Selasa, 30 Desember 2014

S1-Kesmas-2014-Ulfahutamiputri=Tugas 1 Lingkunga disekitarku



Assalamualaikum Wr.Wb.
Perkenalkan nama saya Ulfah Utami Putri usia saya 19 tahun, Saya lahir di Tangerang pada Tanggal 20 Juni 1995 Saya Kuliah di STIKES BANTEN Fakultas S1 Kesehatan Masyarakat Semester 3 saya anak pertama dari lima bersaudara, yaitu tiga Perempuan  dan tiga laki-laki . saya akan memperkenalkan dahulu nama adik-adik saya yaitu adik saya yang pertama laki-laki dia bernama Muhammad Muzabi yang ke’dua perempuan Salsabila Putri yang ke’tiga perempuan juga Zahra Azila Bilqis yang ke’empat dia laki-laki Muhammad Fadlil Furkon dan yang terakhir yang nomer lima atau bungsu laki-laki juga yaitu Muhammad Fahad Andika. Adik saya yang pertama Alhamdulillah sudah lulus sekolah SMA, tetapi dia tidak melanjutkan sekolah tinggi dahulu dia menunda 1tahun lagi untuk melanjutkan sekolah tinggi, dia masih berumur 18tahun . adik saya yang kedua dia baru berumur 10tahun dia masih sekolah dibangku SD , dia baru beranjak kelas V-SD, sedangkan adik saya yang perempuan lagi dia masih berumur 9tahun dia masih duduk dibangku kelas IV-SD. Umur dua adik saya yang masih sekolah berselisih 1tahun banyak yang bilang mereka kembar padahal tidak, dan saya mempunyai dua adik yang masih kecil belum sekolah adik laki-laki saya yang kedua atau yang bernomer empat dia masih umur 4tahun dan yang terakhir bungsu dia masih berumur 3tahun. Mereka belum masuk sekolah, adik saya yang satu ini juga sama berbeda jarak umur 1tahun banyak yang bilang mereka kembar juga. Dan Alhamdulillah orang tua saya masih sehat semua dan masih diberikan umur panjang oleh Allah SWT. Dan sekarang saya ingin memperkenalkan kedua orang tua saya dimulai dari - Nama orang tua saya bernama “ibu : Hj.Munawaroh ibu saya anak pertama dari tiga bersaudara riwayat ibu saya tamatan SMA. Pekerjaan ibu saya hanya ibu rumah tangga, dan Bapak : H.Bahrul Ulum bapak saya anak ke’tiga dari 5 bersaudara riwayat tamatan SMP pekerjaan bapak saya Wirauswasta pedagang Sepatu” dirumah ditempat tinggal kan dengan delapan’orang saya, adik-adik dan ibu bapak saya . sekarang saya tinggal di Desa Kronjo Kp.Kronjo kec.Kronjo Kab.Tangerang Banten Rt/Rw 01/04 . saya sudah 14tahun tinggal di Kronjo dengan keluarga saya, sebelumnya saya tinggal di Mekar Baru rumah ibu saya, Saya dan adik saya yang pertama dilahirkan disana di Rumah nenek kakek saya, saya tinggal di Mekar Baru sampai umur saya 6 tahun, adik-adik saya barulah dia dilahirkan di Kronjo.

Sebelumnya saya dan keluarga tinggal di Mekar Baru (kampung) selama 6tahun lamanya bersama kakek dan  nenek. Kakek dan Nenek itu dia adalah kedua orang tua dari ibu saya . selain tinggal bersama kakek dan nenek saya juga tinggal bersama paman dan bibi saya mereka adalah adik-adik dari ibu saya. Kita tinggal ber-delapan orang dirumah kakek. Anak-anak dari kakek nenek mereka semua sudah berkeluarga dan mempunyai rumah masing-masing. anak pertamanya yaitu ibu saya mempunyai rumah di Kronjo, anak kedua yaitu bibi saya dia mempunyai rumah di Tangerang, bibi saya mempunyai 2anak, 1 laki-laki yang masih sekolah kelas V-SD dan 1 perempuan yang masih sekolah TK. dan yang terakhir paman saya dia mempunyai rumah dibalaraja. Dia mempunya 2anak, 1 laki-laki yang berumur 5tahun dan 1 perempuan yang masih kecil (bayi) baru lahir.

            Sebelum saya tinggal di Kronjo masih tinggal di Kampung Lingkungan di Kampung saya kadang sepi terkadang juga ramai. Sepi disaat tidak ada acara apa-apa dan ramai ada suatu kegiatan acara di Kampung. Di Kampung jalanan juga masih berantakan tidak mulus semulus jalan tol. Banyak pohon-pohon, sawah didesa,  masih ada air kali dan tidak ada pusat perbelanjaan seperti Alfa dan Indo Mart. Jika mereka ingin berbelanja sangat jauh dari tempat tinggal mereka disana, lingkungan disana sangat baik dan asap kendaraan udara tidak begitu banyak tetapi anak-anak didesa jarang memakai sandal ketika mereka sedang bermain.
Selokan di Kampung kurang rapih dan tidak baik karena ditempat mereka tidak menyediakan tempat sampah untuk membuang sampah, anak-anak kecil masih membuang sampah disembarangan tempat sehingga banyak sampah yang berserakan di jalan, tetapi setiap 1 minggu sekali warga bergotong royong bekerja sama untuk membersihkan rumah halaman mereka dan disetiap jalan untuk kebersihannya , mengubur sampah yang berlubang agar terhindar adanya nyamuk, bukan hanya jalan saja yang kita bersihkan tetapi Tempat wudhu, Masjid dan Mushola kita juga bersihkan agar terlihat nyaman, bersih dan indah.


Tempat belajar di kampung atau sekolah mereka dulu tidak ada lantai, kursi, masih tanah jika hujan pasti becek dan banjir atap pun berlubang. Lapangan masih ada rumput liar, tapi sekarang tahun berganti tahun jaman pun telah berubah sekolah di kampung yang dulunya kurang memadai sekarang akhirnya alhamdulilah sudah pantas nya di pakai, yang dulu sekolah Cuma SD sekarang menjadi 2 sekolah SD dan SMP orang disana sudah tidak perlu jauh-jauh lagi mencari sekolah SMP karena sudah dekat, lingkungan sekolah di kampung sekarang sudah bagus tempat sampah sudah masing-masing kelas, ada halaman, lapangan untuk upacara sudah cukup, guru untuk mata pelajaran sudah ada, dan mengikuti lomba pernah mendapatkan juara, sekarang lingkungan di kampung saya sudah baik kini sudah ada penjaga sekolah dan ada orang yang membersihkan sekolah, agar sekolah aman bagi yang sekolah disana mendapatkan kenyamanan.


Setelah aku berusia 6tahun orang tua saya membuat rumah di Kronjo dan akhirnya saya bersama dengan keluarga pindah dan tinggal disana, bersekolah disana dan tidak jauh juga dari pasar Kronjo tempat bapak saya berdagang, Sekarang tempat tinggal saya sudah di Kronjo tidak bersama kakek dan nenek saya, awal saya menempati rumah dan di lingkungan Kronjo sepi sekali karena rumah saya letaknya didalam jalan raya memasuki rumah demi rumah saya juga belum mengenal tetangga disekitar rumah saya dan belum mempunyai teman di Kronjo, dan akhirnya saya sekolah di kronjo nama sekolah SD saya SDN KRONJO 111 saya memasuki sekolah ketika saya berusia 6tahun kelas 1.
Lingkungan di Kronjo . Permukaan tempat pembuangan sampah di sini cukup rapih dan baik karena ada petugas keliling yang membersihkan setiap 1minggu sekali. Terkadang warga juga ikut dalam bergotong royong disekitar rumah dan bapak RT kita pun ikut terjun untuk bergotong royong bersama warga. Lingkungan dipasar baru kronjo tempat berbelanja cukup bersih setiap hari tepatnya disore hari disaat toko-toko mau tutup pembersih menyapu semua lingkungan pasar , dan juga dipasar kronjo bukan juga ada tukang bersih ada juga penjaga keliling dipasar. Pembuangan sampahnya juga rapih karena dikelola oleh pembersih sampah.
Lingkungan disekitar rumah, selokan rumah lumayan bersih dan kita melakukan kebersihan 2minggu sekali, menyapu halaman, memotong rumput liar dan membakarnya, kedekatan lingkungan sesama tetangga lumayan kompak, memahami, mengerti dan saling membantu.
Lingkungan di Sekolah SD adalah berbeda yang ada di kampung, disana sudah lengkap contohnya sudah ada kursi, sudah ada gambar-gambar pahlawan dan foto Presiden,  adanya warung untuk jajan,  ditempat jajan kita ada yang bersih ada juga yang tidak bersih, yang tidak bersih kita jadi malas untuk berjajan disana. Disekolah selalu mengadakan acara tahun demi tahun seperti kita mengadakan 21 april Hari Kartini kita memakai baju kebaya , 2 Oktober Hari Batik guru-guru memakai baju batik dan lain-lain, disekolah kami terkadang ada sekolah sehat yang 1tahun sekali ada penyuntikan atau memberikan obat cacing untuk anak-anak.



Selain sekolah SD saya juga pernah masuk sekolah Agama bisa dikatakan sekolah Madrasah. Saya sekolah Madrasah 4tahun lamanya, lingkungan di Sekolah Madrasah saya sama seperti sekolah SD saya yang terlihat membedakan nya adalah dari warung jajananya atau kantin, di Madrasah kantinnya rapih dan teratur mereka punya tempat untuk berjualan mereka berjualan di luar sekolah tidak masuk kedalam sekolah dan bisa dibilang bersih. Posisi warungnya juga berjajar tidak berantakan dan juga beraturan, di Madrasah setiap hari sabtu kita melakukan kerja bakti membersihkan sekolah, dan setiap hari sebelum pulang sekolah kita rutin untuk membuang sampah walau sampah tidak banyak kita tetap membuangnya, dan setiap Jum’at sore kita melakukan senam.
(gambar Madrasah)

            Usia saya sekarang sudah 12tahun dan memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimana saya berbeda dilingkungan lagi . lingkungan sekolah SMP cukup bersih, dari halaman depan sampai halaman belakang, ada sampah dibawah tetapi tidak banyak Ibu/Bapak guru mengajarkan jika kita melihat sampah dibawah “ambil lah” tetapi satu kekurangannya di SMP saya lingkungan di kamar mandi tidak bersih, masih kotor karena murid-muridnya tidak menjaga kebersihan di-toilet, ada yang membuang sampah didalam toilet, lingkungan di Kelas kita semua rajin membersihkan kelas sebelum pelajaran dimulai, dan sebelum pulang sekolah kita membersihkan kelas terlebih dahulu,



            Setelah saya lewati lingkungan SD, SMP, dan kemuadian memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA) lingkungannya cukup sama , tapi ada yang membedakannya yaitu di SMA tidak ada tentang bekerja bakti atau membersihkan sekolah setiap satu minggunya, tapi jika kelas piket itu masih ada, masuk jm7 Pagi tetapi murid-murid harus datang sebelum jm7 karena setiap hari SMA saya melakukan Rohani Islam seperti membaca Al-Ma’ul Husna dan berpidato, dan hari khusus yaitu hari Jum’at dilakukan 1jam sholawat bersama, lingkungan SMA saya toilet kurang bersih dari toilet SD, SMP dan sekarang SMA lingkungan yang kurang bersih adalah toilet, tetapi dari persiapan tempat sampah sudah siap, kita membuang sampah pada tempatnya, lingkungan di Kelas kotor disaat hujan, didalam ruangan kita menyidiakan pengharum ruangan agar ruangan tercium segar, dan ruangan piala dibersihkan 1minggu sekali anggota OSIS yang membersihkan, lingkungan di kantin bersih dan rapih, ibu kantin juga selalu menyapu, membersihkan dan membuang sampah-sampah yang ada setiap hari sebelum dia menutup warungnya supaya ke’esokan harinya mereka berdagang lagi tidak membersihkan lagi, di belakang kelas ada sedikit tanaman terkadang kita menyirami tanaman itu, disekolah mempunyai Lab Komputer ruangannya bersih tetapi komputer kurang, dan juga mempunyai Lab untuk praktik pelajaran IPA, ruangannya tidak bersih jika bersih itu pun kalau ingin dipakai dan tugas pelajaran IPA.



 Tamat sekolah SMA saya melanjutkan Sekolah Tinggi di STIKES BANTEN yang letaknya di Jl.Rawa Buntu BSD-CITY Tangerang Selatan, yang sekarang tinggal dibelakang kampus bisa dikatakan saya Ng-kost disini karena faktor kondisi rumah saya jauh tetapi 1bulan sekali saya pulang untuk menemui keluarga saya, saya sekarang tinggal disini sudah 1th 4bulan lamanya selama saya masih kuliah disini saya tetap Ng-kost.
Lingkungan ditempat tinggal saya sekarang (Kostan). Permukaan lingkungan Kostan disini lumayan bersih disetiap kamar kostan disediakan tempat sampah besar disetiap kamar, petugas pengambilan sampah datang 1minggu 1x atau 2x, lingkungan tetangga orang-orang disini cuek dan mempunya rasa ingin tahu terhadap kita, halaman kostan saya setiap hari bersih ada yang menyapu dan mengepel karena ada ibu-ibu yang membersihkannya, Air disini bersih tidak keruh tetapi sering kali ada lumut ketika air keluar dan disini dekat stasiun nama stasiun disini Stasiun Rawa Buntu jadi bisa mempermudah kita untuk berpergian, lingkungan stasiun Rawa Buntu bersih tidak ada sampah parkiran motor dan mobil juga terawat rapih dan ada fasilitas Mini Market Stasiun, dan toilet di Stasiun Rawa Buntu cukup lumayan bersih jarang ditempat umum seperti itu toilet bersih.
Lingkungan di Kampus STIKES BANTEN halamannya bersih, kelas rapih, kebersihan toilet bersih jika didalam kampus, tetapi kurang bersih di toilet bagian luar, tempat parkiran motor juga rapih, dosen setiap mengajar berpenampilan rapih. Tetapi suka telat disaat jam mengajar berlangsung.

Itu lah cerita kehidupan saya dari sewaktu saya kecil sampai dewasa. Kurang lebihnya saya ucapkan Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar