Selasa, 30 Desember 2014

S1-Kesmas-2014-HotmaNaniSari: Tugas 4 Serba Serbi Kesehatan Lingkungan




NAMA : HOTMA NANI SARI RITONGA
NIM     : 130110013
JURUSAN : KESEHATAN MASYARAKAT


SERBA SERBI KESEHATAN LINGKUNGAN
Serba serbi Kesehatan lingkungan kampus stikes banten
A.  Kebersihan Lingkungan Kampus
Kebersihan sangat penting untuk setiap tempat yang kita kunjungi atau gunakan jadi kebersihan adalah dasar kesehatan yang sangat penting.Untuk kebersihan stikes banten sendiri dari ruangan :
1. RuangBelajar
Kebersihan ruang belajar di stikes banten sangat dijaga kebersihannya oleh petugas agar  setiap mahasiswa/mahasiswi yang belajar nyaman tanpa merasa terganggu karena ruangan yang kotor hanya terkadang banyak mahasiswa/mahasiswi yang  masih belum bersifat dewasa dalam menjaga kebersihan ruangan kelas misalnya saja saat memasuki ruangan belajar keadaan kelas sangat bersih dan rapih tapi setelah selesai perkuliahan sampah pun banyak berserakan dan sangat berantakan. Ruangan yang ditingal oleh mahasiswa/mahasiswi sering kali dalam keadaan yang  sangat berantakan sehingga membuat para petugas kebersihan kelelahan karena harus merapikan ruangan kembali agar  ruang belajar menjadi rapih dan bersih.Walaupun kebersihan kelas adalah tanggung jawab petugas sudah seharusnya mahasiswa/mahasiswi menjaga kebersihan dan kerapian ruangan kelas.
2. Ruangan Komputer/Ruangan Praktek
Kebersihan dari ruangan ini lebih baik daripada ruangan belajar karena tata ruangan yang  berbeda membuat ruangan ini lebih dijaga kebersihan dan kerapiannya.Ruangan ini sendiri sangat sensitive karena banyak benda yang  sangat harus dijaga kebersihan untuk perawatan alatdll.
3. KamarMandi
Kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling  harus dijaga kebersihannya karena kamar mandi sendiri sudah menjadi sarang kuman.Kamar mandi stikes banten sendiri masih kurang baik secara kebersihannya karena masih ada saja lantai kamar mandi yang kotor,bau  yang menyengat, tempat sampah yang tidak ada tutup dll.Karena kamar mandi yang kurang terjaga kebersihannya membuat para mahasiswa/mahasiswi tidak nyaman saat menggunakan kamar mandi yang seharusnya harus nyaman digunakan karena kamar mandi adalah salah satu tempat yang digunakan oleh semua orang.Akan lebih baik apabila kebersihan kamar mandi lebih ditingkatkan lagi kebersihannya agar para pengguna kamar mandi tersebut merasa nyaman tanpa perlu merasa khawatir saat menggunakan kamar mandi tersebut.
4. Halaman
Halaman stikes banten sangat bersih di pagi hari tapi disaat siang dan sore hari sering kali banyak daun-daun yang berserakan di halaman, ini bukan karena kebersihan yang kurang dijaga tetapi karena keadaan angin juga.Halaman ini sendiri sangat penting untuk dijaga kebersihannya karena halaman ini adalah bagian paling depan yang sering dilihat oleh orang yang dating atau lewat dari stikes banten. Orang akan menilai sesuatu pertama adalah dari covernya atau luarnya kalau orang sudah melihat tidak bagus diluar maka orang akan menilai bahwa di dalamnya pun akan sama mungkin lebih parah oleh karena itu kebersihan halaman sangat penting untuk dijaga kebersihannya.
5. Kantin
Kantin adalah tempat diamana mahasiswa/mahasiswi istirahat dengan memanjakan perutnya, sama dengan yang lainnya kantinpun sangat penting dijaga kebersihan dan kesehatannya Karena apa yang ada di kantin itulah yang di konsumsi oleh para siswa/siswi dan mahasiswa/mahasiswi. Kabersihan kantin sendiri masih kurang bersih dari peralatan yang digunakan di kantin dan makanannya pun sedikit saja yang benar-benar sehat. Para mahasiswa/mahasiswi juga tidak tahu apakah yang mereka makan itu bersih dan sehat karena mahasiswa/mahasiswi hanya makan apa yang sudah disajikan untuk mereka. Kalau untuk kesehatan makanan itu sendiri kurang sehat namun tidak adanya pilihan lain membuat mahasiswa/mahasiswi hanya bisa mengisi perut yang ada di kantin. Untuk makanan sendiri akan lebih sehat kalau dibawa sendiri dari rumah namun terkadang para mahasiswa/mahasiswi tidak bisa membawa makanan sendiri dari rumah karena alasan tertentu.
6. Mushollah
Kebersihan mushollah untuk ruangannya bersih rapih tetapi untuk mukenah yang ada di mushollah sangat berantakan dan kurang bersih sedangkan penanggung jawab mushollah selalu memperhatikan kebersihan mukenah namun para mahasiswi yang menggunakan mukenah sering kali merasa cuek.Tidak jarang para mahasiswi setelah menggunakan mukenah sehabis shalat langsung digantung begitu saja tanpa dilipat atau dirapikan terlebih dahulu baru kemudian di gantung.Setiap kali dirapikan tidak lama kemudian akan kembali berantakan disini yang kurang adalah kesadaran pengguna mukenah itu sendiri untuk menjaga kebersihan dan kerapian mukenah.

7. Tempat Parkir
Kebersihan tempat parkir sangat bersih hanya kerapiannya yang sangat kurang karena banyaknya pengguna sepeda motor yang parkir tanpa memperhatikan cara parkir sepeda motor lainnya yang telah dibuat rapih hal ini membuat para petugas kesulitan saat merapikannya dan juga membuat para pengguna sepeda motor lainnya kesulitan untuk parkir karena tempat parkir terisi penuh padahal seharusnya bisa menampung semua sepeda motor itu karena parkir yang tidak rapih membuat boros tempat. Kembali lagi yang diperlukan disini adalah kesadaran para pengguna sepeda motor.
8. Ruang Dosen
Kebersihan ruang dosen sangat bersih bahkan bukan hanya bersih tapi juga terjaga tidak pernah terlihat ada sampah berserakan di ruang guru karena ruangan ini sangat dijaga oleh petugas dan dosennya sendiri.Ruangan ini sangat patut untuk dicontoh dari petugas kebersihannya dan dari kesadaran pengguna ruangan itu sendiri.
9. Ruang Perpustakaan
Ruang perpustakaan adalah ruangan yang selalu bersih, rapih dan sangat nyaman sehingga membuat ruangan ini menjadi ruangan favorit karena setiap masuk keruangan ini akan selalu merasa aman dan nyaman. Ruangan ini memang sangat cocok untuk belajar kerana keadaannya yang nyaman dan juga bersih.

Kesimpulan
Kebersihan sangat penting dalam segala hal karena kebersihan adalah dasar dari menjaga kesehatan, karena untuk sehat segala yang kita gunakan, segala yang kita makan dan semua itu harus dalam keadaan bersih jadi kalau ingin sehat yang harus diperhatikan pertama kali adalah kebersihan.Untuk melakukan kebersihan yang harus ditanamkan dalam diri sendiri adalah kesadaran akan kebersihan untuk kesehatan sendiri dan itu semua dimulai dari diri sendiri dan hasilnya akan dinikmati oleh diri sendiri pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar