Rabu, 07 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-HabibatulAawwaliyah:Tugas1 Lingkungan Sekitarku

Nama      : Habibatul Awwaliyah
Prodi       : FKM Semester 3
TUGAS 1

Lingkungan Sekitarku.....

Ini lingkunganku mana Lingkunganmu…..
Assalamu’alaikum…
Sahabat ku semua dimanapun kau berada, salam hangat untuk kita semua,,,
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa…amiinnn
Rasa syukur ku panjatkan untuk Tuhan yang Maha Esa yang sampai sekarang masih memberikan kita umur panjang,serta nikmat sehat sehingga kita masih bisa melihat pemandangan yang indah,melihat langit yang cerah,mendengar suara ayam yang berkokok dipagi hari,dan bisa menceritakan lingkungan disekitar kita hingga saat ini.
Tak lupa pula sholawat serta salam kita curahkan kepada Baginda Nabi Besar kita Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari zaman yang kita tentunya belum mengenal apa saja sampai zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.
Pertama – tama saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang ter amat sangat khususnya untuk kedua orang tua saya yang telah mencurahkan seluruh tenaganya untuk menyekolahkan saya sampai sekarang ini saya bisa belajar dan melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi swasta STIKES BANTEN,dan tak lupa juga saya ucapkan kepada Dosen mata kuliah KESLING yaitu Ibu Dwi, yang telah memberikan banyak pengetahuan dan pengajaran selama perkuliahan semester 3 ini dan telah mengajarkan kami agar bisa mandiri dalam mengerjakan tugas dan melatih kami untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitar dimanapun kami berada,karena itu kelak akan berguna nantinya di masa yang akan datang.
Waktu terus berputar begitupun kehidupan layaknya seperti waktu yang selalu berputar adakala nya kita di atas dan adakala nya kita dibawah,ada kalanya kita di ajarkan dan adakala nya kita mengajarkan adakala nya di ceritakan dan adakala nya kita menceritakan.
Teman – temanku semua pada hari ini tepat nya pada hari Minggu Tanggal 07 Desember 2014, disini saya akan menulis sekaligus menceritakan tentang cerita hidupku dan menceritakan lingkungan di sekitar ku selama 19 tahun lamanya aku hidup di dunia ini.
Perkenalkan nama saya Habibatul Awwaliyah,saya lahir di Tangerang pada hari minggu tanggal 08 0oktober 1995 di sebuah rumah sakit bersalin harapan ibu, saya bertempat tinggal di Jln. Raya Padjajaran Kp. Dumpit Rt 02/07 Kel. Gandasari Kec. Jatiuwung  Kota Tangerang-Banten. Saya lahir dari seorang ibu yang bernama Ibu Juriah,dan bapak saya bernama bpk. H.Enda Juanda Djamsari. Pekerjaan ibu saya adalah seorang wirausahawan yang mempunya sebuah usaha  makanan yang menjual sop iga sapi dan soto mie bogor yang bernama kedai soto pak haji,sedangkan pekerjaan bpk saya adalah seorang guru di yayasan miftahul khair. Saya anak pertama dari dua bersaudara,saya pun mempunyai adik perempuan yang bernama Fitri Al-Amalia sekarang usianya sudah 16 tahun dan duduk di bangku sekolah menengah atas.
Sekarang saya akan menceritakan ketika sekolah berada disekolah dasar,saya sekolah di SDN JATAKE 04 yang beralamat di jl.cikoneng girang yang bertempat disamping kelurahan manis jaya, saya sekolah jauh dengan rumah saya,sewaktu saya sd saya tidak pernah main dengan tetangga saya,setiap saya pulang sekolah saya langsung pulang kerumah dan saya paling berteman dengan teman teman di sekolah saya,dan saya mempunyai 5 sahabat baik yang bernama pipit suhaeni,ike purnama wati,ratih sekar tanjung,nikmah putrid yuliani dan zhalisha nurhalizah. Di lingkungan sekolah saya ketika saya masih sekolah sd lingkungannya masih bersih dan dibelakang sekolah saya terdapat taman yang rindang,jadi ketika jam jam istirahat kami bisa bermain ditaman tersebut,untuk kebersihan kelas nya pun terjaga dan tidak di adakan jadwal piket untuk siswa tetapi hanya dibersihkan oleh cleaning service yang terdiri dari 2 orang petugas kebersihan,sedangkan untuk kebersihan makanan,kebersihan makanan di kantin pun sudah cukup terjaga dan baik dan kalau makanan jajanan diluar cukup tidak sehat,karena dari pihak sekolah pun tidak bisa melarang untuk tidak berjualan didepan sekolah,dari pihak sekolah pun sempat memperingati para penjual agar menjaga kebersihan makanannya tetapi tetap saja para pedangan itu kurang menjaga kebersihan makanannya. Disekolah saya pun ada tempat beribadahnya yaitu mushola dan mushola itu selalu bersih dan terawatt dan mukena serta sajadahnya pun satu minggu sekali selalu di laundry,kebersihan toiletnya juga selalu terjaga kebersihannya,di sekolahku juga walaupun yang membersihkan kelas dan seluruh ruangan digedung sekolah itu yang membersihkan petugas kebersihan,tetapi setiap satu minggu sekali yaitu pada hari sabtu setelah eskul kami para murid mengadakan kerja bakti mulai dari membersihkan kelas sampai membersihkan taman di sekolah kami.
Lingkukngan rumah saya ketika saya SD itu sangat jauh berbeda sekali seperrti sekarang ini,dulu masih ada pepohonan seperti pohon kelapa,pohon jambu,pohon ceremai,pohon mangga dll,sehingga apabila musim panas tiba udaranya tidak terlalu panas karena masih banyak pohon,tetapi kalau sekarang sudah tidak ada pohonnya karena sudah ditebang semua.
Sekian cerita ku di masa Sekolah Dasar…
Lanjut cerita Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yuuukkkkksssss……        
Allah begitu sangat baik loh kawan karena allah masih memberikan umur padaku ketika usiaku berumur 12 tahun allah masih memberikan nikmat yang begitu luar biasa sehingga aku masih diberikan nikmat sehat dan masih memberikan rezeki kepada orang tua ku untuk menyekolahkan ku. Ketika kelas 6 SD setelah ujian aku mengikuti tes di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyyah, disana adalah pondok pesantren modern yang mendalami ilmu agama,bahasa,kitab kuning dan juga Al-Qur’an,dan untuk sekolah SMP nya disana terdapat SMPIT yang mendalami ilmu umum dan ilmu pengetahuan agama,setelah aku mengikuti tes dan Alhamdulillah allah memberikan ku kesempatan untuk mendalami ilmu agama di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyyah dan sekolah di SMPIT Al-Qur’aniyyah. Nah sekarang aku ingin bercerita dari mulai sejarah sampai kesling di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyyah.
Sejarah Pondok Pesantren Al- Qu’raniyyah
Sobron adalah sebutan masa kecil dari Pimpinan / Pengasuh YPI Al-Qur'aniyyah, yang sekarang biasa dikenal Drs. KH. M Sobron Zayyan,MA. di usia kecilnya beliau tidak pernah membayangkan akan memiliki sebuah lembaga pendidikan Islam seperti Al-qur'aniyyah ini, beliau hanya bercita-cita, atau mengandai-andai " kepingin rasanya ada musholah di samping rumah" biar kalau sholat bisa jama'ah terus...! ternyata kebesaran Allah sungguh nyata, berkat keberkahan ilmu yang beliau miliki karna ke ta'dzimannya kepada semua guru-guru nya membuat gurunya ridho akan ilmu yang telah diberikan kepada beliau. akhirnya satu demi satu orang-orang berdatangan untuk belajar Al-Qur'an, di usia SMA beliau sudah mulai eksis di dunia Al-Qur'an, bukan hanya anak kecil yang beliau ajarkan, bahakan para remaja dan kaum bapak pun di ajarinya, masyarakat sudah mengakui, ke fashihan baca'an al-qur'an yang dilantunkan dengan suaranya yang merdu. dan akhirnya pada tahun 1991 beliau di berangkatkan oleh pemerintah ke Makkatul Mukarromah untuk menunaikan ibadah haji karna menjuari Musbaqoh Pada waktu itu.
berkat kegigihannya beliau dapat merintis dari Nol, sebuah lembaga pendidikan Islam yang bernama Al-Qur'aniyyah, tentunya beliaupun tak lepas dari dukukungan masyarakat atau tokoh masyarakat waktu itu, beliau selalu bermusyawarah bagaimana Al-Qur'aniyyah bisa jadi Pondok Pesantren Besar nantinya, dan alhamdulillah saat ini telah berdiri Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu ( SMP IT ) Al-Qur'aniyyah sejak tahun 2005, dan di lanjutkan dengan SMA IT Al-QUr'aniyyah tahun 2007. dan kini sedang di bangun lokal untuk TK ISLAM, mohon do'a restu dan abntuannya agar Al-Qur'aniyyah bisa mencetus pemuda yang berakhalq Qur'ani, dan berwawasan intelektual.
Lingkungan di pondok pesantren al-qur’niyyah itu selalu terjaga kebersihannya akan tetapi bangunan bangunannya belum semuanya tertata dengan rapih, dikarenakan posisi pondok pesantren al-qur’aniyyah itu masih berada dilingkungan rumah rumah warga sehingga bangunan bangunan yang ada masih tersekat dan terpisah tidak berada dalam satu komplek. Namun pondok pesantren al-qur’aniyyah ini dari segi posisi dan letak wilayah iitu sangat strategis dikarenakana berada di pinggir jalan utama sehingga mudah dijangkau baik dari kendaraan roda dua maupun roda empat.
Perlu diketahui bahwa kebersihan di asrama putri pondok pesantren Al-qu’raniyyah terbilang cukup bersih dan tercontrol karena memang mereka memiliki organisasi yang diberi nama OSPA (organisasi santri pondok pesantren al-qu’raniyyah) dimana mereka memang diberi tugas untuk mengontrol dan menjaga seluruh kegiatan di pondok pesantren al-qur’aniyyah. Selain kebersihan di asrama putri juga terdapat asrama yang dikhususkan untuk santri putra dimana kondisi kebersihan kamarnya pun tidak jauh berbeda dengan santri putri karena memang santri putra pu memiliki organsisasi yang juga ikut andil dalam kebersihan dan menjaga lingkungan serta kegiatan kegiatan yang ada di pondok pesantren al-qur’aniyyah.
Di pondok pesantren al-qur’aniyyah juga memiliki satu bangunan dapur khusus yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para santrinya berupa dapur untuk kegiatan masak memasak, jadwal makan untuk para santri itu pagi, siang, dan sore. Dengan menu makan yang berfariasi contohnya seperti pagi nasi goreng untuk sarapan pagi, sayur asem dan ikan teri itu untuk menu  makan siangnya, sayur sop dan tahu tempe itu menu untuk sore hari. Dan untuk pembelian bahan baku itu dibeli di pasar lembang yang tidak jauh lokasinya dari pondok pesantren al-qur’aniyyah, dan ada karyawan khusus yang ditugaskan untuk berbelanja bahan baku makanan,dan untuk petugas yang memasak itu terdiri dari 3 orang dan sistem kerjanya tidak memakai shift dan mereka mulai bekerja dari pukul 05:00 sampai dengan 17:00.
Untuk kebersihan sekolah dan lingkungan sekitar pondok pesantren al-qur’aniyyah itu juga bersih dan dapat terjaga dengan rapih karena dikerjakan oleh karyawan khusus tidak mengikut sertakan santri dan dikerjakan oleh petugas kebersihan yang selalu stand by di tempat dengan petugas yang berjumlah 7 orang. Adapun kebersihan kebersihan lainnya yang harus dibersihkan contohnya seperti membersihkan kamar mandi umum untuk yang membersihkannya pun ada petugas khususnya yaitu berjumlah sebanyak 2 orang karena kebersihan kamar mandi pun harus tetap terjaga tentunya.
Kemudian untuk kebersihan disekitar pondok karena pondok pesantren al qur’aniyyah letaknya dengan rumah rumah warga jadi untuk masalah kebersihan pun harus sangat diperhatikan sekali karena itu akan berdampak baik dan buruk untuk pesantren dan santri santrinya tersebut,untuk lingkungan sekitar pondok Alhamdulillah baik dari segi kebersihannya warga sangat menjaga sekali kebersihan disekitar pondok tidak ada yang warga pribumi yang iseng seenaknya saja untuk membuang sampah sembarangan karena sudah ada petugas sampah yang selalu rutin membuang sampah sampah warga dari rumah kerumah dan akan dibuang kembali ke tempat pembuangan akhir sampah dan dari tempat pembuangan akhir sampah akan di angkut oleh mobil bak sampah yang besar dari dinas kebersihan kota tangerang selatan. Dan dulu memang di belakang pondok pesantren al qur’aniyyah sering sekali terjadi banjir pada musim hujan karena selokan airnya kecil dan waktu dulu masih banyak warga pendatang jadi warga pendatang suka membuang sampah sembaranngan di selokan air nah itu yang menjadi penyebab mengapa terjadinya banjir. Kemudian untuk suhu udara di dalam asrama pun tidak lembab dan banyak lubang lubang jendelanya tetapi memakai saringan jendela agar serangga seranga tidak mudah masuk,dan apabila ada baju baju kotor di dalam kamar santri putrid itu tidak boleh ditaro sembarangan dan tidak boleh ditaro di sudut sudut dinding karena mencegah bersarangnya nyamuk nyamuk yang nantinya akan menimbulkan penyakit. Dan untuk kamar mandi pun setiap mahari ada jadwal piketnya wajib harus membersihkan kamar mandi karena agar kamar mandi selalu bersih dan lantainya tidak licin sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi orang lain maupun diri sendiri, dan untuk makanan selain santri mendapatkan makanan dari dapur umum di pondok pesantren al-qur’aniyyah juga mempunyai kantin untuk santri santtri jika sedang bosan dengan makanan di dapur dan harganya pun sangat terjangkau untuk santri santri serta makanan nya pun makanan yang sudah di uji standar kebersihannya,dan di pondok pesantren al-qur’aniyah pun mempunyai koperasi yang memjual per;engkapan snatri seperti perlengkapan mandi,alat tulis,dan lain sebagainya dan ada juga makanan makanan ringan seperti makanan makanan yang ada di indomaret ataupun di alfamart. Kemudian untuk standar lampu juga Alhamdulillah di al-qur’aniyyah standar lampunya sudah memenuhi syarat,dan jarang sekali mati lampu dan apabila jika ada lampu yang tiba tiba mati itu sudah ada maintanace khusus dari dalam pondok pesantren al-qur’aniyyah. 
Masa-masa SMA …
Ketika SMA saya masih lanjut sekolah di SMAIT Al-Qur’aniyyah kawan…dan cerita lingkungannya pun masih tetap sama dengan masa masa SMP hanya bedanya bangunannya lebih banyak dan bertambahnya institute, serta kegiatannya pun lebih lengkap dari sebelumnya, dan kebersihannya pun lebih ditingkatkan lagi. Masa-masa paling indah yaitu ketika kelas 3 SMA karena disitulah aku dan teman teman mulai dag dig dug deeeerrrrr karena mau menghadapi ujian nasional dan  setelah melaksanakan ujian nasional dipondok aku ada yang namanya PKL guna sebelum  kami semua pulang kerumah setidaknya sudah ada bekal ilmu yang akan kami amalkan kepada masyarakat dan keluarga.
Waktu semakin dekat dan tibalah saat aku dan teman teman semua pergi untuk mengamalkan ilmu kami selama 6 tahun belajar ilmu agama di pondok pesantren,kelompok pkl ku kebagian tempat mengabdi dikampung pladen,disana masyarakatnya sangat ramah ramah sekali dan udara disana sangatlah sejuk serta disana pun lingkungannya terjaga kebersihannya. Disana kami disambut baik oleh warga sekitar dan warga disana pun membantu kami untuk mengajar sekaligus mengajar.
Tak terasa sekarang usiaku sudah 19 tahun dan ketika usiaku 17 jalan 18 aku sudah kuliah di STIKES BANTEN dan sekarang aku sudah semester 3. Allah memang sangat baik kawan sehingga sampai saat ini aku masih bisa menikmati dunia pendidikan,sekarang aku sudah tidak tinggal dipondok pesantren lagi kawan dan sekarang aku sudah tinggal dirumah,aku juga tidak kost aku lebih memilih pulang pergi dari kampus kerumah dari rumah kekampus. Lingkungan rumahku sekarang sangatlah beda jauh kawan ketika masaku kecil dan ketika aku besar,pertama lebih banyak polusi udara,untuk sampah Alhamdulillah masyarakat sudah menyadari bahwa jika membuang sampah sembarangan itu akan menimbulkan banjir dan menimbulkan penyakit dan juga Alhamdulillah di lingkungan saya ada petugas yang rutin mengangkat sampah sampah dari rumah rumah warga jadi para ibu dan warga tidak ragu lagi harus membuang sampah dimana dan warga pun hanya memberikan iuran sampah perbulan untuk membayar petugas sampah tersebut,sedangkan untuk sampah seperti plastic itu selalu dipisahkan oleh ibu ibu karena akan berguna untuk didaur ulang dan masih bisa digunakan untuk membuat tas,dan kotak pensil,untuk yang mengolah sampah plastic itu sendiri yang mengelola adalah ibu ibu pkk kelurahan gandasari. Dilingkungan rumahku juga selalu rutin di adakan pemyemprotan nyamuk (voging) untuk mencegah terjadinya dbd dan untuk mencegah datangnya nyamuk dbd,di lingkungan ku juga setiap minggu warga setempat selalu rutin bekerja bakti untuk membersihkan kampong agar kebersihannya tetap terjaga, dikampungku adalah lingkungan pabrik dan sebagian warga nya pun adalah warga pendatang sehingga ketika hari raya tiba di kampungku sepi,dan sebagian warga pribumi dan warga pendatang menjadi buruh pabrik dan wirausahawan.
Sekian ceritaku…..
Terima Kasih.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar