Rabu, 07 Januari 2015

S1-Kesmas-2014-Desi Fety Sari : Tugas 3 Serba Serbi Kesehatan Lingkungan



Saya mahasiswa program studi S1 Kesehatan Masyarakat disalah satu perguruan tinggi swasta di kota tangerang selatan, yaitu kampus sekolah tinggi ilmu kesehatan banten ( STIkes Banten) atau yang biasa disebut dengan STIKBA. STIKes Banten terletak di serpong tepatnya di kelurahan Rawabuntu, kecamatan Serpong atau lebih tepatnya lagi disamping stasiun kereta api rawabuntu.
Visi STIkes Banten :
Pada tahun 2018 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten akan menjadi Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan yang unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan tenaga kesehatan yang mampu berkompetensi, siap pakai, berwawasan global dan berkemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
Misi STIkes Banten :
1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi calon tenaga kesehatan pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan yang mampu berkompetensi di era perdagangan bebas dunia
2.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kesehatan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja
3.      Menyelenggarakan pendiddikan dan pengajaran yang mampu menciptakan tenaga kesehatan yang berwawasan global
4.      Mengembangkan dan mengaplikasikan pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi

STIKes Banten sudah berdiri sejak tahun 2003. Dan STIKes Banten ini memiliki 3 program studi, yaitu: S1 Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat & D3 Manajemen Rumah Sakit, dan D3 Kebidanan. STIKes Banten mempunyai  1 gedung yang terdiri dari 5 lantai. Gedung kampus STIKes Banten  yang sekarang dipakai termasuk gedung baru. Baiklah saya langsung to the point aja ya...
Salah satu aspek yang paling penting bagi kenyamanan proses belajar mengajar yaitu kebersihan , Banyak ahli mengatakan bahwa kenyamanan suasana saat kita belajar sangat menunjang ilmu yang kita dapatkan. Kenyamanan ini bisa berupa ketenangan (tidak bising), keindahan, dan kebersihan tempat belajar.
a.       Kebersihan Lingkungan Kampus
Kebersihan lingkungan merupakan faktor utama kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila lingkungan kampus tidak bersih, maka segala aktifitas tidak akan berjalan dengan baik. Kampus merupakan tempat untuk sarana belajar mengajar, maka kampus tersebut haruslah bersih supaya para mahasiswa dan dosen merasa nyaman untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk kebersihan lingkungan di STIKes Banten sudah lumayan bersih, cleaning service yang ada dikampus selalu membersihkannya ketika pagi, siang dan sore. Tapi ada kalanya ketika angin berhembus kencang halaman kampus pun menjadi kotor karena daun - daun yang mulai berjatuhan.

b.      Kebersihan Kantin
Kantin kampus adalah  tempat dimana para mahasiswa beristirahat. Tempat ini merupakan kumpulan dari warung yang menjual makanan dan minuman yang sangat beragam jenisnya.
Disaat menunggu kelas maupun beristirahat, kebanyakan mahasiswa  mengunjungi  kantin untuk memenuhi  kebutuhannya seperti makan siang  atau bahkan sarapan. Mengingat betapa pentingnnya peranan kantin, mahasiswa sangat mengharapkan kantin yang baik dan sesuai standar. Untuk memenuhi standar tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. diantaranya adalah kantin kampus hendaknya didirikan bukan untuk keuntungan kampus semata namun untuk keuntungan bersama. Pelayanan dan penyajiannya diharapkan memadai dan cepat mengingat singkatnya waktu istirahat mahasiswa. Untuk kebersihan kantin kampus STIKes Banten, masih jauh dari harapan kebersihan yang maksimal. Karena kantinnya masih kotor, tempatnya juga tidak begitu nyaman. Meja dan bangku yang masih sangat terbatas. Untuk kualitas makanan dan kebersihannya menurut saya masih kurang.
  
c.       Kebersihan Ruangan
Kenyamanan dan kebersihan ruang kuliah sangat berperan penting bagi kelangsungan belajar mengajar. Ruangan di STIkes banten sudah memadai, ada fasilitas AC, Infocus dan Papan tulis yang masih bagus. hanya saja terkadang ketika ada mata kuliah, bangku di dalam ruangan ada yang kurang sehingga kita harus mencari bangku di ruangan lain. Lalu membawanya keruangan yang kita pakai. Banyak juga bangku yang sudah cacat masih berada di ruangan. Untuk kebersihannya sudah bersih. Tapi saat proses belajar sudah selesai ruangan pasti kotor dan berantakan lagi. Hal –hal yang seharusnya menjadi hak mahasiswa sebaiknya perlu diperhatikan.

d.      Parkiran
Di STIKes Banten menurut saya tempat parkirnya masih kurang strategis. Ketika hujan masih sering kebanjiran di Area Parkirnya. Walaupun parkirnya sudah diatur sama petugas parkir, tetapi masih terlihat berantakan, parkirannya masih berceceran dimana-mana tapi mungkin ini wajar karena keadaan kampus yang mempunyai halaman tidak luas.

e.       Toilet
Toilet di kampus STIKes Banten menurut saya kurang terjaga dan terawat. Walaupun Cleaning Service selalu membersihkannya. Toilet masih terlihat bau dan kotor ini bukan karena cleaning service yang tidak bisa mebersihkannya. Tetapi karena para mahasiswanya lah yang kesadarannya masih kurang dalam menjaga kebersihan itu sehingga toilet terasa tidak nyaman untuk digunakan. Terkadang airnya juga mati.


f.       Musholla
Musholla di STIKes Banten masih sangat jauh dari sempurna. Di STIKes Banten mushollanya sederhana hanya bangunan sepetak dan terlihat sangat sempit. Seharusnya STIKes Banten bisa membangun musholla yang lebih bagus. Dari tempat wudhu juga masih terlihat becek, mukena juga masih berantakan.
Kesimpulan
Dari beberapa uraian yang telah dibahas sebelumnya dapat kita simpulkan bahwa seluruh keluarga kampus harus turut ambil dalam meningkatkan kebersihan lingkungan agar tercapainya suasana yang nyaman dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan setiap hari. Khusunya para mahasiswa harus selalu menjaga dan melaksanakan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kampus.

1 komentar: