Minggu, 28 Desember 2014

D3-Sekmed-2014-PinaAgnesia:tugas1lingkungansekitarku

            19 TAHUN HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR YANG BERANEKA RAGAM
Assalamualaikum wr.wb
Hay perkenalkan nama saya PINA AGNESIA saya lahir pada tanggal 05 Agustus 1995 berarti usia saya sekarang 19 tahun , saya adalah anak tunggal dari seorang ibu yang bernama MARHAMAH dy seorang yang sangat hebat dy yang selalu mengurus kami tetapi tidak pernah mengeluh , dy juga seorang keder posyandu yang setiap bulan bertugas menimbang bayi dan balita dan baru beberapa bulan ini dy mulai bekerja di sebuah pabrik kartu perdana dan dy hanya bekerja bila haya ada barang saja , padahal saya tidak mengijinkan beliau bekerja , beliau berkata ibu bekerja hanya untuk menghilangkah rasa bosan saja di rumah habis ngapain setiap hari dirumah sendirian dan lagian anak ibu sudah besar jadi kalau ditinggal bekerja pun sudah tidak terlalu khawatir katanya dan ayah bernama ASEP FIRMANSYAH sekarang dy bekerja sebai wirausaha beberapa tahun lalu dy masih bekerja disuatu perusahaan betonan di daerah legok tetapi karna lingkungan yang kurang baik terutama udara disana karna berada disamping jalan raya yang sangat ramai dilewati kendaraan dan memang lingkungan kerjanya yang memungkinkan setiap hari harus berkontak langsung dengan material-material seperti pasir dan semen maklum saja karna itu memang bahan pokok untuk menbuat betonan , hampir 7 tahun bekerja dan di tahun 2008 ayah saya terkena penyakit penyumbatan di pembulu darah jantung dan di rawat dirumah sakit hampir satu bulan lamanya.walaupun anak tunggal tapi saya seperti mempunyai kaka perempuan yaitu tante saya yang bernama NOPI SALPIANI dy sudah saya anggap sebagai kaka saya sendiri dan sudah mempunyai suami yang bernama SAEPUL ROHMAN  , dan dy sudah mempunyai anak laki-laki yang sangat menggemaskan dan pintar yang bernama M.YAFIQ HUDAIBIE .


Saya tinggal di sebuah desa yang bernama desa KADEMANGAN SERPONG RT04/03 SETU,TANGGERANG SELATAN. walaupun desa tapi sudah seperti kota saja dari gaya hidup dan penampilan orang-orangnya , bahkan anak-anak sekarang jarang sekali  berbicara menggunakan bahasa daerah serpong (sunda) dan dominan menggunakan bahasa melayu , saya tinggal di sini sudah sejak saya lahir maklum lah nenek dan ibu saya asli orang sini , dulunya desa saya ini bersih sekali jarang sekali ada orang yang membuang sampah di pinggir jalan tapi semenjak di daerah sini muncul banyak perumahan sudah mulai banyak sampah dipinggiran jalan , padahal di desa kademangan ini dekat TPA(tempat pembuangan akhir) tapi tetap saja banyak oknum-oknum nakal yang malas membayar uang kebersihan dan membuang sampahnya sembarangan , tapi untuk pemukiman disekitar rumah saya lumayan bersih karna yang tinggal dominan pribumi mereka sangat memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar , dan untuk kenyamanan di sekitar rumah saya ini sangat nyaman karna udaranya pum ,asih sangay segar di pagi hari , dan untuk penggunaan airnya pun di sekitar rumah saya masih banyak yang menggunakan sumber mata air asli yang bertempat tidak jauh dari rumah termasuk saya sendiri pun menggunakan air dari mata air tersebut .
Kesehatan Lingkungan di sekitar lingkungan rumah saya Alhamdulillah cukup baik, dari cara pembuangan sampahnya dan selokannya , untuk tempat sampahnya warga disini mengumpulkan sendiri sampah-sampah mereka dan setiap harinya akan mereka buang langsung ke TPA dan ada sebagian warga juga yang membuang sampahnya ke petugas kebersihan yang ada dan membayar iyurannya setiap satu bulan sekali , untuk selokan dilingkungan rumah saya sebenarnya tidak terlalu rapih tetapi dilingkungan ini tidak pernah terjadi banjir karna dataran pemukimannya cukup tinggi jadi air hujan dan solokan dapat mengalir dengan baik ke kali yang ada di dekat pemukiman yang nantinya kali tersebut langsung berhubungan dengan kali cisadane .  utuk pembuangan wc saya menggunakan septiktank yang berada dibelakang rumah yang berjarak kurang lebih 5meter dari rumah
Dilingkungan yang saya tinggali sekarang ini warganya sangat kompak sekali ya maklum saja di desa ini kebanyakan masih ada ikatan saudara entah itu dari nene atau uyut yang terdahulu tapi kamu masih menjaga tali persaudaraan dengan baik , di sini juga sering diadakan kegiatan gotong royong tidak hanya membersihkan solokan atau mushola jika masih ada warga yang ingin memperbaiki rumah warga disini pasti ikut serta untuk membantunya dan untuk organisasinya pun masih banyak yang berjalan dengan baik entah itu seperti pengajian majlis ta’lim ibu atau pun bapak-bapaknya anak muda disini pun aktif dengan organisasinya seperti pengajian remajanya yang di lakukan dua minggu sekali dan organisasi lain yaitu PERSEKABA45 untuk organisasi ini setiap tahunnya pasti membuat satu kompetisi yang lumayan besar dan sudah berjalan selama empat tahun .
Saya akan menceritakan tentang awal saya bersekolah, umur 4 tahun saya sudah bersekoh di TK islam AL-ALIF yang bertempat di kavling serpong , dulunya itu tk yang paling besar di serpong dan lingkungannya pun sangat indah karna gedung tk yang di kelilingi oleh pohon-pohon yang lumayan tinggi jadi suasananya sangat sejuk sekali lingkungan tknya pun sangat bersih karna di setiap sudutnya diberikan tempat sampah dan guru-guru nya pun sangat mendidik muridnya agar tidak membuang sampah sembarangan dan jika ada yang melanggar akan diberikan sangsi seperti memungut kembali sampah yang anak itu buang sembarangan .
Saya bersekolah di tk tersebut 2 tahun karna ditahun pertama saya bersekolah saya tidak pernah mau masuk kelas dann hanya ingin main saja di tempat bermain dan ditahun berikutnya baru saya benar-benar belajar karna tahun depannya saya harus masuk sekolah dasar di lingkungan tk saya sangat senang berada di kelas karna ternyata kelasnya sangat bagus dan banyak sekali gambarnya disana saya memiliki banyak teman perempuan dan laki-laki tapi yang paling dekat dengan saya hanya beberapa diantaranya uyuy,elin,bela,astri,rival,rizky,rilo,oki ya kira-kira itulah nama-namanya , kata ibu saya , saya anaknya sangat aktif dan paling tidak bisa diam diantara yang lainnya dan kadang-kadang saya sering menangisi teman sekelas saya hhihihi dan di tk juga saya pernah mendapatkan juara lomba estapet yang di adakan di sektor satu dan lomba menari , dan ditahun 2001 saya selesai sekolah disana dan melanjutkan sekolah di SDN BINA PUTRA yang sekarang menjadi SDN 04 serpong.
Di usia 6 tahun saya sudah bersekolah di SDN 04 SERPONG , sekolahnya lumayan jauh dari rumah saya tapi saya biasa berjalan kaki untuk bersekolah karna banyak tetangga yang bersekolah disana juga , dikelas satu saya hanya ada 1 kelas dengan 52 murid karna keadaan kelas yang belum selesai jadi digabung saja memang si agak risih tapi untung saja ruangannya culup besar di kelas satu saya duduk bertiga dengan teman saya tapi saya lupa siapa saja namanya hheheh , dikelas satu walikelas saya adalah ibu elis dy orangnya sangat baik dan sabar sekali menghadapi anak-anak muridnya yang tidak bisa diam , di kelas 3 mulai lah kelas di bagi menjadi dua saya mendapatkan kelas A sampai kelas 5 dan di kelas 6 saya mendapat kelas B di sekolah dasar saya tidak pernah mendapatkan peringkat tapi nilai saya tidak terlalu jelek dan saya selalu berada di peringkat 11 atau 12 , lingkungan di sd saya waktu itu sangat indah karna di dalam lingkungannya masih terdapat banyak pohon dan masih mempunyai taman lapangannya pun ada dua yang satu lapangan bola yang tanahnya sudah dipelester dan yang satu lagu khusus untuk bermain kasti yang lapangannya masih tanah asli lingkungan di sana juga sangat bersihh karna ada penjaga sekolah yang selalu menjaga kebersihan di sekolah dan setiap hari jum’at setiap habis pengajian pagi sebelum masuk kelas pasti semua anak-anak mempunyai tugas untuk memunguti sampah yg ada di lingkungan sekolah , 6 tahun berlau dan di usia 12 saya sudah masuk smp.
Di usia 12 tahun saya melanjutkan sekolah di SMP PGRI 35 SERPONG , ditahun pertama saya masuk di kelas 7-5 disana menemukan teman baru lagi yang rumahnya cukup jauh di kelas 7 ini walikelas saya bernama baoak dalyono dy mengajar sebagai guru olah raga , di kelas 7 ini pertasi sayamulai bagus saya masuk dalam peringkat 10 besar , dan di kelas 8 prestasi saya mulai meningkat saya mendapat peringkat 5 besar n di kelas 9 alhamdulillah di semester pertama saya mendapatkan peringkat 3 dan di akhir semester 2 saya mendapat juara kelas , lingkungan sekolah saya kurang baik si sekolah ini karna lumayan kotor kamar mandinya pun jarang di bersihkan sehingga membuat anak murud malas untuk pergi ke toilet dan karna kantinnya pun ada 2 yang satu berada di bawah dan yang sati lagi berada di atas tepatnya di pojok tangga sekolah , tapi dalam kelasnya lumayan bersih karna ketua kelas saya galak sehingga tidak ada yang berani membuang sampah sembarangan atau pun membuang sampah dikolong meja , 3 tahun berlalu yang saya pun lulus dan melanjutkan sekolah di SMK KESEHATAN RIKSA INDRYA .
Di smk kesehatan riksa indrya kesehatan lingkungannya sangat bersih  untuk tampilan depannya pun sudah terlihat bersih dimulai dari loby depan kamar mandi rungan kelas atau pun dosen dan di lorong-lorongnya pun bersih karna di situ ada petugas khusus kebersihan yang setiap hari membersihkan ruangan-ruang tersebut pertama saya awal masuk saya menempati kelas 10-D lanjut ke kelas 11-E dan di tahun terakhir saya masuk di kelas 12-C , bersekolah disana mempunyai kenangan tersendiri entah itu dari pelajarannya yang lumayan sulit , dari karakter gurunya yang sangat beragam dan saya baru melihat guru yang sangat eksis sekali yang lagi mengajarpun masih sempet-sempetnya dy wabcame’an di laptopnya hhihihii pokoknya gokil deh hhahah , dan di sana juga saya mempunya teman-teman yang sangat sangat menyenangkan kami tidak hanya barmain di area sekolah saja di luar pun kami sering sekali ngumpul-ngumpul entah itu untuk mengerjakan tugas ataupun hanya sekedar kumpul-kumpul saja .
Alhamdulillah saya lulus pada tepat waktu dan mendapat nilai yang memuaskan, karna saya belum bosan dengan sekolah itu lalu saya memutuskan untuk melanjutkan di situ kembali tapi di STIKES BANTENnya dengan  mengambil jurusan KESEHATAN MASYARAKAT dan sekarang saya baru semester 3 ,  masih 5 semester lagi untuk mendapatkan gelar SKM dan semoga lulus tepat waktu dan mendapatkan nilai yang memuaskan aminnn.......
Sekian Itulah cerita saya dari awal saya lahir sampai sekarang dan menceritakan kesehatan lingkungan di sekitar rumah saya. Cukup sekian dan terima kasih.Wassalamualaikum.wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar