Rabu, 07 Januari 2015

S1-Kesmas-Safitri-Tugas 4- Penerapan Kesehatan Lingkungan di Klinik Amira



Safitri
S1 Kesehatan Masyarakat

Penerapan Kesehatan Limgkungan di Klinik Amira


Assalamualaikum Wr. Wb

Saya Safitri ingin memaparkan hasil dari observasi kelompok di Klinik Amira. Sebelumnya, mari kita ketahui sedikit pengertian dari kesehatan lingkungan.
Pengertian sehat Menurut WHO adalah “Keadaan yg meliputi kesehatan fisik, mental, dan sosial yg tidak hanya berarti suatu keadaan yg bebas dari penyakit dan kecacatan.”
Pengertian lingkungan menurut A.L. Slamet Riyadi (1976) adalah “ Tempat pemukiman dengan segala sesuatunya dimana organismenya hidup beserta segala keadaan dan kondisi yang secara langsung maupun tidak dpt diduga ikut mempengaruhi tingkat kehidupan maupun kesehatan dari organisme itu.”
Pengertian kesehatan lingkungan menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) adalah “ Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.”
Sedangkan Pengertian Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis).
Saya bersama dengan kelompok saya melakukan observasi terhadap salah satu klinik di BSD yang bernama klinik Almira. Klinik tersebut beralamatkan di Jl.Letjend Soetopo,Ruko Golden Madrid II Blog G-06 BSD-Tangerang Selatan. Namun kini  pindah ke Griya loka sek 1.6,Blog A1 No.3 BSD.telp 021-5384219. Berada di tepi jalan raya, dekat pintu tol BSD-Bintaro yang berseberangan dengan Pasar Modern BSD. Klinik Almira terletak di lingkungan pemukiman padat penduduk di BSD sehingga memudahkan untuk dijangkau baik dengan motor, kendaraan umum maupun mobil pribadi, Selain itu juga dekat dengan kawasan industry dan pergudangan BSD.
Klinik Amira memiliki Visi yaitu : “Menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang terbaik dengan mengutamakan keselamatan,kualitas dan professional dalam melayani pasien”. sedangkan Misinya yaitu : Klinik Amira berupaya memberikan pelayanan kesehatan bermutu dan kepuasan pasien”.
Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki klinik Amira, maka klinik tersebut juga memilki tujuan yaitu:
·         Memberikan pelayanan medis yang professional dan berkualitas sesuai standar dan perkembangan ilmu pengetahuan.
·         Menyediakan SDM yang terlatih dan handal membentuk kepercyaan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan medis.
·         Senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU9tBG_Ib5rKfJwQQA-AznXLzZdUJsbbcww-01059WP7O69BSDjy-gOTn3586RIJwg1HolTHlPFJkfXfF53lup-z53vbjHlx6ePYQeKOxkeQBzYFt-PIkRsGMyjF38Gg9DHo6INrSkVIKn/s1600/20141117_163925.jpg
Klinik Amira Merupakan Klinik kesehatan berdiri pada awal 2006. Klinik ini menjadi tempat observasi kelompok saya untuk mengerjakan tugas mata kuliah kesehatan lingkungan karena lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan kampus, sehingga saya dan kelompok memutuskan untuk memilih klinik Almira sebagai tempat observasi.
Adapun fasilitas yang terdapat di klinik Amira yaitu Poli Gigi, Poli Umum, Poli Kecantikan, Poli Hypnoterapi damPoli Akupuntur. Klinik Amira buka setiap hari (Senin-Minggu), Pembagian shift kerjanya di bagi menjadi 2 shift,yaitu:
·         Shift 1: 07.00-14.30
·         Shift 2: 14.00-21.30
Observasi yang kelompok saya lakukan yaitu mencari informasi tentang beberapa bagian dari kesehatan lingkungan, salah satunya yaitu tentang system pengolahan limbah yang dilakukan di Klinik Amira. Adapun saya dan kelompok dibantu oleh Bapak Indra Novianto, SE sebagai narasumber yang membantu memberikan informasi mengenai klinik Amira.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinVNFl7nYyPI1H8yWsRbNIKMwY8SVQfrJIt1gDG9JuiG2GpLA0S9m9Bm5USI5vD4zGzWNzwZWWh820V-8ooJ7RCtOdeZZ8u5NT13QOuSyhXd1ViqGdyL1OzzpBB5NXmPFqgdyQdsHsM1Ps/s1600/20141117_163549.jpg
Saya akan menjelaskan sedikit tentang system pengolahan limbah yang dilakukan oleh klinik Amira.
Berdasarkan informasi yang saya dan kelompok peroleh dari bapak Indra, pengeloaan limbah di Klinik Amira di tanggung sepenuhnya oleh PT. Arah yang sudah di tunjuk menjadi partner dalam mengadakan kerjasama di pengelolaan limbah. Jadwal pengangkutan limbah klinik di lakukan setiap 4 kali dalam setahun dan bisa diatur fleksibel dalam penjadwalannya. Apabila terjadi situasi kondisi yang tidak memungkinkan seperti limbah sudah menumpuk pada saat itu maka harus segara dilakukan pengangkutan agar tidak menimbulkan penyakit. Limbah di klinik juga pengolahan internalnya di lakukan oleh perawat dan juga petugas cleaning service teknisnya pada saat sebelum dan sesudah jam operasional klinik. Apabila terdapat masalah di bagian pengelolaan limbah penanganan utamanya oleh PT.Arah yang bertanggung jawab dalam memberikan keterangan kepada Dinas Kesehatan yang dapat berupa bukti kimia dan B3.
Meskipun demikian, ada beberapa masalah yang pernah dialami klinik Amira dalam melakukan pengolahan limbah seperti :
·         Keterlambatan pihak ketiga dalam pengambilan limbah sehingga melebihi ambang batas klinik dari segi kuantitas.
·         Kekurangan tempat untuk menampung limbah yang sudah melebihi ambang batas.
·         Terjadi kesalahpahaman antara jadwal yang telah di buat antara pihak Klinik dan PT.Arah dalam pengambilan limbah.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOIsSzW09my727s-KZiVD9gA-TYQnIG_NMyb-ItHZ4uWnYfbh_Vu0Cta1HYEaYnB0gRYp_3aoyCqy1ngDKWJnMhTGVWPMN4l0fd-NyWj8PMwPkTjT8TYsGMrgFZIs3gMdRw8fnaMRJabG0/s1600/20141117_163707.jpg

Sekian dari saya sedikit penjelasan tentang hasil observasi di kllinik amira. Kurang lebihnya saya mohon maaf J wassalamuallaikum wr,wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar