Lingkungan sekitarku    


Assalamu’alaikum wr. wb...
Saya akan memberikan informasi terlebih dahulu mengenai kesehatan lingkungan yang saya dapat dari berbagai sumber. Di sini terdapat beberapa pendapat tentang pengertian Kesehatan Lingkungan sebagai berikut :
  • Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut World Health Organisation (WHO) pengertian Kesehatan Lingkungan : Those aspects of human health and disease that are determined by factors in the environment. It also refers to the theory and practice of assessing and controlling factors in the environment that can potentially affect health. Atau bila disimpulkan “Suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia.”
  • Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) “Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.”
  • Jika disimpulkan Pengertian Kesehatan Lingkungan adalah “ Upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat.” Sumber : http://www.indonesian-publichealth.com/2014/08/pengertian-kesehatan-lingkungan.html
Di sini saya akan bercerita untuk yg menyempatkan waktunya untuk membaca blog ini tentang kesehatan lingkungan di sekitar. Pertama-tama saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu
Saya adalah remaja yang baru menginjak usia 19 tahun. Nama saya Rizka Amalia, saya anak pertama dari 3 bersaudara saya mempunyai 1 adik perempuan dan 1 adik laki-laki. Adik saya yang perempuan mernama elza yulia. Dia baru menginjak bangku SMP tingkat 1 di SMPN 226 Jakarta yang bertempatan di komplek A.L – Pondok Labu. Dan adik saya yang laki-laki bernama romie nur syamsi. Dia baru menginjak bangku SD kelas 2 di MI AL-Hidayah lebak lestari – Lebak Bulus. Alhamdulillah saya masih memiliki orang tua yang sayang dan mengerti saya, ya Ayah dan Ibu saya. Ayah saya bernama Muhammad Nuh. Ayah saya asli betawi, yang bertempat tinggal di daerah lebak bulus, cilandak – jakarta selatan (rumah yg saya tinggali saat ini). Dan ibu saya bernama Yayah Waryati. Ibu saya berasal dari kota Kembang Bandung di mana ia di lahirkan dan dibesarkan di sana bersama dengan kakek nenek saya.
Saat ini saya sedang menekuni bidang S1 Kesehatan Masyarakat di STIKES BANTEN sekarang sudah menginjak smester 3 dan minggu ini saya harus menyelesaikan UAS dan naik ke tingkat smester 4. STIKES BANTEN berlokasi di rawa buntu – BSD city. Lingkungan di sekitar STIKES BANTEN terbilang cukup baik, tersedia tempat sampah di setiap sudut, lahan parkir yang cukup luas untuk para mahasiswa. Halaman di sekitar STIKES BANTEN pun bersih. Di dalam gedung STIKES BANTEN pun sangat bersih, karna OB di sana sangat rajin. Dari lantai, ruangan-ruangan kelas dan kantor pun sangat besih. Di setiap ruangan memiliki tempat sampah di dalam maupun di luarnya. Di kamar mandi airnya pun bagus, Memiliki wastafel 2 dan cermin sangat besar, lantainya bersih, dan wangi. namun terkadang aromanya suka kurang mengnakan bila terhirup (namun jarang). Bangunan di STIKES BANTEN sangat kokoh, memiliki fentilasi udara yang baik dan pencahayaan bang bagus. Di STIKES BANTEN memiliki 1 gedung dan 5 lantai.
Sebelumnya saya pernah bersekolah di MI AL-Hidayah lebak lestari, yap sama seperti adik saya Romie Nur Syamsi. Selama saya bersekolah di sana saya sangat nyaman, karna sekolah itu bertempatan di kompek kavling lebak lestari. Lingkungan nya yang bersih, udara yang segar karna berada di dalam komplek dan kondisi selokan nya pun baik. Tidak terdapat sampah sedikitpun, hanya dedaunan kecil saja dari tanaman-tanaman sekitar. Dan di bagian dalam sekolah, setiap kelas/ruangan meimiliki ventilasi udara yang baik dan pencahayaannya pun baik sehingga memudahkan siswa/siswi nya melihat ke arah papan tulis dengan jelas, seriap kelas dan ruangan juga memiliki tempat sampah masing-masing 1, di lapangan juga di sediakan tempat sampah di setiap sudutnya. kamar mandi di sekolah itu pun bersih dan tidak bau. Belum lama saya mengunjungi sekolah itu untuk mengantar adik saya Romie bersekolah, saya pun ikut masuk mengantar adik saya sampai kedepan kelasnya. Sekolah itu sudah di renovasi menjadi lebih bagus, dengan kondisi bangunan yang kokoh dan kantin di sekolah itu pun bersih. Sekolah itu jauh dari kebisingan kendaraan bermotor atau bermobil karna jauh sekali dengan jalan raya. Hanya ada kendaraan–kendaraan dari rumah–rumah sekitar dan khususnya kendaraan para pelajar, karna di MI AL- Hidayah Hanya ada kendaraan–kendaraan dari rumah–rumah sekitar dan khususnya kendaraan para pelajar, karna di Al- Hidayah tidak hanya ada madrasah nya saja, tetapi TK, SMP dan SMK pun ada.
Saat lulus dari MI AL-Hidayah, saya menginjak bangu SMP PGRI 12 Jakarta di daerah Pondok Labu – Jak-sel. Tak dapat dipungkiri bahwa masa–masa SMP adalah masa di mna seumuran itu sedang nakal–nakalnya dan asyik dengan dunianya sendiri. Di SMP PGRI 12 Jakarta saya meniba ilmu. Dengan kondisi bangunan yang kuat dan kokoh, memiliki 4 lantai dan ruangan-ruangan pengajaran. Lingkungan di sana kurang bagus karna di depan sekolah terdapa rumah pemulung, sehingga sering mnimbulkan bau yang kurang sedap. Akan tetapi untuk halaman sekitar sekolah itu tetap bersih terjaga, dan kamar mandipun bersih dengan kondisi air yang baik.
Terlepas masa SMP, saya lulus dan menginjakkan ke jenjang SMK. Saya masuk ke sekolah menengah kejuruan di SMK NUSANTARA 02 KESEHATAN yang bertempatan di daerah ciputat – tangerang selatan. Di SMK NUSANTARA 02 KESEHATAN  memiliki beberapa gedung dan memiliki 4 lantai. Gedung di sana sangat kokoh, lingkungannya pun bersih, kamar mandi dan kondisi air juga bersih terawat. Di setiap ruangan/kelas-kelas memiliki tempat sampah. Lantainya pun bersih, tidak kotor. Di SMK saya mengambil jurusan Analis Kesehatan. Masa-masa SMK memang masa-masa yang sulit untuk di lupakan.
Saya tinggal dan di besarkan di daerah Lebak Bulus, Cilandak – Jakarta Selatan bersama dengan ke- 2 orang tua saya dan ke- 2 adik saya. Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan untuk kehidupan sehari- hari. Di mana lingkungan yang sehat sangat dibutuhkan bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup dan meningkatkan efisiensi beraktivitas. Bila keadaan lingkungan di sekitar bersih dan sehat, maka kita sebagai manusia pun akan merasa nyaman untuk melakukan aktivitas–aktivitas umum sehari- hari. Syarat-syarat Lingkungan Yang Sehat meliputi beberapa unsur, yaitu:
  1. Keadaan Air
    Air yang sehat adalah air yang memenuhi persyaratan-persyaratan, seperti:
  • Persyaratan fisik, cthnya: jernih, tidak berbau, dan berasa. Suhu air bersih => suhu udara + 25⁰c
  • Persyaratan kimia, cthnya: Ph, total solid, zat organik, CO2, Ca, Fe, Mn, Cu, Zn, Cl, nitrit, F serta logam berat lainnya.
  • Persyaratan biologis, cthnya: tidak ada bakteri yang menimbulkan penyakit seperti, E. colli / fecal colli
  • Persyaratan radiologis, cthnya: tidak mengandung bahan-bahan radio aktif seprti sinyal alfa, beta, gama.
  1. Keadaan Udara
    Udara yang sehat adalah udara yang didalamnya terdapat yang diperlukan, contohnya oksigen bersih dan di dalamnya tidak tercemar oleh zat-zat yang merusak tubuh, contohnya zat CO2 (zat carbondioksida).
  2. Keadaan tanah
    Tanah yang sehat adalah tanah yang baik untuk penanaman suatu tumbuhan, cepat menyerap air dan tidak tercemar oleh zat-zat logam berat.
 Keadaan kesehatan lingkungan di daerah Lebak bulus Cilandak – Jakarta selatan terbilang baik, karna di daerah ini jarang terjadi banjir bila terjadi curah hujan yang cukup deras. Di sekitar rumah saya pun alhamdulillah tak pernah terkena banjir, karna faktor lokasi daerah yang tinggi dan di setiap rumah memiliki kebun (tanaman - tanaman sehingga bila terjadinya hujan, air akan menyerap ke tanaman tersebut). Di daerah rumah saya pun kebersihan lingkungan nya terjaga dengan baik, mulai dari sampah, selokan - selokan. Selokan-selokan di sekitar rumah saya perairan yang mengalir sangat lancar, tidak ada sampah rumah tangga atau sampah lainnya yang sulit terurai, yang ada hanya dedaunan-dedaunan yang berguguran. Namun sampah dedaunan yang ada di selokan tersebut selalu di bersih kan setiap seminggu sekali. Bukan hanya selokan dan sampah nya saja yang terbilang baik, namun kondisi air di sini pun baik. Mulai dari kondidi fisik maupun kimiawinya, tidak pernah terjadi kekeringan atau pencemaran air yg mengakibatkan kondisi air menjadi buruk.
Di rumah saya sendiri pun berada dekat jalan raya dan kebisingan pun sedikit menganngu dari suara kendaraan bermotor dan bermobil yang melintas di jalan raya. Pada hari-hari awal masuk kerja seperti hari senin atau hari-hari menjelang weekend seperti jum’at dan sabtu volume kendaraan cukup banyak pada pagi dan sore harinya saja namun tidak sampai terjadi kmacetan. Pada hari- hari lain seperti selasa - kamis hanya padat merayap di pagi hari nya saja dan khususnya di hari minggu volume kendaraan sangat sedikit sekali, tidak sebanyak hari senin, jum’at dan sabtu. Meskipun dekat dengan jalan raya keadaan udara di sini terbilang cukup baik karna setiap rumah-rumah warga memiliki tanaman atau tumbuhan-tumbuhan hijau. Dan di depan rumah saya pun terdapat komplek yang bernama Bona Indah, di komplek tersebut terdapat jantungnya (taman), banyak sekali pohon-pohonan, mulai dari pohon buah, pohon hias, dll..
Karna di sekitar rumah saya rukun tetangganya sangat peduli dengan kesehatan lingkungan. Bagai mana tidak..? Setiap pagi hari di depan, belakang, kanan dan kiri rumah tetangga saya melakukan aktivitas bersih-bersih halaman rumah mereka sendiri, seperti menyapu halaman, menyiram tanaman, dll.. setiap pagi, saya pun selalu menyapu halaman dan menyiram tanaman–tanaman di halaman rumah saya. Membersihkan rumah, seperti menyapu, mengepel, membuang sampah, membersihkan debu- debu yang menempel pada barang–barang rumah tangga, jendela, dll. Karna sekarang ini musim pacaroba. Kegiatan tersebut terus meningkat, karena warga di lebak bulus ini sangat memperhatikan jenis penyakit yang akan menyerang bila lingkungan tidak bersih. Contohnya, bila lingkungan kita tidak bersih seperti banyak genangan air dan tumpukan-tumpukan sampah, maka akan menjadi habitat/ tempat tinggal berbagai macam mikroorganisme yang dapat menumbulkan bibit penyakit. Sebagai warga negara indonesia yang baik, kira harus memperdulikan lingkungan sekitar kita, agar tidak terjadi penyakit yang di akibatkan oleh mikroorganisme dan vector penyakit seperti, nyamuk, lalat, dll.. di lingkungan rumah saya sudah menerapkan cara 3M yaitu, Menguras, Menutup, Mengubur + Menyemprot.
Dan di sekitar rumah saya ada kegiatan setiap hari minggu kerja bakti untuk kebersihan lingkungan, seperti bergotong-royong membersihkan selokan, menanam tanaman-tanaman di kebun, mengurusi puing-puing yang masih berserakan, membersihkan sampah-sampah di daerah sekitar masjid, jalanan sekitar RT/RT, dll. Di sini pun di adakan lomba rumah sehat dan bersih pada perayaan HUT RI (request an nya pak RW). Kegiatan tersebut untuk membantu masyarakan di sekirat Lebak Bulus ini sadar akan pentingnya kesehatan lingkkungan dan menjadikan kegiatan tersebut sebagai simbol kekreatifan warga sekitar.
pasti setiap manusia ingin kan memiliki lingkungan yang sehat dan jauh dari berbagai penyakit...? ya tentu saja, karna manusia dan lingkungan sangat ada keterkaitannya dengan kesehatan. nah, maka dari itu kita harus peduli dengan keadaan lingkungan di sekitar kita, tak usah payah repot-repot untuk menyadarkan orang lain, sadarilah diri sendiri kita terlebih dahulu agar org lain yang bersama kita pun ikut menyadarinyaa..
Terimakasih sudah menyempatkan membaca blog ini. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr.Wb...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar