Selasa, 06 Januari 2015

D3-Sekmed-2014-ReviNovianti:Tugas1 Lingkungan Sekitarku


Tugas 1 Lingkungan Sekitarku Revi Novianti 
19 TAHUN BERADA DI LINGKUNGAN MENYENANGKAN
Assalamu'alaikum Wr Wb
Perkenalkan nama saya Revi Novianti umur 19 tahun,tempat tanggal lahir saya Tangerang, 03 November 1995. saya memiliki 3 bersaudara,dan saya anak ke 2. kakak saya yang pertama perempuan yang bernama Luci Oktaviani berumur 22,saat ini sedang kuliah di UIN Syarif Hidayatullah semester akhir jurusan manajemen pendidikan dan kini sedang sibuk menyusun skripsinya. Dan adik saya laki-laki yang bernama Deri Saputra berumur 11 tahun yang kini bersekolah di SDN Rahayu sebentar lagi akan mulai mempersiapkan untuk ujian nasional. Alamat rumah saya sekarang berada di Griya Serpong Asri Suradita,Aster 14 No 12 RT 09 RW 08 Kecamatan Cisauk, Kelurahan Suradita, Kabupaten Tangerang ,Provinsi Banten. Alamat rumah saya pada saat saya lahir berada di kavling serpong RT 04 RW 04 Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Dan saya tinggal di serpong selama 13 tahun.
 
Ini foto saya saat masih berumur 9 bulan

Pada saat itu saya masih duduk di kelas 1 smp. Pada saat saya tinggal di Serpong dulu keadaanya masih jarang ada rumah disana lebih banyak pohon karet,hanya ada beberapa rumah warga dan masih sunyi,sepi,dan tenang. Saya tinggal di kontrakan yang tidak terlalu luas hanya memiliki 1 kamar tidur, ruang tamu, dan dapur. Namun kami selalu senang walaupun hanya tinggal di kontrakan. Pada saat saya masih di TK saya selalu diantar oleh mama saya,lalu pulangnya dijemput oleh kakak saya yang kebetulan SD nya dekat dengan TK saya. Saya termasuk anak yang cengeng pada saat TK selalu dijahili oleh teman-teman saya. Oleh karena itu sampai sekarang saya pendiam dan cengeng L
Mulai memasuki SD saya bisa bersosialisasi dengan teman-teman saya. pada kelas 1 SD saya masih malu-malu dan pendiam. Saya memiliki teman  yang bernama Maya kami selalu berdua duduk sebangku, kapanpun dan dimanapun,ke kantin maupun  ke toilet selalu berdua seperti kembaran saja J, Hehe. Pada saat di lingkungan rumah saya memiliki teman sepermainan yaitu Rani,Dani,Rika dan ada beberapa namun saya lupa mengingatnya,hehe. Bersama teman-teman saya tersebut kami sering bermain,belajar bersama. oh iya Rani dan Dani juga satu SD dengan saya namun kami tidak sekelas. Pada awal kelas 3 saya dan Maya tidak sekelas lagi,sebenarnya saya sedih tapi akhirnya saya memiliki lagi teman yang baru,mungkin bisa dibilang sahabat hingga sekarang  J.
Dia bernama Santi Yunita, pada awalnya saya kenal santi pada saat kelas 2,waktu itu saya dikenalkan oleh teman saya yang lain. Karna saya dan Santi sekelas maka saya selalu berangkat sekolah bersama, teman sebangku saya Fenny yang menjadi teman sebangku saya hingga kelas 6. ohhh iyaa,ketika berangkat sekolah saya juga sering berangkat bersama teman-teman saya yang lain yaitu Fanni,Vega,dan Roihatul. Kami selalu pergi dan pulang sekolah bersama. kebetulan rumah kami satu arah semuanya.

Masa-masa SD adalah masanya kami untuk bermain,belajar bersama,tertawa dan sedih  bersama. Ketika saya dikelas saya termasuk anak yang selalu memperhatikan pada saat guru menerangkan. mata pelajaran yang paling saya sukai waktu SD adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Karna saya lebih menyukai menghapal daripada  menghitung. Prestasi saya allhamdulillah dari kelas 1 sampai kelas 6 selalu masuk 10 besar. Saya ingin memberikan yang terbaik dan membuat bangga orang tua saya. Mulai memasuki kelas 6 kami semua sibuk belajar untuk mempersiapkan ujian sekolah, praktek. Akhirnya ujian sekolah dan praktek pun kami sudah ikuti. 
Pada saat pengumuman kelulusan,Alhamdulillah kami semua lulus dan mendapat nilai yang memuaskan. Dan kami mempersiapkan untuk mengikuti ujian masuk ke SMP negeri. Dan akhirnya Alhamdulillah saya di terima di SMP negeri favorit di serpong, yaitu SMPN 1 Serpong yang kini telah berganti nama menjadi SMPN 1 TangSel. Pada awal saya masuk ke SMP saya masih malu-malu dan saya hanya baru mengenal beberapa teman saja, itupun juga teman SD saya yang juga masuk di SMP tersebut. Lingkungan di SMP tersebut rapih  dan bersih. Hari demi hari di SMP saya memiliki sahabat baru saya yang bernama Lina. Kebetulan kami teman sebangku dan selalu ke kantin bersama pada saat jam istirahat.
Beberapa hari sebelum ujian akhir sekolah dimulai,kami sekeluarga memutuskan untuk pindah rumah ke daerah Cisauk,tepatnya di Suradita.Sebenarnya saya sangat sedih sekali harus pindah ke sana,karena rumah di serpong banyak sekali kenangan yang menyenangkan dan menyedihkan. Namun akhirnya kami memutuskan untuk tetap pindah rumah. Di lingkungan rumah saya yang baru saya masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitar. Baik dengan tetangga terdekat maupun arah jalan di daerah tersebut. Rumah yang saya tempati sekarang adalah perumahan yang hanya dihuni beberapa keluarga saja. Namun sekarang sudah banyak dihuni banyak  warga.
Setiap saya berangkat sekolah,jarak antara rumah dan sekolah jauh sekali sekitar 10 km.Sehingga saya harus menaiki angkutan umum. Untungnya saya tidak sendirian kalau berangkat sekolah, di depan rumah, saya kenal kakak kelas yang kebetulan ayahnya juga guru dan mengajar di kelas saya. Selain itu saya juga memiliki teman baru SMP namun beda kelas sekaligus tetangga,namanya Enggar. Kami bertiga berangkat sekolah dan pulang sekolah selalu bersama. Hari demi hari di SMP saya lalui dengan baik. Mulai memasuki kelas 3 SMP kami semua sibuk untuk mempersiapkan ujian nasional, ujian sekolah, dan ujian praktek. Saya memiliki sahabat di kelas 3 yaitu, Intan Agustina, Intan Sri Mawarni, Juni Baktius, dan Nita Frimahda.Kami memiliki kelompok belajar. Jadi, setiap kami memiliki tugas, kami belajar kelompok bersama.
 Semua ujian pun kami lewati dengan baik, dan pada saat pengumuman kelulusan Alhamdulillah kamu semua lulus 100%. Kami semua sangat senang dengan perjuangan yang tidak untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, sebelumnya kami mengikuti try out 3 kali. Itu semua kami ikuti dengan baik dan lancar. Sahabat saya Intan Agustina dan Intan Sri Mawarni mempersiapkan untuk memasuki tes ujian di SMK Kesehatan Riksa Indrya dan saya pun mempersiapkan untuk mengikuti ujian di SMAN 28 Cisauk, namun pada akhirnya saya membatalkan untuk masuk di SMA tersebut, karena ibu saya meminta saya masuk di SMK Kesehatan Riksa Indrya. Dan kebetulan juga sahabat saya lulus di SMK tersebut, lalu saya mengikuti ujian tes pada gelombang ke 2. Sahabat saya ikut senang akhirnya saya masuk di SMK Riksa Indrya.
Awal memasuki SMK saya mengikuti mabis, dan saya mengikuti dengan baik. Pada awal mabis, mata saya ditutup dengan google (kacamata renang) tujuannya agar bagaimana kita merasakan apa yang dirasakan pada orang yang mengalami tunanetra. Beberapa teman yang lainnya salah satu kakinya di perban dan ada juga beberapa teman yang tangannya di perban. Tujuannya agar kita bisa merasakan pada orang disabilitas yang tidak memiliki tangan dan kaki.
Pada awal masuk SMK saya satu kelas dengan kedua sahabat saya, setiap berangkat sekolah saya selalu bersama naik angkutan umum dengan Intan Agustina,kami satu perumahan namun berbeda blok nya. Saya tinggal di blok aster sedangkan intan di blok dahlia. Kami bertiga sering menghabiskan waktu bermain bersama, belajar bersama. Apalagi pada saat belajar kimia kami selalu membuat kelompok belajar dan berdiskusi. Ketika kami mengalami kesulitan kami saling menanyakan yang belum kami pahami.
Memasuki kelas 2 kami mengikuti study tour ke Yogyakarta.Disana kami mengunjungi Panti Jompo dan Rumah Sakit Jiwa. Kami mendapatkan pengetahuan yang baru yaitu mengenai bagaimana cara merawat dan menangani oppa dan oma disana,seperti menyuapi makan dan mengajak ngobrol oma dan opa berbincang-bincang,dan membantu oma dan opa jika hendak buang air kecil atau buang air  besar.Lalu ketika kami berada di rumah sakit khusus jiwa, disana kami diberikan pelatihan dan pengetahuan baru.kami diajak berkeliling di seluruh ruangan.
Setelah study tour di Yogyakarta kami lakukan, selanjutnya kami mempersiapkan untuk persiapan pra magang,kami diajarkan untuk melakukan mengukur tekanan darah dengan benar,mengukur suhu, menghitung nadi per menit, dan menghitung pernafasan. Setelah kami semua dinyatakan lulus tes persiapan pra magang, lalu kami mengikuti magang. Kebetulan saya kelompok terakhir pada saat magang, dan kelompok kami mendapat giliran pertama di SKH YKDW, selanjutnya di tempat kedua yaitu Rumah Sakit Khusus Dharma Graha,selanjutnya di tempat magang kami yang terakhir di PSTW Bina Bhakti. Semua kegiatan magang telah kami lewati,kami selanjutnya menyusun laporan magang dan mencatatnya di dalam modul kegiatan magang kemudian diserahkan untuk guru pembimbing.
Pada saat memasuki awal kelas 3 kami sekeluarga memutuskan untuk pindah rumah lagi, masih di dekat rumah kami yang lama. Hanya beda beberapa blok saja.Di lingkungan rumah kami yang baru lingkungannya lebih rapih dan bersih dibandingkan rumah yang sebelumnya,selokannya pun tidak jorok,di sekitar rumah di kelilingi pepohonan,dan tanaman hias.Setiap sebulan sekali dilakukan fogging agar tidak menimbulkan penyakit.Dan diadakan kerja bakti setiap hari minggu, dan diadakan ronda setiap malam minggu.Agar lingkungan menjadi nyaman,bersih,aman dan tentram. Lingkungan rumah baru kami sangatlah nyaman dan aman,tetangganya ramah-ramah,jauh dari kebisingan dan polusi.
Awal kami pindah ke rumah kami yang baru,kami merasa asing dengan lingkungan rumah kami yang baru karena kami belum terbiasa dengan rumah baru kami,namun lama kelamaan kami bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitar.
Memasuki awal kelas 3 semester 1 awalnya saya hanya memiliki teman 1 saja,karena kami memang sudah berteman dari kelas 2, dia bernama Fitri Ekawati biasa dipanggil Icut.Namun lama kelamaan saya memiliki sahabat baru lagi di kelas yaitu Dwi,Nurlia, dan Susi.Kami sering menhabiskan waktu bersama,seperti hang out,belajar kelompok,melakukan hal-hal yang aneh dan lucu.Kami ber 4 sangat dekat dan akrab sekali.
Di kelas 3 ini awal semester kami lebih disibukkan dengan try out yang dilakukan dua minggu sekali,dan dua minggu sekali dilakukan pembahasan dari soal try out. Dan juga kami mempersiapkan untuk ujian praktek.kami melakukan itu semua dengan enjoy tanpa harus ada beban.setelah kami malukan ujian praktek,dan ujian sekolah. kami mempersiapkan ujian nasional. kami menghabiskan dengan belajar bersama,berdiskusi,dan membahas soal bersama.
Dan ujian nasional pun dimulai,hari pertama kami ujian nasional perasaan kami semua dag dig dug.semua perasaan saya campur aduk,ada rasa deg-degan,senang,dan ikut sedih, karena ini perjalanan terakhir kami di SMK Kesehatan Riksa Indrya. Dihari berikutnya hingga hari terakhir ujian nasional kami lewati dengan baik. Perjalanan  belum selesai sampai dengan ujian nasional saja,kami di berikan lagi oleh guru yaitu mengobservasi pada ibu hamil,anak balita,orang dewasa dan lanjut usia. saya bersama teman saya yang lain, yaitu sarah dan nurlia segera menyelesaikan tugas agar cepat diselesaikan.Observasi kami dilakukan di Desa Leuwiliang di daerah Bogor.Dan juga kami harus mendapatkan dari masing-masing pasien  tersebut sebanyak 15 orang, memang cukup sulit. Alhamdulillah kami ber 3 pun mendapatkan pasien tersebut. Kami melakukan pemeriksaan seperti tensi darah,mengukur tinggi badan,mengukur berat badan.Setelah kami melakukan observasi,kami pun menyusun laporan dari hasil observasi kami.
Setelah pulang dari Leuwiliang, saya pulang kerumah untuk menyusun ulang dan merapikan lagi hasil obervasi. Akhirnya setelah kami melakukan semuanya,saya pun bisa berlibur dengan tenang menunggu tugas kami di kumpulkan.
Pada saat tugas dikumpulkan,kami pun merasa tenang dan senang karena tugas kami diterima oleh guru pembimbing kami tanpa harus ada yang direvisi kembali.Kebetulan tugas kami dikumpulkan tepat dengan di umumkannnya hasil ujian nasional.Lalu kami semua merasakan takut,deg-deg an,apalagi pada saat kepala sekolah mengumumkan hasil ujian kami. Akhirnya kami semua pun Lulus ujian nasional J. Setelah ujian nasional,kami semua melakukan wisuda. Acara wisuda berjalan dengan lancar.Kami semua di nyatakan  lulus 100% dan resmi menjadi alumni SMK Kesehatan Riksa Indrya angkatan ke 4 J
Ujian Nasional selesai,saya pun mempersiapkan ujian tes masuk mahasiswa baru.Namun keberuntungan belum saya dapatkan.Saya tidak lulus di Universitas Negeri,dan saya terima dengan berlapang dada.Setelah itu saya mendaftarkan di STIKes Banten, saya masuk pada gelombang ke 2dan saya mengikuti seleksi tanpa mengikuti tes tertulis hanya tes kesehatan saya.Karena yang masuk peringkat 10 besar hanya mengikuti tes kesehatan saja tanpa mengikuti tes tertulis.Alhamdulillah  saya masuk 10 besar.
Setelah dinyatakan lulus tes di STIKes Banten,saya pun mempersiapkan untuk mengikuti ospek.Hari pertama ospek hanya melakukan perkenalan pada kakak-kakak Pembina,staf-staf di STIKes Banten dan ruangan-ruangan di seluruh lantai.Hari ke dua saya datang terlambat,oleh karena itu saya di hukum,begitu juga pada hari ke tiga atau hari terakhir di ospek saya pun terlambat.
Ospek pun sudah saya lewati,dan akhirnya saya dinyatakan lulus ospek dan resmi menjadi mahasiswi di Stikes Banten. Hari pertama menjadi mahasiswa baru masih malu-malu dan belum mengenal semua teman-teman satu per satu. saya hanya mengenal dari teman alumni SMK Riksa Indrya.Namun,lama kelamaan saya pun bisa mengenal semua teman-teman di FKM,saya seperti mendapatkan keluarga baru di FKM, saya sangat senang bisa masuk di FKM karena teman-temannya asik-asik,dan semuanya baik. 
Back to topic, mengenai kesehatan lingkungan dirumah saya, airnya memenuhi standar,rapih,bersih,dan mengenai sampah dan limbah diangkut oleh petugas kebersihan setiap seminggu sekali
Sekian cerita tentang cerita dan pengalaman saya mulai dari SD,hingga Kini saya kuliah di STIKes Banten. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Mohon untuk kritik dan sarannya
 
Dan  ini foto keluarga kecil kami 
 
TERIMA KASIH :)
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar