Safitri
S1 Kesehatan
Masyarakat
Penerapan
Kesehatan Limgkungan di Klinik Amira
Assalamualaikum
Wr. Wb
Saya Safitri
ingin memaparkan hasil dari observasi kelompok di Klinik Amira. Sebelumnya,
mari kita ketahui sedikit pengertian dari kesehatan lingkungan.
Pengertian
sehat Menurut WHO adalah “Keadaan yg meliputi kesehatan fisik, mental, dan sosial yg tidak hanya
berarti suatu keadaan yg bebas dari penyakit dan kecacatan.”
Pengertian
lingkungan menurut A.L. Slamet Riyadi (1976) adalah “ Tempat pemukiman dengan segala sesuatunya dimana organismenya hidup
beserta segala keadaan dan kondisi yang secara langsung maupun tidak dpt diduga
ikut mempengaruhi tingkat kehidupan maupun kesehatan dari organisme itu.”
Pengertian
kesehatan lingkungan
menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) adalah “ Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang
dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas
hidup manusia yang sehat dan bahagia.”
Sedangkan Pengertian Klinik adalah
fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan
perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik,
diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau
bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter
gigi atau dokter gigi spesialis).
Saya
bersama dengan kelompok saya melakukan observasi terhadap salah satu klinik di
BSD yang bernama klinik Almira. Klinik tersebut beralamatkan di Jl.Letjend
Soetopo,Ruko Golden Madrid II Blog G-06 BSD-Tangerang Selatan. Namun kini pindah ke Griya loka sek 1.6,Blog A1 No.3
BSD.telp 021-5384219. Berada di tepi jalan raya, dekat pintu tol BSD-Bintaro yang
berseberangan dengan Pasar Modern BSD. Klinik Almira terletak di lingkungan
pemukiman padat penduduk di BSD sehingga memudahkan untuk dijangkau baik dengan
motor, kendaraan umum maupun mobil pribadi, Selain itu juga dekat dengan
kawasan industry dan pergudangan BSD.
Klinik
Amira memiliki Visi yaitu : “Menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan
yang terbaik dengan mengutamakan keselamatan,kualitas dan professional dalam
melayani pasien”. sedangkan Misinya yaitu : “Klinik Amira berupaya memberikan
pelayanan kesehatan bermutu dan kepuasan pasien”.
Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki
klinik Amira, maka klinik tersebut juga memilki tujuan yaitu:
·
Memberikan
pelayanan medis yang professional dan berkualitas sesuai standar dan
perkembangan ilmu pengetahuan.
·
Menyediakan
SDM yang terlatih dan handal membentuk kepercyaan dan kepuasan pasien terhadap
pelayanan medis.
·
Senantiasa
melakukan perbaikan yang berkesinambungan.
Klinik
Amira Merupakan Klinik kesehatan berdiri pada awal 2006. Klinik ini menjadi
tempat observasi kelompok saya untuk mengerjakan tugas mata kuliah kesehatan
lingkungan karena lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan kampus, sehingga
saya dan kelompok memutuskan untuk memilih klinik Almira sebagai tempat
observasi.
Adapun fasilitas yang terdapat di
klinik Amira yaitu Poli Gigi, Poli Umum, Poli Kecantikan, Poli Hypnoterapi damPoli
Akupuntur. Klinik Amira buka setiap hari (Senin-Minggu), Pembagian shift kerjanya
di bagi menjadi 2 shift,yaitu:
·
Shift
1: 07.00-14.30
·
Shift
2: 14.00-21.30
Observasi
yang kelompok saya lakukan yaitu mencari informasi tentang beberapa bagian dari
kesehatan lingkungan, salah satunya yaitu tentang system pengolahan limbah yang
dilakukan di Klinik Amira. Adapun saya dan kelompok dibantu oleh Bapak Indra
Novianto, SE sebagai narasumber yang membantu memberikan informasi mengenai
klinik Amira.
Saya akan menjelaskan sedikit
tentang system pengolahan limbah yang dilakukan oleh klinik Amira.
Berdasarkan
informasi yang saya dan kelompok peroleh dari bapak Indra, pengeloaan limbah di
Klinik Amira di tanggung sepenuhnya oleh PT. Arah yang sudah di tunjuk menjadi
partner dalam mengadakan kerjasama di pengelolaan limbah. Jadwal pengangkutan
limbah klinik di lakukan setiap 4 kali dalam setahun dan bisa diatur fleksibel
dalam penjadwalannya. Apabila terjadi situasi kondisi yang tidak memungkinkan
seperti limbah sudah menumpuk pada saat itu maka harus segara dilakukan
pengangkutan agar tidak menimbulkan penyakit. Limbah di klinik juga pengolahan
internalnya di lakukan oleh perawat dan juga petugas cleaning service teknisnya
pada saat sebelum dan sesudah jam operasional klinik. Apabila terdapat masalah
di bagian pengelolaan limbah penanganan utamanya oleh PT.Arah yang bertanggung
jawab dalam memberikan keterangan kepada Dinas Kesehatan yang dapat berupa
bukti kimia dan B3.
Meskipun
demikian, ada beberapa masalah yang pernah dialami klinik Amira dalam melakukan
pengolahan limbah seperti :
·
Keterlambatan
pihak ketiga dalam pengambilan limbah sehingga melebihi ambang batas klinik
dari segi kuantitas.
·
Kekurangan
tempat untuk menampung limbah yang sudah melebihi ambang batas.
·
Terjadi
kesalahpahaman antara jadwal yang telah di buat antara pihak Klinik dan PT.Arah
dalam pengambilan limbah.
Sekian dari saya sedikit penjelasan tentang hasil observasi
di kllinik amira. Kurang lebihnya saya mohon maaf J
wassalamuallaikum wr,wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar