Selasa, 30 Desember 2014

DIII-Sekertaris Medik-2014-Lina Puspita Sari-Tugas 1 Lingkungan disekitarku



Assalamualaikum.wr,wb
Perkenalkan Nama saya LINA PUSPITA SARI usia saya 19 tahun saya kuliah di STIKES BANTEN jurusan Sekertaris Medik semester 3, saya mempunyai 1(satu) seorang kakak perempuan yang bernama LILIK NOVITA SARI yang berusia 25 tahun dan dia sudah berkeluarga, nama suaminya DEDI HERIANTO berusia 30 tahun pekerjaan sebagai pegawai swasta dan mempunyai putri yang cantik bernama ELSHANUM ABINAYA ZAHEN berusia 3 minggu, dia juga tinggal 1 rumah bersama kami, alhamdulillah saya masih mempunyai orang tua yang masih lengkap nama ayah saya SUWONDO berusia kurang lebih 55 tahun pekerjaan ayah saya sebagai karyawan swasta dan nama ibu saya SARINI berusia 48 tahun ibu saya sudah menjadi ibu rumah tangga semenjak 1 bulan yang lalu dan pekerjaan ibu saya sekarang menjadi seorang ibu untuk keluarganya dan menjaga cucu dan sekaligus menjadi seorang nenek.
Saya tinggal disuatu perumahan alamat rumah saya Pondok Pakulonan Blok H13 No8 Rt02/04 Paku Alam Tangerang Selatan Lingkungan tempat tinggal saya sangat strategis dekat dengan jalan tol Jakarta-Merak, dekat mall Giant Alam Sutra dan dekat dari mana-mana. Alhamdulillah saya tinggal diperumahan tersebut sudah 19 tahun, dari lahir saya tinggal diperumahan tersebut, keluarga atau orang tua saya tinggal diperumahan tersebut sudah 26 tahun lamanya, Tumbuhan tanaman sangat hijau sehingga cukup asri.. Masyarakatnya sangat bersosialisasi, ada sedikit kemungkinan masyarakat hidup yang mementingkan kepentingan pribadi dari pada kepentingan sosial (bersama). Namun pada dasarnya masyarakat disekitar saya selalu kompak dalam segala hal, tetapi semua tergantung pimpinannya. Apakah pemimpin peduli terhadap kesejahteraan / tidak ? Di perumahan pondok pakulonan ini warganya cukup makmur dan rukun sejahtera. Kebanyakan penduduk setempat bermata pencarian yang beraneka ragam sesuai dalam bidang penghasilannya seperti pegawai negeri maupun wiraswasta. Keamanan dilingkungan sekitar daerah ini tidak perlu diragukan lagi dikarenakan aman terjaga dengan hansip yang berpengalaman.  kami betah tinggal disini karna lingkungan rumah kami sehat, sangat nyaman sekali dan tetanga perumahan saya sangat baik dan sudah saya anggap seperti keluarga saya sendiri semuanya tentangga saya.
Kesehatan Lingkungan di sekitar perumahan saya Alhamdulillah cukup baik, dari cara pembuangan sampahnya dan selokannya. 1(satu) kekurangan di perumahan saya adalah selokan, selokan diperumahan saya memang banyak yang sudah ditutup karna untuk kebutuhan masing-masing para kepala keluarga jadi agak susah kalau ingin membersihkan selokan, tetapi walaupun selokan kebanyakan di tutup tidak terjadi banjir sekalipun hujan deras diliputi dengan angin tetap tidak banjir dikarena kan air yang ditampung karna hujan dibuang melalui selokan air yang berada seperti permainan anak-anak yaitu perosotan jadi perumahan kami dataran yang tinggi air tersubut dibuang kekali perumahan kami memang dekat kali jadi semua air yang sudah titambung mengalir kekali dengan sendirinya.





IMG20141116135646.jpg
IMG20141116135653.jpg


Gambar selokan

Tempat sampah di perumahan saya cukup rapih dan baik setiap 1(satu) rumah warga diadakan tempat sampah yang cukup besar, selain di depan rumah warga masing-masing ada tempat sampah, di depan gang rumah saya sebelah kiri dan kanan berada tempat sampah juga, tempat sampah di perumahan saya ada 3(tiga) type yaitu type tempat sampah organic, nor organic dan b3. ya kalau dibilang lingkungan rumah saya sangat bersih dan tidak kumuh. Pengambilan sampahnya setiap 1(satu) minggu sekali rutin setiap hari senin, ada truk yang mengambilnya, sebagai pembayaran pembuangan sampah tersebut diambil dari kas RT yang setiap bulannya diadakan kas RT setiap kepala keluarga harus dan wajib membayar kas tersebut sebesar Rp 12.000, jadi tidak ada masalah untuk sampah, baunya pun tidak akan terganggu dikarena kan tidak ada bau sampah yang menyengat.
IMG20141109092413.jpgIMG20141109153228.jpgGambar Tempat Sampah

Ayah saya memelihara hewan yang berupa burung dan jumlah hewan peliharaan ayah saya cukup banyak yang berjumlah 11 kandang burung, ya lumayan banyak ibu saya sering memarahi ayah saya dikarenakan hewan burung tersebut sudah mengotori rumah kami setiap harinya, dan itu pula rumah kami selalu dikotorkan dengan kotoran hewan tersebut, tetapi tidak mengganngu untuk udaranya dikarenakan di permukiman saya dekat dengan taman disana terdapat banyak pepohonan yang cukup banyak jadi udara yang dikeluarkannya juga banyak dan segar umtuk dihirup,di perumahan saya juga tidak diperbolehkan memelihara hewan seperti ayam dan binatang buas dikarenakan kalau memelihara ayam kotoran ayam tersebut sudah mengotori jalanan komplek dan dimana-mana terdapat kotoran ayam, kalau binatang buas juga tidak boleh dikarenakan membahayakan warga sekitar. Yang di perbolehkan diperumahan saya adalah memelihara hewan seperti burung,ikan, dll yang tidak membuat perumahan menjadi kumuh, bau, dan kotor dan juga aman tidak ada binatang buas.
Gambar taman
IMG20141109154311.jpg
 Air di perumahan saya cukup baik kebanyakan setiap warga perumahan memakai sumber air dari tanah yang disaring oleh pompa air listrik, yaa airnya lumayan tidak berbau dan tidak kuning karena perumahan saya dulunya bekas kebun karet jadi luman air yang diperoleh, untuk kebutuhan sehari-hari para warga dikomplek perumahan saya untuk minum air putih membeli air mineral yang semacam jenes aqua dikarekan air yang dari tanah tidak layak untuk diminum, air yang berasal dari tanah dipakai untuk mencuci pakaian, mencuci piring, mandi, masak, dll terkecuali untuk diminum.sekitar 2 bulan yang lalu di musim kemarau air di perumahan saya sempat ingin kekeringa disetiap rumah warga airnya sangat kecil dan ada pula di rumah warga lainnya airnya tidak keluar sama sekali lalu kebanyakan warga panic karna air adalah sumber pokok utama manusia kalau tidak ada air manusia tidak ada minum, lalu warga diperumahan saya 1 atau 2 rumah memakai filter yaitu penyaringan air.
Sepiteng atau yang dikenal dengan temapat sisa pembuangan kotoran manusia, sepiteng di perumahan saya kebanyakannya di adakan didepan rumah dikarenakan mudah untuk dibersihkan oleh penyedot wc. Dirumah saya sendiri dari pertama orang tua saya tinggal disini belum pernah di sedot atau dibersihkan, saya juga kurang paham menapa tidak pernah di sedot atau dibersihkan dikarenakan belum penuh dan belum ada tanda-tanda kalau penuh wcnya. Saya pernah menanyakan kepada tetangga saya biasanya tetangga saya menyedot wc 3 tahun atau 4 tahun sekali ya tidak tentu juga kalau wcnya penuh langsung di bersihkan atau di sedot sepitengnya. Alhamdulillah disekitar perumahan saya tidak pernah tercium bau kotoran manusia. Dikarenakan manusia yang tinggal diperumahan saya selalu memperhatikan rumahnya supa sehat, bersih dan nyaman.
Saya akan menceritakan tentang awal saya bersekolah, umur 5 tahun saya sudah bersekoh di TK Yonkav 9 kalverli bertempat kelurahan pondok jagung tangerang selatan tempat saya bersekolah lumayan mewah, lingkungannya juga tampat cukup bersih saluran airnya juga luas dan dalam ditutupi dengan besi bergaris kecil-kecil jadi tidak akan banjir, Tempat sampah ada dimana-mana pepohonya juga cukup banyak jadi seejuk dan nyaman apa lagi dulu banyak orang tua yang menunggu anak-anaknya bersekolah jadi tidak akan bosan. Saya setiap hari bersekolah menggunakan jemputan mobil antar jemput menjemput anak-anak TK lainnya yang 1 arah dengan rumah saya. Orang tua saya terlalu sibuk dengan pekerjaannya dulu kedua orang tua saya sma-sama bekerja dan sibuk sekali jadi saya jarang ditunggui atau ditemani disekolah setiap hari saya berangkat sendiri, sampai 1 tahun alhamdulilah saya lulu TK dan melanjutkan di SDN Marga Jaya Paku Alam.
Di umur 6 tahun saya sudah bersekolah SD saya bersekolah diSDN Marga Jaya Paku Alam yang beralamat di perumahan pondok pakulonan kecamatan Paku Alam Tangerang Selatan, tidak jauh dari tempat tinggal rumah saya, saya bersekolah berangkat dan pulang sekolah cukup hanya berjalan kaki ya lumayan sekitar 5 menit dari tempat tinggal saya, Kesehatan lingkungannya juga cukup baik tempat sampahnya juga banyak berada didalam dan diluar kelas kebersihannya kelas juga cukup bersih karna setiap hari yang yang bertugas piket membersihkan kelas masing-masing yang sudah ditentukan oleh ketua kelas dan wakil ketua kelas, saluran airnya juga cukup luas tetapi tidak terlalu dalam walaupun tudak dalam tetapi tidak banjir karena airnya akan turun ke kali yang ada didekar perumahan saya dan tidak lupa juga selokannya juga dibersihkan oleh petugas atau yang disebut OB(Office Boy) yang dibersihkannya 1 minggu sekali. Pepohonnya juga cukup banyak jadi udarannya terasa sejuk, Alhamdulillah selama 6 tahun saya besekolah diSDN Marga Jaya Paku Alam dan naik kelas setiap tahunnya dan akhirnya saya lulus pada tepat waktunya dan mendapatkan hasil yang memuaskan ternya tidak sia-sia sekolah selama 6 tahun mendapat nilai yang terbaik, dan akhirnya saya melanjutkan sekolah diSMPN 14 Tangerang Selatan.
Di umur saya 12 tahun saya sudah masuk di SMPN 14 Tangerang Selatan letak sekolahnya juga tidak jauh dari SD(sekolah dasar) tempatnya besebrangan, yang beralat di perumahan pondok pakulonan kecamatan paku alam tangerang selatan, dan tidak jauh juga dari tempat tinggal saya dan saya juga harus berjalan kaki selama 3 tahun ke sekolah, kesehatan lingkungannya juga cukup baik tempat sampahnya ada dimana-mana di dalam kelas dan di luar kelas dan sama seperti di sekolah dasar di adakan piker harian yang di pilih oleh ketua kelas dan wakil ketua kelas, pembuangan airnya si SMPN ini cukup amat baik salurannya luas dan dalam jadi sudah keliatan tidak akan banjir karna dekat kali saluran air ditutupi dengan besi yang bergaris kecil-kecil besi tersebut tidak akan membahayakan orang lain, memang pepohonnya tidak terlalu banyak soalnya SMPN saya dulunya baru di buat dan saya adalah angkatan ke2 jadi SMPN saya belum ada 3 tahun dibuat, alahamdulillah selama 3 tahun saya naik kelas setiap tahunnya dan lulus mendapat nilai terbaik dan akhornya saya lulus dan ,elanjutkan di SMK Kesehatan Banten.
Di umur saya yang 15 Tahun saya masuk ke SMK Kesehatan Banten yang beralamat di gang Ashari poris pelawat cipondoh depan banjar wijawa kota tangerang, saya mengambil jurusan keperawatan yang diingikan kedua orang tua saya, awalnya saya ragu mengambil jurusan keperawatan tetapi karna ada sport orang tua saya saya jadi tidak ragu dan ikhlas menjalankannya, limgkungan di SMK saya memang kurang baik dikarenaka SMK saya memelihara 2ekor Angsa dan itu mengganggu para murit karena kotoran angsa tersebut, SMK saya juga baru dibuat dan saya juga angkatan ke2, selokan airnya besar dan dalam karena SMK saya berada di tengah komplek jadi tidak banjir dan aman, gedung SMK saya juga dibilang mewah bertingkat 5 lantai dan sudah lengkap laboratorium kesehatan dan lain-lainnya, pepohonnya cukup banyak, bannyak tanaman yang dilihat indah dan enak dipandang, Alhamdulillah saya lulus pada tepat waktu dan mendapat nilai yang memuaskan, dan saya akhirnya langsung melanjutkan di STIKES BANTEN rawa buntu mengambil jurusan sekertaris medik dan saya baru semester 3.
Itulah cerita saya dari awal saya lahir sampai sekarang dan menceritakan kesehatan lingkungan di perumahannya saya. Cukup sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum.wr.wb

1 komentar:

  1. Kak mau tanya, di stikes banten jur d3 sekretaris medik emg biaya dpp bulanan sama semester itu beda yh? Aku baca di brosur ada biaya bulanan juga ada biaya semester, itu dua"ny harus dibayar?

    BalasHapus