Senin, 05 Januari 2015

D3-SEKMED-2014-INTAN PARAMITHA: TUGAS 1 LINGKUNGAN SEKITARKU



NAMA: INTAN  PARAMITHA
FKM SEMESTER III
TUGAS KESEHATAN LINGKUNGAN


Puji serta syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan Rahmat-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Standar Mutu Rawat Inap” untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Rawat Inap.
Kami mengucapkan terimakasih kepada dosen yang telah memberikan tugas ini sehingga kami dapat mengerjakan tugas kelompok ini dengan baik dan tepat waktu.
Tugas ini masih jauh dari sempurna, sehingga kami dapat menerima kritik dan saran yang akan diberikan. Kami berharap kiranya makalah ini dapat bermanfaat untuk pengetahuan bagi kami semua.
1.      Kesehatan Lingkungan di rumah
Sebelum kita ke pembahasan apahakah kalian tahu tentang pengertian kebersihan lingkungan ?
Apakah kebersihan lingkungan itu ? apa manfaat kebersihan lingkungan utnuk kita ?
Kebersihan lingkungan yaitu merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.
Di agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencangkup kebersihan makan, kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman.
Itulah sekilas tentang kebersihan ingkungan.

Manfaat kebersihan lingkungan untuk kita antara lain  :
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
    Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita

Aku anak ke dua dari dua bersaudara, dari pasangan yang sangat bahagia, ayah ku bernama Muhasan biasa di panggil koh acang karna ayahku dulunya cina kemudian masuk islam, dan perkenalkan bidadari yang tak terlihat sayapnya ibu  Nawiyah ibu yang sangat aku sayangi. Dan tak ketinggalan juga kakak pertama ku wiwi irawan orang yang paling menyebalkan di dunia ini, dan perkenalkan nama ku intan paramitha .
11 juli tahun 1995 aku di lahirkan, di sebuah desa yang beralamatkan di kp perigi ds.lengkong wetan kelurahan Serpong tangerang.
Desa ku tidak jauh dari perkotaan, desa yg sangat sejuk udaranya saat di pagi hari , dan penuh dengan pepohonan seperti pohon pisang, rambutan papaya, melinjo, pohon mangga dan lain- lain.  begitu pada musimnya buahnya sangat melimpah ruah  jalan yang masih asli  belum ada perbaikan jalan seperti di komblok, hewan ternak masih banyak sekali seperti kambing, ayam, kelinci, marmut banyak lagi lainnya, rumah ku sendiri bertepatan di Rt10/05 No.15 Ds lengkong wetan, senyaman nyamannya tempat, tempat ternyaman adalah rumah.
            Air di rumah ku sangat jernih dan tidak berbau karena masih menggunakan galian sumur alami, dan sangat dingin airnya. Di gunakan untuk mandi dan aktifitas sehari hari bisa untuk diminum juga .jarak sumur dengan septitang sangat jauh sekitar 20 meter dari sumur galian.
Jadi air sumur yang di pakai tidak ternyemar karna rembasan saptiteng seharusnya jarak yg benar antara sumur dan saptiteng adalah sumber kontaminasi yang berupa tinja manusia yang ditempatkan dalam lubang yang menembus permukaan air tanah. Sampel positif organisme coliform didapatkan pada jarak 4 sampai 6 m dari sumber kontaminasi. Daerah kontaminasi melebar ke luar sampai kira-kira 2 m pada titik yang berjarak sekitar 5 m dari jamban dan menyempit pada kira-kira 11 m. Kontaminasi tidak bergerak melawan arah aliran air tanah. Setelah beberapa bulan, tanah sekitar jamban akan mengalami penyumbatan (clogging), dan sampel yang positif dapat diperoleh hanya pada jarak 2-3 m dari lubang. Dengan kata lain, daerah kontaminasi tanah telah menyempit. Pola pencemaran secara kimiawi sama bentuknya dengan pencemaran bakteriologis, hanya jarak jangkaunya lebih jauh. (Pada penelitian yang dilakukan oleh Gotaas, dkk dalam Soeparman (2002))
Air tersebut juga bisa di gunakan untuk menyiram tumbuhan karna air tersebut tidak mengandung zat berbahaya.
 Kemuadian sampai limbah rumah tangga di lingkungna ku di bakar tidak ada petugas kebersihan yang mengambil sampai ke rumah. Agar sampah tidak tertimbun setiap pembuamgan sampah langsung di bakar. Bersamaan kotoran kambing , agar kotoran kambing dan abu sampah menyatu agar bagus untuk di jadikan pupuk. Ketebetulan ayah ku memelihara beberapa kambing, jadi kotoran kambing di maafkan oleh ayahku untuk pupuk kandang.
Rumahku masih jauh dari keramain jalan suasana masih asli dan sejuk belum terkena polusi karna bnayknya kendaraan, suana ssejuk di pagi hari dan suana dingin di malam hari, Itulah tempat tinggalku.
            Dan tidak jauh juga jarak dari rumah ku ke persawahan, walaupun ayah dan ibu tidak memiliki sawah tapi pada saat musim tani au senang sekali ikut paman ke sawah, aku ikut paman ke sawah bukan  ingin membantu paman di sawah melainkan aku ingin bermain lumpur dan menangkap ikan di perairan sawah, sungguh sesuatu yang sangat menyenangkan.
Riwayat pendidikan:
·         Aku sekolah  dasar di SDN lengkong wetan II sekolah yang sangat di penuhi pohon pohon dan di kelilingi  sawah sekitar 10 tahun yang lalu, beda sekali dengan sekarang .
Sekarang sekolahnya sudah bagus sekali fasilitas mulai lengkap dan gedung bangunan sudah di perbaiki dengan baik tempat sampah sudah ada di setiap lingkungan dan saluran irigasi air hujan sudah bagus, tidak seperti pada jaman aku sekolah atap di kelas bocor apabila musim hujan terus menerus kami semua di pulangkan karna kelas tidak layak di gunakan karna bocor yang terlalu banyak dan irigasi yg kurang bagus menyebabkan air masuk ke dalam kelas.
·         Kemudian setelah aku lulus SD, aku masukk ke MTS NUR ASSOLIHAT . di MTs aku belajar tentang ilmu agama dan pelajran umum, seperti matematika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris, sekolah yang amat tidak terawat kamar mandi/wc untuk para murid .
Toilet yang amat kotor dan bau, kemudian air yang sangat kotor keruh dan berbau menyebabkan adanya jentik nyamuk. Tidak ada tugas kebersihan yang merawat toilet,kelas dan lingkungan sekitar. Seharusnya dari pihak sekolah memperkerjaan petugas kebersihan untuk merawat kebersihan toilet,kelas, dan lingkungan sekitar sekolah. Itulah sekilas cerita mengenai kondisi kebersihan di sekolah MTS
2. Serba serbi kampus Stikes Banten
·         Dan setelah lulus MTS aku lanjut meneruskan pendidikan di SMK kesehatan riksa indrya, sekolah yang sangat aku inginkan, sekolah kesehatan dengan kejuruan asisten perawat sekolah yang amat sangat bagus dari segi kualitas gedung, kelas, kebersihan, dan lain-lain.
Disetiap lantai gendung memiliki toilet, dan berfasilitaskan life dan tangga darurat. Dengan pegawai kebersihan yang setiap saat menyapu kelas apabila kotor, segera di sapu oleh petugas kebersihan. Dengan parkiran kendaraan yang sangat teratur dan rapih. Namun yang sangat di sayangkan parkiran mobil belum  luas masih kecil dan kantin belum terlalu besar fasilitas kantin yang belum memadai, dan kebersihan toilet sangat kurang sekali pada bagian kesehatan lingkungan di SMK kesehatan Riksa akan saya Ulas  bersamaan dengan kampus stikes banten di karnakan setelah saya lulus sekolah di SMK kesehtan riksa Indrya saya menlanjut pendidikan di Stikes banten (sekolah tinggi kesehatan Banten) .
SMK kesehatan Riksa Indrya dan kampus Stikes Banten (sekolah tinggi kesehatan Banten) masih berada dalam satu gedung yang sama.
Aku mengambil jurusan S1 kesehatan masyarakat, sekarang aku sudah semester III (tiga)
Disini aku mulai bercerita tentang serba serbi di kampus Stikes Banten dan fasilah fasilah beserta kebersiahn lingkungan sekitar , di mulai dari :
a.       Fasilitas gedung (life,toilet,tangga,kebershan kelas)
b.      Fasilitas parkiran
c.       Fasilitas Kantin
d.      Keamanan

A.    Fasilitas gedung
Fasilitas gedung sangat bangus dikarnakan sudah ada life di karnakan di bandingkan kampus lain jarang sekali yang menggunakan life tidak hanya life saja melainkan ada tangga daruratnya, life dan tangga yang setiap hari di jaga kebersihannya sangat terjaga sekali kebersihannya.
Kemudian di setiap lantai memiliki toilet cukup baik untuk fasilitas toilet tetapi sangat di sayangkan toilet selaludalam keadaan kotor dan berbau, akibat dari keadaan kotor dan berbau mebuat mahasiswa atau mahasiswi merasa tidak nyaman, kebersihan toilet seharusnya selalu di jaga agar selalu bersih dan tidak berbau. Selanjutnya kebersihan di setiap ruangan, kebersihan di ruangan sangat terjaga di bandingkankan dengan toilet setiap mahasiswi/siswa telah selesai melakukan aktifitas pembelajaran tugas kebersihan langusung masuk keruangan untuk membersihan ruangan tersebut dengan bersih, kemudian di setiap kelah memiliki tempat sampah tidak hanya di ruang kleas tempat sampah juga dapat kita jumpai di setiap lantai gedung dan di depan kelas.
B.     Fasilitas parkiran
Fasilitas parkiran di kampus stikes banten kurang memadai dikarnakan untuk parkiran mobil hanya cukup untuk beberapa mobil , seharusnya ada pelebaran parkiran untuk mobil. Untuk parkiran motor say rasa sudah cukup memadai.
C.     Fasilitas kantin
Fasilitas kantin di stikes banten juga belum spenuhnya memadai di karnakan kantin yang kurang medadai kami harus antri makan di kantin hal tersebut mengakitbatkan kita telat masuk jam perkuliahan.
Seharusnya kantin di luaskan agar waktunya istirahat tidak terbuang sia-sia hanya untuk menunggu mendapatkan tempat duduk dan makanan, apabila kantin luas sangat nyaman sekali untuk kami tidak saja di gunakan untuk makan tetapi bisa juga tempat berkumpul dengan teman-teman untuk enegrjakan tugas bersama.
D.    Keamanan
Keamanan di stikes banten sudah cukup baik , dikarnakan setia kendaraan yang memasuki area parkir harus di data oleh pak satpam kemudian diberi kartu parkir, kartu parkir di serahkan pada saat jam pulang atau saat meninggalkan area parkir.

Saluran irigasi di stikes banten masih kurang baik, dikarnakan di saat musim hujan irigasi aliran air tidak berjalan dengan semestestinya.
Hal tersebut menyebabkan banjir di area parkir, kantin dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar