Selasa, 30 Desember 2014

D3-sekmed-2014-FaizalAbdulJamil-Tugas 1 Lingkungan Sekitarku

 Nama : Faisal Abdul jamil

Assalamualaikum wr,wb
Lingkungan di sekitar Rumah

Saya faisal abdul jamil 19 tahun saya akan bercerita mengenai bagaimana lingkungan yang ada di sekitar Rumah saya. Saya adalah  anak pertama dari dua bersaudara saya hidup di kondisi yang menyenangkan dengan keluarga harmonis dan bahagia.waktu saya kecil dahulu saya tinggal di desa temanggungan bogor di daerah yang jauh dari lingkup perkotaan dan industry-industry  tempat yang tenang sejuk dana suasana yang damai. daerah yang masih pedesaan ini sangat lah masih terjaga keaslian alam nya dimana di situ banyak terdapat sawah-sawah dan ladang-ladang tempat para petani bercocok tanam di desa tersebut belum terdapat banyak Rumah tempat tersebut sangat lah sejuk dan asri hijau ladang persawahan dan pertanian membuat suasana tersebut sangatlah bernuansa alam sampai saat ini saya masih sering melihat Rumah saya dahulu tempat saya tinggal bersama keluarga saya dahulu.
ketika saya berumur 3 tahun saya dan keluarga saya pindah ke suatu desa dan membuat sebuah rumah di desa ciater kelurahan rawa mekar jaya,.sampai saat ini,saya tinggal di desa rawa mekar jaya rutinitas saya selalu bangun pagi untuk melihat burung burung berkicau yang hinggap di pohon sekitar halaman setiap pagi saya hirup udara segar sekitar Rumah udara yang begitu terasa sejuk dan segar di pagi hari saya selalu meluangkan waktu untuk menghirup udara pagi untuk merasakan kesegaran alam di pagi hari ayam-ayam yang berkokok menambah semangat saya ketika pagi datang terdapat sebuah kandang ayam di depan halaman saya. meskipun Rumah saya berdekatan dengan jalan raya namun masih terdapat banyak pohon yang menempati lingkungan Rumah saya sehingga biarpun polusi kendaraan berlalu lalang saya tetap merasa lingkungan di sekitar tetap Rumah saya tetap sejuk 
Lingkungan yang bersih adalah keinginan dan harapan siapa yang tidak mau lingkungannya bersih karna lingkungan yang bersih adalah contoh dari masyarakat yang sehat serta peduli terhadap lingkungan dan kesehatan meski begitu banyak orang yang tidak perduli akan lingkungan dan membiarkan lingkungannya tercemar padahal jika lingkungan kita bersih kita pun menjadi tidak khawatir jika lingkungan kita bersih maka berbagai penyakitpun  dapat dihindari  namun jika lingkungan kita kotor sudah pastilah lingkungan kita banyak terdapat sumber penyakit kita patut waspada kalau lingkungan kita menjadi habitat microoganisme dan vector seperti (nyamuk lalat atau binatang lain yang dapat menularkan penyakit pada manusia banyak sekali penyakit-penyakit yang dapat di timbulkan jika lingkungan atau sanitasi sampah di sekitar Rumah kita buruk contoh lingkungan kita menjadi tempat berkembangbiakan microoganisme bakteri atau kuman seperti: e. coli, cholera dll yang menyerang sistem pencernaan yang di sebarkan oleh vektor.nyamuk dan lalat atau hewan lainnya di tempat saya penyakit yang sering di temui dan terdengar adalah diare biasanya diare ini lebih sering terdengar terjadi pada anak-anak.karena anak-anak cenderung lebih sering berada di lingkungan di banding orang dewasa yang lebih sering berada di dalam Rumah.
 Sejak saya sd  saya sangat menyukai tanaman-tanaman hias saya dan ibu saya sering kali mengambil pohon dari sebuah kebun dan memindahkannya ke halaman Rumah maka sebab itu  Di sekitar halaman depan Rumah saya banyak tanaman tanaman hias berkerumpun, setiap pagi saya dan ibu saya selalu menyiram tanaman-tanaman tersebut secara rutin .entah kenapa lingkungan yang di beri tanaman hias mungkin dapat memancarkan nilai estetika lingkungan karna Rumah yang memiliki tanaman hias terlihat lebih tertata dan indah.
Di depan halaman Rumah saya terdapat beberapa pohon yang membuat lingkungan Rumah saya di pagi hari tetap terasa segar meski berdekatan dengan jalan raya,meski Rumah saya termasuk yang terdekat dengan jalan raya Rumah saya termasuk lingkungan Rumah yang menurut saya cukup nyaman kesegaran pohon pohon sekitar lingkungan seperti pohon rambutan , pohon nangka, pohon belimbing pohon pisang dan pohon markisa membuat lingkungan di sekitar halaman saya menjadi terasa segar meskipun berdekatan dengan jalan raya
 di pagi hari banyak burung-burung yang berhinggap  meskipun lingkungan Rumah saya berdekatan dengan jalan raya dan sebuah bengkel ketuk magic yang sering kali membuat udara di sekitar Rumah saya mengeluarkan bau industry seperti bau besi bakaran atau bau cat-cat industry mobil atau ketuk magic body mobil yang menyengat cukup mengganggu selain itu juga suara bising yang terdengarpun sering mengganggu telinga saya suara bising tersebut di timbulkan oleh bengkel ketuk magic yang mengeluarkan suara getukan seperti besi yang bergetukan, namun entah kenapa keluarga saya tetap merasa nyaman tinggal di lingkungan ini mungkin karena di tempat kami sumber airnya banyak dan melimpah sehingga hal tersebut yang membuat lingkungan kami jarang menemui kekeringan.meski di musim kemarau sekalipun .
hingga saat ini pembangunan di sekitar jalanpun masih dilakukan masih terus di lakukan yaitu di sekitar pinggir jalan yang banyak di bangun pusat bisnis dahulu di sekitar pinggiran jalan banyak di tumbuhi pohon bambu namun semakin waktu berlalu  dan pembangunan pun mulai semakin semakin berkembang pohon-pohon tersebut banyak yang tertebangi sehingga sekarang sudah tidak terlihat lagi pohon-pohon bambu yang dulu banyak terdapat di pinggir jalan tersebut itu sebabnya sering terjadi banjir karena tidak adanya pepohonan yang membantu penyerapan air
Di halaman belakang Rumah saya terdapat beberapa Rumah warga, yang berjejeran banyak para pendatang dari luar yang membuat Rumah dan tinggal menetap disini dahulunya belakang Rumah saya adalah sebuah kebun yang banyak di tumbuh tumbuhi  pohon umbi/singkong tales dan sebagainya bahkan di kebun di belakang Rumah saya tinggal, dulu banyak di diami hewan-hewan seperti burung puyuh dan jenis jenis hewan lainnya yang namun sekarang tumbuhan-tumbuhan di sekitar situ sudah habis di tebangi dan beralih fungsi menjadi Rumah warga yang membuat Rumah hal tersebut yang membuat habitat hewan-hewan di sekitar kebun rusak kebun yang dulu menyimpan banyak ekosistem sekarang berubah menjadi  pemukiman warga dan para pendatang dari kota lain yang menetap di situ sejak saat itulah Rumah Rumah warga di belakang Rumah saya mulai banyak dan berderet.

Di belakang Rumah terdapat saluran limbah air. Saluran limbah air inilah yang berfungsi menampung limbah cucian baju, air mandi, cucian piring  dan limbah Rumah tangga lainnya kubah atau sering kami sebut empang yang menampung limbah cair ini ketika hujan sering mengeluarkan bau tidak sedap yang di sebabkan air yang naik akibat banjir yang membuat limbah meluap dan menimbulkan bau tidak sedap di sekitar Rumah hal ini cukup mengganggu penciuman,kami karna bau yang di keluarkan saluran air tersebut cukup sedikit menyengat di hidung.karenaair tersebut berasal dari limbah air mandi dan limbah buang air kecil.


sanitasi di lingkungan saya pun saya rasa cukup baik karena setiap pagi kami selalu membakar sampah setiap harinya sehingga tidak terjadi penumpukan sampah, karena pembakaran terjadi setiap hari beda nya lingkungan saya dulu dan sekarang mungkin hanya pada jumlah pohon yang berkurang karena banyak di jadikan lahan bisnis seperti bengkel ruko dan usaha usaha lainnya yg membuat terjadiya penebangan pohon yang ada di sekitar, untuk pembangunan tempat usaha namun menurut saya tidak ada perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu, lingkungan Rumah  masih tetap sama dari semenjak saya lahir  sampai saat ini,
 di halaman saya terdapat beberapa macam tanaman-tanaman hias orang tua  saya yang cukup suka dengan tanaman tanaman hias cukup banyak mengoleksi jenis jenis tanaman hias, kami sekeluargapun sering meluangkan waktu untuk membersihkan lingkungan sekitar Rumah.kebersihan lingkungan Rumah atau sanitasi yang dilakukan secara rutin menurut kami karena apabila lingkungan kita tidak dikelola dengan baik maka lingkungan kitapun akan menimbulkan efek negative yang berdampak buruk bagi kita.
di lingkungan sekitar desa saya setiap minggu selalu di adakan kerja bakti yang di lakukan oleh warga pada skat gorong-gorong dan dimana sampah tersebut dianggap paling banyak ada dan menumpuk, meskipun di rumah rumah warga Rumah warga yang kita temukan tersebut itu hanyalah sampah daun yang dapat terurai di tanah dan bukan sampah plastic yang sulit terurai namun bila terjadi penumpukan yang berlebih lingkungan pun terasa kurang baik dan tidak nyaman.
 Pada setiap minggunya saya dan masyarakat sekitar secara rutin bekerja sama mengelola dan membersihkan sampah di lingkungan,masalah sampah yang terjadi karena kurang nya kepedulian masyarakat akan penting membuang sampah di tempat sehingga banyak sampah- sampah yang terhampar di lingkungan kami, kami semua membawa alat-alat masing-masing yang kami bawa dari Rumah masing-masing warga membawa dan menggunakan alat yang mereka bawa dari Rumah mereka. masalah yang sering kita temui di sini adalah penumpukan sampah yang terjadi di sekitar gorong-gorong sampah-sampah tersebut mengakibatkan atau menimbulkan masalah banjir masalah yang terjadi adalah sampah-sampah tersebut bertumpuk dan menyumbat sirkulasi air di sekitar gorong-gorong sehingga di sekitar jalan tersebut sering terjadi banjir meski banjir tidak sampai kepada Rumah rumah warga dan hanya menggenangi jalan dan meski banjir tersebut tidak mengganggu aktivitas terjadi, juga tidak menghambat aktivitas para pengguna jalan yang dan hanya sedikit mengganggu perjalanan pengendara yang berlalu lalang dan melewati jalan tersebut,  namun saya rasa penumpukan sampah tersebut menimbulkan banjir dan banjir tersebut sering kali di gunakan anak-anak untuk tempat bermain air bagi anak-anak di sekitar jalan dan hal tersebut menurut saya dapat menjadi factor penyebaran penyakit karna gorong-gorong tersebut menjadi habitat tikus got yang dapat menyebarkan virus t-pes dan binatang lain (vector)  yang menimbulkan berbagai macam penyakit.pada manusia.

Sekian serba serbi dari saya tentang keadaan dan bagaimana lingkungan yang ada di sekitar Rumah saya dari yang saya sampaikan diatas semoga bisa mendorong kita akan pentingnya pengelolaaan sampah agar tercipta lingkungan yang sehat nyaman dan bersih.
Assalamualaikum w.r.b


Tidak ada komentar:

Posting Komentar