Jumat, 09 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-VannyaDwiNurlita:Tugas4 Penerapan Kesehatan Lingkungan di Rumah Sakit



Nama : Vannya Dwi Nurlita
Nim    : 130110025
Tugas : 4

Penerapan Kesehatan Lingkungan Klinik Atma Jaya
Kesehatan Lingkungan Menurut World Health Organisation (WHO)  adalah Suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia.”
Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) “Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.”
Jika disimpulkan Pengertian Kesehatan Lingkungan adalah “ Upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat.”
Sebelum saya meneliti ke Klinik Atma Jaya saya sudah meneliti ke Puskesmas Cisauk, namun dari pihak puskesmas tidak setuju untuk diteliti karena mereka bilang sudah diperiksa oleh Dinas Kesehatan akhirnya dirujuk ke klinik Atma Jaya.
Klinik Atma Jaya yang terletak di jln.raya cisauk lapan diresmikan oleh Prof. Dr. J. B. Kristiadi sebagai Ketua Yayasan Atma Jaya, pada tanggal 10 September 2011 dan klinik Atma Jaya mulai beroprasional pada tahun 2012. Adapun visi dari klinik Atma Jaya adalah :
1. jangka pendek : membina interaksi kepada masyarakat yang ada diwilayah sekitar.
2.  Jangka panjang : sebagai tempat pendidikan untuk mahasiswa Universitas Atma Jaya.
Jam operasional klinik Atma jaya adalah :
·         Senin – jumat : pukul 19.00 – 15.00 wib.
·         Sabtu : pukul 09.00 – 12.00 wib.
·         Minggu : Tutup


Sumber  Daya Manusia yang ada di Klinik Atma Jaya hanya sedikit dan pekerjaan mereka merangkap. Misalnya, satpam dan staf tugasnya tidak hanya menjalankan tugas mereka tetapi juga membersihkan kebun dan menerima pendaftaran. Disana terdapat 2 dokter dan 1 perawat dan pada setiap harinya pasien yang datang hanya sekitar 2-3 orang saja, sangat berbeda dengan klinik lain di klinik Atma Jaya hanya terdapat poli umum dan poli gigi saja, Di Klinik Atma Jaya tidak terdapat fasilitas penunjang medik, karena klinik tersebut sebenarnya beroperasional  untuk  para mahasiswa Atma Jaya sebagai  tempat  pendidikan, namun karena gedung universitas belum dibuat klinik Atma Jaya akhirnya dibuka  untuk umum supaya ada manfaatnya dan selain itu untuk membantu masalah penyakit ringan dan membantu warga untuk hidup lebih sehat. Di klinik Atma Jaya hanya ada pemeriksaan HB dan Gula Darah. karena dari informasi yang kami dapatkan klinik tersebut hanya melayani pada fasilitas umum dan gigi saja.
Fasilitas yang ada di Klinik Atma Jaya :
1.       1 dapur
2.       2 kamar mandi
3.       Ruang arsip dilantai 2
4.       1 ruang untuk staf
5.       Ruang pemeriksaan dokter
6.       Poli umum
7.       Poli gigi 

Di Klinik Atma Jaya saya hanya menemukan untuk pengolahan limbah cair saja karena minimnya perawatan dan poli yang ada di klinik tersebut. Pengolahan limbah cair di Klinik Atma Jaya mempunyai IPAL tersendiri, letaknya terdapat dibelakang klinik. Sudah di cek dari DinKes tigaraksa secara periodik. Untuk limbah padat rumah tangga di Abudemen oleh pengangkut sampah dari BSD dan untuk limbah padat medik dikumpulkan lalu dibawa ke RS.Atma Jaya yang terdapat di Jakarta Utara karena disana terdapat insenerator namun karena lokasinya yang sangat jauh Klinik ini akhirnya bekerja sama dengan puskesmas terdekat untuk membawa limbah padat medik. Untuk kebersihan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) klinik Atma Jaya sudah mengantongi sertifikat kebersihannya. 








Kebersihan di klinik Atma Jaya sangatlah bersih mulai dari tempat pendaftaran, ruang pemeriksaan, ruang dokter, dan ruang staf, serta toilet dan dapurnya. Jika di skalakan 1-10 Kebersihan di Klinik Atma Jaya kami beri nilai 9.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar