Selasa, 06 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-Qisty Choerunisai:Tugas1 Lingkungan Sekitarku



Nama               : Qisty Choerunisa
Semester          : III (Tiga)
NIM                : 130310004

KESEHATAN LINGKUNGAN
            Saya akan menjelaskan kesehatan lingkukan yang berada disekitar rumah saya. Mulai dari saya lahir sudah tinggal dipamulang tempat dimana saya tinggal bersama keluarga hingga sekarang ini berumur 19 tahun. lingkungan dirumah saya cukup bersih mulai dari jalanan jarang ada sampah bergeletakan, mungkin karena disini banyak tempat pembuangan sampah dan orang-orang sekitar rumah rajin membersihkan halaman, dibagian depan rumah ada rumput-rumput yang sudah cukup banyak yang kering kadang orang ada yang dengan sembarangannya membuang sampah dirumput itu, dibagian samping rumah juga ada pepohonan tetapi dipagerin supaya tidak ada yang membuang sambah sembarangan tapi tetap aja ada orang yang masih membuang sampah disekitar itu, lalu kemudian disamping ada kontrakan yang cukup jorok sih kalau menurut saya karena ada yang berjualan roti yang penjualnya laki-laki kebersihannya kurang dijaga apa lagi masih banyak kotoran yang masih bergeletakan didepan rumahnya. Ada beberapa rumah atau komplek yang jaraknya tidak jauh dari rumah saya itu sering terkena banjir, dari saya kecil sampai sekarang ini Alhamdulillah disekitar rumah belum pernah terkena banjir mungkin karena dataran rumah saya lebih tinggi dibanding komplek disana, ukuran paling tinggi banjir sekitar 1 meter biasanya kalau sudah musim hujan warga sekitar sana panik, cukup perihatin melihat kejadian tersebut apa lagi kalau saya lagi berkendara lewat komplek tsb lalu mobil dan motor muter balik karena banjir tidak bisa lewat. Disekitar rumah juga setiap seminggu sekali mengadakan bakti sosial waktu saya masih duduk dibangku SMA tapi untuk sekarang jarang sekali ada yang gotong royong membersihkan halaman rumah mungkin juga karena kesibukan warga semakin meningkat, jadi mulai sekarang membersihkan halamannya dilakukan secara individu, adanya tanaman didepan rumah, saya suka membersihkan rumput-rumput agar terlihat selalu bersih dan enak dipandang orang lain karena posisinya didepan rumah, setiap sore selalu menyirami rumput agar tidak layu dan terlihat lebih segar.
Di daerah rumah untuk sekarang lebih banyak membangun rumah dibandingkan penghijauan tanaman itu juga berpengaruh sebenarnya dalam global warming terlalu banyak perumahan sehingga rumah semakin menumpuk dan penghijauan disekitar sini semakin dikit. Adanya musim kemarau pasti semakin panas karena jarangnya ada tumbuhan disekitar rumah, sebenarnya saya mau protes kenapa selalu rumah yang dibikin? Apakah orang-orang sini tidak memikirkan penumpukan rumah akan berakibat buruk? Disekitar rumah juga diadakan penyemprotan nyamuk DBD selagi ada yang terkena penyakit DBD besokannya semua rumah disemprot sampai dibagian selogan,got,dll adapun bubuk untuk bak mandi dikasih secara gratis agar nyamuk tidak bersarang dibak, mengubur barang-barang bekas (tidak terpakai) juga untuk mengantisipasi penyakit DBD, lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan?
            Didalam rumah saya tidak terlalu berantakan karena setiap hari selalu dibersihkan karena mempunyai pembantu jadi pekerjaan juga cukup meringankan beban, masih banyak barang-barang yang numpuk tidak terpakai, barang bekas tapi belum dibuang itu juga bisa jadi sarang nyamuk, biasanya kalau lagi tidak ada pembantu pekerjaan rumah dikerjakan secara individu dibagi rata sama mamah kebetulan saya anak perempuan satu satunya jadi mau tidak mau hanya saya yang bisa membantu orang tua saya, karena abang sudah kerja dan yang paling besar sudah menikah jadi kalau bukan saya siapa lagi. Pekerjaan rumah dibagi rata mamah mencuci baju, gosok, membersihkan kamar mandi, sedangkan saya membereskan tempat tidur sudah pasti, mencuci piring, ngepel nyapu. Kadang juga dilakuin bareng-bareng.  Dibelakang rumah saya terdapat banyak hewan yang dipelihara oleh papah saya mulai dari burung, ikan, ayam, kura-kura bahkan kucing. Berbagai macam jenis burung yang selalu diberi makanan setiap hari tetapi lingkungan belakang rumah saya suka berantakan karena adanya gudang kadang juga  tercium bau yang kurang enak mungkin karena terlalu banyak hewan tetapi kalau lagi libur kerja papah saya selalu membersihkan kandang menghindari penyakit juga karena kebanyakan hewan yang dipelihara saya juga suka memberikan makanan, kenapa semua ditaruh dibelakang rumah? Karena bagian belakang rumah saya cukup besar dan luas ada kolam ikannya juga minimal belakang rumah dibersihkan sebulan sekali agar terhindarnya kita dari penyakit-penyakit. Adapun hewan yang sakit atau mati segera ditangani, karena setiap hari mamah selalu ngecek keadaan belakang rumah, ada beberapa tanaman juga ditanam dibelakang dan depan rumah saya karena mamah suka bercocok tanam maka dari itu agar rumah terlihat lebih rapih dan ada hiasan. Untuk bagian atas lemari biasanya sering adanya kotoran itu dibersihkan kira-kira seminggu sekali itu kalau rutinnya kalau tidak rutin sebulan 2 kali berpengaruh juga sama pernafasan lebih baik debu-debu yang bersarang seperti dibagian jendela kamar dan bagian jendela rumah juga harus rutin dibersihkan, setiap pagi jendela harus terbuka agar udara pagi yang ada diluar bisa masuk dan bagus untuk pernafasan.
            Kesehatan sebagian dari iman maka dari itu jagalah kesehatan diri sendiri pola makan dijaga setiap hari mamah selalu masak makanan 4sehat 5 sempurna kadang ada yang makan kadang juga gak ada yang makan, kalau abang lebih sering makan diluar padahal makanan yang ada diluar belum tentu sehat pasti banyak pengawet lebih baik makan dirumah karena makanannya alami, sehat, terhindar dari pengawet. Bagian rumah biasanya ada gantungan baju sebaiknya baju kotor harus cepat dicuci karena kalau baju numpuk yang ada bisa menjadi sarang nyamuk, sekiranya masih bersih digantung jangan terlalu banyak maksimal 3 baju agar nyamuk tidak bersarang dibelakang baju, bagian bak mandi harus dikuras sesekalinya bak sudah terlihat kotor agar dibersihkan menghindari jentik-jentik nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar